Tips Cara Mendapatkan Trafik Organik Pengunjung Blog

Tips Cara Mendapatkan Trafik Organik Pengunjung Blog
390 view • 25 Oktober 2021

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat halaman blog sebagai blogger atau yang sudah lama menulis di blog tapi merasa trafficnya tidak meningkat secara signifikan. Mungkin Anda sedang membutuhkan Tips Cara Mendapatkan Trafik Organik Pengunjung Blog ini. Namun, sebelum itu sudahkah Anda tahu apa sih yang dimaksud dengan traffic pada blog ini? Trafik blog atau trafik web adalah lalu lintas atau jumlah kunjungan orang-orang yang membaca atau sekadar membuka website Anda. 

Blog yang memiliki jumlah kunjungan banyak bahkan sering meningkat bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Atau jika blog tersebut digunakan untuk jualan, bisa menaikkan jumlah penjualan tentunya. Inilah kenapa banyak orang yang ingin blog atau websitenya memiliki traffic kunjungan yang tinggi.

 

10 Tips Cara Mendapatkan Trafik Organik Pengunjung Blog

Lalu, apakah jenis traffic pengunjung ini akan berbeda apabila memiliki jenis blog yang berbeda? Tentu tidak karena traffic yang dihitung yaitu berasal dari kunjungan melalui google. Sehingga apapun jenis websitenya bisa saja dari wordpress atau blogspot, keduanya tetap sama.
Nah, karena sudah tahu apa sih itu traffic dan kegunaannya, sekarang kita akan membahas tips cara mendapatkan trafik organik pengunjung blog berikut ini.





1. Risetlah Keyword yang Cocok Untuk Artikel Blog


Ketika Anda ingin membuat artikel, hendaknya melakukan riset terlebih dulu mengenai keyword yang akan digunakan. Misalnya saja ketika Anda ingin membuat artikel mengenai review film A. Sebaiknya Anda riset dulu mengenai film A ini apakah sedang trending di google?
Nah, caranya gimana? Anda cukup berkunjung di Google Trends dan mengetikkan film A ini. Jangan lupa setting tempat atau negaranya dulu karena di tiap negara memiliki trending google yang berbeda-beda.


2. Buat Konten yang Menarik dan Berkualitas


Membuat konten yang menarik dan berkualitas tentu tidaklah mudah. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah konten itu relate dengan kehidupan sehari-hari pembaca. Misalnya saja blog Anda mengenai kecantikan, Anda bisa membuat artikel mengenai cara perawatan untuk pemula atau tips-tips memilih skin care untuk pemula.


3. Gunakan Judul yang Unik


Tips cara mendapatkan trafik organik pengunjung blog yang ketiga adalah dengan menggunakan judul unik dan menarik pada artikel Anda. Hal ini karena judul merupakan spot utama yang disorot pembaca. Apabila judulnya terasa kurang menggugah, pastilah pembaca tidak tertarik berkunjung.
Hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik pembaca dengan judul yaitu:

  • Gunakan angka pada judul artikelnya. Misalnya pada heading artikel ini yang berjudul “10 Tips Cara Mendapatkan Trafik Organik Pengunjung Blog”.
  • Gunakan juga kata sifat pada judul artikel Anda. Contohnya saja seperti ampuh, efektif, jitu, dan lain-lain. Misalnya Cara Ampuh Mengusir Tikus di Dalam Rumah.
  • Jangan membuat judul yang terlalu panjang. Maksimal hanya 4-5 kata saja.



Lagi ada konten atau berita yang viral? Misalnya saja nih drama Squid Game akhir-akhir ini yang sedang naik daun. Anda bisa menggunakannya juga loh. Contohnya saja meme ketika Seong Gi-hun yang diangkat oleh Ali agar tidak tertembak di permainan Lampu Merah-Lampu Hijau juga bisa digunakan untuk gambar di artikel Anda.



Internal link sendiri merupakan salah satu strategi dari teknik seo ini. Internal link sendiri berfungsi untuk mengarahkan pembaca ke artikel lainnya yang sudah Anda buat dan ternyata berkaitan dengan artikel yang akan Anda posting selanjutnya. Atau gunakan internal link sebagai bentuk rekomendasi bacaan.
Contohnya saja "Baca juga: Sulitnya Konsisten jadi Blogger"



Link building atau yang disebut dengan eksternal link atau backlink ini bisa membuat artikel Anda direkomendasikan oleh google. Link yang digunakan bisa dari referensi artikel yang Anda buat, atau link yang masih berkaitan dengan isi artikel Anda serta yang memiliki traffic tinggi. Hal ini membuat website Anda menjadi berkualitas sehingga mudah direkomendasikan di halaman pertama pencarian google.


7. Share Konten di Media Sosial


Jika Anda aktif di sosial media seperti instagram, facebook, whatsapp, dan lain-lain. Anda bisa share artikel yang telah Anda tulis sebelumnya ke sosial media tersebut. Sehingga semakin banyak orang yang mudah menjangkau website Anda, tentu saja semakin meningkat traffic kunjungannya.


8. Sebar Melalui Email Marketing


Email marketing ini biasanya didapat apabila orang-orang yang berkunjung di website Anda sebelumnya melakukan pendaftaran email untuk mendapat notifikasi artikel terbit selanjutnya. Untuk jenis email marketing ini tidak termasuk cara meningkatkan traffic website secara organik karena membutuhkan sistem. Namun, hal ini patut dicoba karena pendaftaran email marketing biasanya terhitung terjangkau.


10. Optimasi Kecepatan Membuka Website


Kecepatan dalam membuka website juga menjadi salah satu faktor penting banyak tidaknya pengunjung. Karena siapa sih orang yang suka nunggu loading website lama?
Nah, untuk memaksimalkan kecepatan membuka website, Anda bisa mengurangi jumlah gambar yang diupload atau kompres ukuran gambar dan batasi jumlah postingan di halaman utama. Untuk yang menggunakan wordpress bisa menghapus plugin yang tidak diperlukan dan sering mengupdatenya. Lalu bagi yang sudah mendaftarkan hosting, bisa menggunakan hosting yang berkualitas.



Itulah 10 Tips Cara Mendapatkan Trafik Organik Pengunjung Blog yang bisa langsung Anda praktekkan di rumah. Semoga bisa membantu menaikkan traffic blog Anda ya. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya!




Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Tips Cara Mendapatkan Trafik Organik Pengunjung Blog"


Tinggalkan Komentar Disini