Mengapa Trend Gadget Mengikuti Perkembangan dan Model Bisnis Produk Apple?

Mengapa Trend Gadget Mengikuti Perkembangan dan Model Bisnis Produk Apple?
Picture by : freepik.com
29 September 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Trend gadget saat ini sudah menyebar luas ke berbagai kalangan. Namun disadari atau tidak, antara satu merek dengan lainnya sebenarnya nyaris serupa. Apple, sebagai produsen teknologi raksasa, menjadi salah satu kiblat trend tersebut. Ada banyak trend gadget mengikuti perkembangan dan model bisnis produk Apple.

Apa contohnya? Sebut saja seperti produk Realme yang mengadaptasi ekosistem Ape mulai dari hp, laptop, serta headset yang bisa terkoneksi. Bahkan untuk salah satu seri smartphonenya, Realme mengakui terinspirasi produk Apple meski membantah jika menyalin ide tersebut.

3 Alasan Trend Gadget Mengikuti Perkembangan dan Model Bisnis Produk Apple

Ada banyak kompetitor Apple yang terbukti mengikuti model bisnis, fitur bahkan desain produk Apple. Namun ada juga yang berjuang dengan berinovasi mengikuti strategi bisnis Apple yang masih bertahan hingga saat ini.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi alasan, mengapa trend gadget mengikuti perkembangan dan model bisnis produk Apple. Namun tiga poin berikut ini, bisa jadi merupakan alasan terbesar menjadikan Apple sebagai kiblat trend gadget terkini.


1. Visioner dan Revolusioner

Sudah menjadi rahasia umum jika Apple selalu tampil 'beda' dari para pesaingnya. Meski terkadang memberi kesan 'nyeleneh', akan tetapi hal itu yang kemudian menjadi keunikan dan membuatnya viral.
Dengan loyalitas pengguna Apple yang tidak perlu diragukan lagi, produknya yang revolusioner bahkan terkadang visioner karena menjadi yang pertama memunculkan ide bagi pesaingnya. Ide untuk mengikuti jejak kesuksesan Apple dengan memberi sentuhan yang sedikit berbeda.


2. Produk Alternatif

Salah satu poin yang membuat Apple bertahan di tempatnya sebagai perusahaan raksasa teknologi ialah melalui kemampuan branding Apple. Mereka sudah menetapkan level atau kelasnya dan konsisten dengan itu.

Apple tidak berorientasi pada harga maupun penjualan. Mereka fokus pada nilai, keunikan serta kenyamanan penggunanya. Mulai dari fitur yang user friendly, desain elegan yang mewakili kemewahan, hingga harga yang cukup fantastis sesuai image produk yang mereka bangun.

Bahkan hal itu tak jarang membuat konsumen membeli produk Apple bukan berdasarkan fungsi tetapi lebih ke gengsi. Image Apple sebagai produk mewah, memang seolah mampu mendongkrak status sosial ketika memilikinya. Hal ini yang kemudian dimanfaatkan oleh para kompetitornya.

Mereka menghadirkan alternatif produk dengan fitur serta desain yang tak jauh berbeda. Namun menjadi solusi terbaik bagi kalangan menengah ke bawah dengan harga hematnya. 
Meski menjadi produk alternatif, akan tetapi ide yang diambil atau mengadaptasi dari produk Apple tetap memberi efek pada penjualan yang efektif. Jadi, tidak salah jika banyak yang menanti produk terbaru Apple untuk dijadikan acuan produk alternatif terbarunya.

3. Menjawab Kebutuhan Pasar

Dalam memproduksi sesuatu, Apple senantiasa melibatkan para konsumen atau target marketnya. Meski selalu berinovasi, tetapi Apple menghadirkan produk yang memang tengah dibutuhkan masyarakat. Mereka menjadikan keluhan, serta masukan atas kekurangan dari produk seri sebelumnya sebagai dasar penyempurnaan.

Oleh karena itulah trend gadget mengikuti perkembangan dan model bisnis produk Apple. Sebab umumnya produk keluaran Apple selalu mampu menarik minat pasar dan mendongkrak penjualan.
Terlebih jika mengikuti strategi promosi Apple yang seolah 'memaksa' secara halus para konsumennya untuk membeli aksesoris yang dijual terpisah. Sementara aksesoris tersebut justru item pendukung utamanya. Dengan begitu angka penjualan akan lebih mudah ditingkatkan.

Namun ketika kompetitor ingin memproduksi produk alternatif, maka bisa meluncurkan versi murahnya dengan target market yang jelas berbeda pastinya. Itulah beberapa alasan yang menyebabkan trend gadget mengikuti perkembangan dan model bisnis produk Apple. Selain jelas diterima oleh pasar, juga menjadi produk yang banyak dibutuhkan. Sesuai penjelasan di atas, dimana Apple senantiasa memproduksi gadget berdasarkan kebutuhan pasar dan mengacu pada keluhan.

Jadi, apakah gadget yang Anda miliki merupakan produk Apple atau justru produk serupa dari kompetitornya? Tidak masalah soal merek atau harga, selama gadget tersebut bermanfaat sesuai fungsi dan memenuhi kebutuhan Anda. 
Pilih gadget berdasar fungsi, kebutuhan dan kemampuan, sehingga bisa bermanfaat tanpa memberatkan.



Artikel Terkait
5 Teknologi Prosessor M1 Apple Yang Semakin Canggih!
iPad Pro 2021 Seri Tablet Terbaik Apple
Apple Event Ramadhan April 2021, Membawa New IPad Pro
iPhone SE 2020 Smartphone Termurah Performa Terbaik Apple
Cara Daftar Apple ID Baru Dengan Mudah Menggunakan Email

Ada 0 Komentar di "Mengapa Trend Gadget Mengikuti Perkembangan dan Model Bisnis Produk Apple?"


Tinggalkan Komentar Disini