Apa Itu Transfer Virtual Account Bank dan Keuntungannya

Apa Itu Transfer Virtual Account Bank dan Keuntungannya
216 view • 20 Desember 2021

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog
Ads Promote Buat akun bank jago dapet 100 ribu

Sering belanja online? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan VA atau Virtual Account saat bertransaksi. Sebenarnya apa itu transfer virtual account bank? Mengapa saat ini ada banyak e-commerce atau toko online yang menerapkan sistem pembayaran ini? 

Hadirnya cara transfer dengan VA ini tentu saja karena kebutuhan transaksi yang cepat dan mudah. Setiap orang tidak harus pergi ke ATM atau ke bank untuk transfer ketika hendak berbelanja online. Lalu seperti apa cara kerja dari Virtual Account? Apa saja keuntungan yang didapatkan? 

Mengenal Apa Itu Transfer Virtual Account Bank dan Cara Kerjanya 

Virtual account adalah sebuah rekening virtual atau tidak nyata, formatnya adalah nomor ID konsumen yang dibuat oleh bank ketika hendak melakukan transaksi. Pada saat Anda hendak melakukan transaksi maka akan mendapatkan satu nomor ID VA. 

Baca juga : Pilih Transfer Bank atau Virtual Account saat Berbelanja Online

Nomor yang diberikan selalu berbeda-beda dan unik bagi setiap konsumen. Nomor ini jugalah yang akan menjadi kode untuk membayar tagihan belanja. Proses pembayaran akan otomatis terkonfirmasi setelah selesai dilakukan. 


Ads Promote Selama #adajenius  Bayar tagihan apa pun bisa di 1 aplikasi

Apa itu transfer virtual account bank sendiri, caranya melibatkan beberapa langkah. Berikut ini cara kerja virtual account yang harus dipahami oleh semua konsumen.

  1. Konsumen memilih metode pembayaran dengan virtual account sesuai dengan rekening bank yang dimiliki pada saat checkout. 
  2. Pihak merchant akan menginformasikan kepada konsumen nomor VA yang harus dicantumkan pada saat transaksi. 
  3. Konsumen melakukan pembayaran, bisa melakukan m-banking, internet banking atau ATM sesuai dengan jenis rekening yang sudah dipilih. Saat hendak membayar pada layar ponsel atau ATM akan terlihat otomatis berapa jumlah tagihan yang dimiliki dan tinggal bayar. 
  4. Saat pembayaran selesai dilakukan, maka merchant akan mendapat notifikasi bahwa konsumen sudah melakukan pembayaran. 

Ads Promote Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah

Dilihat dari apa itu transfer virtual account bank lengkap dengan cara kerjanya ini, prosesnya cukup simpel. Ketika selesai membayar artinya pihak merchant sudah pasti mendapatkan notifikasi. 

Ada dua jenis virtual account yang biasa digunakan. Pertama adalah fixed virtual account, di mana cirinya adalah nomor ID ditentukan oleh konsumen. Contohnya saja adalah dompet digital di mana untuk melakukan transfer hanya membutuhkan nomor ponsel dari pengguna. 

Karena fixed virtual account menggunakan nomor ID VA dari nomor ponsel, maka konsumen bisa mengisi saldo di dompet digital kapanpun. Jenis yang kedua adalah non fixed virtual account, cirinya adalah nomor ID VA yang diberikan oleh merchant berbeda-beda. 

Khusus untuk jenis yang kedua ini biasanya paling sering digunakan untuk e-commerce. Selain itu konsumen juga harus meminta nomor ID VA setiap kali hendak bertransaksi. Sehingga merancang akan menyiapkan nomor unik yang berbeda-beda.

Ads Promote Bukalapak

Keuntungan Menggunakan Virtual Account

Kini Anda sudah tahu apa itu transfer virtual account bank lengkap dengan cara kerjanya. Melalui transaksi VA, ada beberapa keuntungan yang akan didapat yaitu sebagai berikut. 

1. Proses Transfer yang Lebih Cepat dan Praktis
Keuntungan pertama adalah kecepatan dan kepraktisannya. Setiap kali konsumen sudah membayar, maka merchant akan langsung mendapat notifikasi. Konsumen juga tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran pada merchant. 

Otomatis, ketika sudah membayar maka pada halaman aplikasi e-commerce akan langsung berubah sudah terbayar. 

2.  Tidak Salah Input Nominal Transaksi
Melalui transfer VA juga, Anda tidak perlu takut akan kekeliruan dalam input jumlah atau nominal yang harus dibayarkan. Usai memasukan nomor ID VA maka jumlah yang harus dibayarkan dan rekening tujuan akan tertera pada layar informasinya. 

Anda hanya perlu melanjutkan ke menu pembayaran saja sehingga meminimalisir kesalahan input jumlah. 

3. Bisa Digunakan untuk antar Bank
Salah satu keuntungan transaksi dengan VA adalah beberapa bisa digunakan untuk antar bank. Misalnya Anda tidak memiliki rekening bank sesuai yang dituju, maka tidak masalah. Ada cara transfer virtual account beda bank yang bisa diikuti. 

Pertama, pada saat masuk ke menu transfer Anda hanya perlu memilih bank lain dalam negeri. Kemudian baru masukan nomor ID VA yang sudah diberikan. Kemudian masukan jumlah nominal dan pilih Kirim.  Kekurangan jika ingin transfer beda bank, Anda tetap harus mengetik berapa jumlah nominalnya, namun tidak sulit untuk dilakukan. 

Setelah mengetahui apa itu transfer virtual account bank, keuntungan bahkan cara kerjanya tak heran bukan jika kini banyak yang menggunakannya. Proses transfer lebih praktis dan minim kesalahan. 





Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Ads Promote Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Apa Itu Transfer Virtual Account Bank dan Keuntungannya"


Tinggalkan Komentar Disini