5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan

5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Picture by : freepik.com
26 Juli 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Halo sobat goweser, disini ada yang lagi ingin memulai bersepeda, atau sudah lama tidak sepedaan dan ingin bersepeda lagi, atau sudah beli sepeda tapi masih bingung untuk memulainya, disini penulis akan bagikan pengalaman saya, bagaimana memulai bersepeda saat masih pemula.

Pemula atau yang sudah lama tidak bersepeda tipsnya hampir sama, hanya saja yang sudah pernah sebersepeda sebelumnya hanya tinggal memulihkan stamina seperti awal-awal bersepeda.

Saat awal-awal bersepeda pasti ada rasa kagok atau canggung, dikarenakan belum terbiasa menggunakan sepeda, nah biasanya butuh waktu untuk bisa terasa nyaman saat bersepeda. Pada saat bersepeda kita belum tentu nyaman dengan beberapa setup sepeda yang kita miliki.

Bukan cara bersepeda saja yang menjadi faktor seseorang pemula kelelahan saat bersepeda, mau tahu? yuk simak di bawah ini 5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan.

1. Setup Sepeda


Sebelum melakukan gowes di jalanan, sebaiknya Anda melakukan setup sepeda atau yang sering di sebut fitting sepeda, mulai dari posisi seatpost, handlebar, pengereman dan cara memindahkan posisi dryer. Anda bisa mencobanya keliling kompleks untuk tes ridinngnya, jika sudah nyaman dan enak baru Anda bisa gowes di jalanan.

Jika Anda tidak melakukan fitting sepeda terlebih dahulu, Anda akan tidak merasa nyaman saat gowes dijalanan, tarikan dan tekanan pada posisi kaki, paha, pinggang dan tangan akan membuat Anda sedikit kram, karena tidak tepat.

2. Pilih Rute Dekat

Tips selanjutnya adalah pilih rute terdekat, nah jadi bagi pemula yang masih anget-angetnya sepedaan, jangan coba-coba Anda memilih rute yang jauh, nanti bisa berakibat fatal, bisa terjadi kelelahan maupun kram. Anda bisa melatihnya secara bertahap dahulu, Anda bisa memperhitungkan jarak tempuh, maksimal 6km pulang pergi.

Jangan terlalu memaksakan diri, usahakan secara bertahap 3 - 2 kali dalam satu minggu, langkah ini membuat stamina bersepeda Anda semakin baik, dan Anda bisa menambahkan jarak tempuhnya 1 hingga 2 km perminggunya.

3. Jaga Stamina


Jaga stamina dan kesehatan Anda dengan mengkonsumsi buah-buahan dengan menjaga pola makan, tidur yang cukup, sehingga membantu Anda lebih bersemangat untuk bersepeda. Perlu diketahui bahwa orang dengan kondisi tubuh yang sehat dan fit staminanya itulah waktunya yang tepat untuk berolahraga. Jadi jangan sesekali Anda berolahraga dengan kondisi tubuh yang tidak sehat, karena tidak baik untuk kondisi tubuh Anda.

4. Pemanasan

Iya pemanasan, Anda bisa melakukan gerakan - gerakan ringan untuk membantu melemaskan otot-otot Anda supaya tidak kaku, seperti bagian leher, tangan, pinggul dan kaki. Nah gerakan pemanasan ini dilakukan sebelum Anda bersepeda, intinya Anda jangan langsung naik sepeda, paling tidak Anda bisa melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu.

5. Air Minum


Tips yang terakhir jangan lupa yaitu minum air mineral, ini membantu stamina Anda agar tidak kelelahan, karena saat bersepeda kita mengeluarkan banyak keringat, jadi sebagi ganti ion-ion yang hilang, Anda bisa minum air mineral atau minuman ion berisotonik, selain pengganti ion yang hilang, air mineral juga membantu Anda agar tidak terjadi dehidrasi saat bersepeda.

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.

 

Salam GOWESSERRR...




Artikel Terkait
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Tips Cara Kuat Nanjak Pakai Sepeda Roadbike
Ingin Beli Sepeda Baru? Berikut ini Tipsnya
Tips Sederhana Cara Merawat Sepeda Harian Anda
Pilih MTB atau Road Bike buat Hobi Goweser Pemula
5 Tips Dasar Bersepeda di Bike Park Bagi Pemula
Tips Menjaga Stamina Agar Tetap Terjaga saat Bersepeda
4 Hal Persiapan Sebelum Gowes Jarak Jauh Buat Pemula 100 KM Endurance Road Bike
Tips Memilih Ban Sepeda Fixie Untuk Harian

Ada 0 Komentar di "5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan"


Tinggalkan Komentar Disini