Tren Digital Payment, Pembayaran Kekinian Yang Perlu Anda Ketahui

Tren Digital Payment, Pembayaran Kekinian Yang Perlu Anda Ketahui
310 view • 21 Januari 2022

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog

Tahu gak sih kalau jaman sekarang itu bayar apapun bisa pakai cashles alias pakai dompet digital, bukan hal yang aneh jika saat ini transaksi yang pembayarannya bisa melalui berbagai platform seperti dompet digital, mobile banking, dan sejenisnya, dimana semuanya serba digital, jika kita perhatikan hampir semua merchant melakukan inovasi pembayarannya melalui dompet digital.

Baca juga Apa itu Payment Gateway

Hampir semua orang saat ini memanfaatkan penggunaan pembayaran digital, karena memang sangat simpel dan mudah digunakan, walaupun tidak semua transaksi bisa lewat pembayaran digital, setidaknya saat ini perubahan itu sudah terlihat, tren digital payment selalu menjadi solusi bagi orang untuk melakukan pembayaran secara online yang bisa dilakukan kapan saja melalui internet.

Platform mobile banking saat ini sudah memberikan kemudahan bagi nasabahnya, yaitu dalam hal konektivitas dompet digital, dimana kita bisa melakukan isi saldo secara langsung, tanpa harus melakukan beberapa tahapan langkah.




Online Payment


Pembayaran secara online merupakan cara terbaik yang harus dimiliki oleh merchant, baik itu ecommerce marketplace, online shop, jasa kurir dan lain sebagainya, karena pembayaran secara online dianggap sangat mudah, dan terkoneksi langsung ke merchant.

Pembayaran secara langsung memang masih ada dan jumlahnya juga banyak, jika Anda perhatikan para pejuang jualan online via sosial media jumlahnya sangat banyak, walau ada juga dagangannya di jual di marketplace, mereka masih menggunakan sistem transfer manual, dimana kita harus melakukan konfirmasi jika sudah melakukan pembayaran, dan ini salah satu skema yang mudah terjadi kesalahan dalam pembayaran.



Di era seperti ini jualan secara online dengan pembayaran skema transfer dengan melakukan konfirmasi jarang diminati, karena di anggap terlalu ribet, mereka lebih memilih ecommerce yang sudah terintegrasi secara otomatis dengan apa yang dia bayarkan, dan uang yang kita bayar ada jaminan kembali.

Berbagai layanan jasa internet, tv kabel, air dan tagihan asuransi saat ini pembayarannya bisa di lakukan secara online, Anda bisa menggunakan salah satu dompet digital tanah air seperti DANA, selain bayar tagihan, aplikasi DANA juga bisa melakukan kirim uang menggunakan nomor HP.


Jenis - Jenis Pembayaran Onlline


Mana yang nyaman ketika Anda melakukan pembayaran secara online? berikut dibawah ini beberapa macam - macam jenis pembayaran online.

1. Transfer Bank

Transfer bank merupakan salah satu jenis pembayaran yang sudah lama kita gunakan, ini biasanya untuk melakukan pembayaran atau kirim uang, jenis transfer bank bisa dilakukan menggunakan mobile banking mupun menggunakan mesin ATM.

2. Transfer Virtual Account

Transfer firtual account saat ini banyak di gunakan untuk berbagai pembayaran dengan menggunakan kode merchant yang bisa terkoneksi dengan pembayaran, misalkan saja Anda berbelanja di marketplace, Anda bisa menggunakan fitur pembayaran transfer virtual account bank, selain itu ada juga yang menyediakan transfer virtual account untuk pembayaran tiket, tagihan internet, angsuran secara online.



3. Dompet Digital (eWallet)

Dompet digital merupakan alat pembayaran digital yang populer saat ini, Anda bisa melakukan pembayaran via dompet digital seperti DANA, OVO, GoPay, Linkaja, Flip dan masih banyak lagi.

4. Kredit tanpa Kartu

Anda bisa melakukan pembelian dengan skema cicilan setiap bulan di marketplace yang sudah kerjasama, contohnya adalah Kredivo.

5. QR Code

Pembayaran digital menggunakan sistem QR Code ini banyak di gunakan di berbagai tempat jualan seperti resto, warung coffe, coworking space dan lain lain, dimana kita cukup melakukan konfirmasi scan qr code kemudian nominal yang akan di bayar, biasanya ini di sediakan oleh pihak merchant seperti OVO, DANA dan lainnya.

6. Direct Debit 

Direct Debit adalah pembayaran yang langsung menarik dana dari akun bank pengguna, proses tarik uang dilakukan secara langsung tanpa ada OTP, jadi Anda dengan mudah melakukan transaksi pembayaran, untuk melakukan direct debit, Anda harus melakukan verifikasi akun bank terlebih dahulu.



Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.






Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Tren Digital Payment, Pembayaran Kekinian Yang Perlu Anda Ketahui"


Tinggalkan Komentar Disini