Ternyata Begini Tips Berbelanja Pakai Debit Card agar Terhindar dari Penipuan

Ternyata Begini Tips Berbelanja Pakai Debit Card agar Terhindar dari Penipuan
Picture by : freepik.com
29 Juli 2021 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Bagi beberapa kalangan yang tidak suka membawa uang cash saat berbelanja, kartu debit sangat bermanfaat dalam melakukan transaksi. Namun, saat menggunakan kartu ATM untuk membayar setiap belanjaan, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa saja tips berbelanja menggunakan debit card untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian.

Meskipun memudahkan penggunanya dalam melakukan proses pembayaran, ternyata debit card ini juga rawan terkena masalah. Nah untuk menghindari hal-hal merugikan, maka alangkah baiknya Anda mengetahui bagaimana tips dan cara menggunakan kartu debit untuk belanja online seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

7 Cara dan Tips Berbelanja Menggunakan Debit Card
Saat membayar belanjaan dengan menggunakan kartu debit, Anda harus lebih berhati-hati terhadap bahaya yang mengancam. Berbeda dengan membayar cash, kartu debit yang Anda gunakan ini lebih mudah terkena pencurian atau bahkan penipuan. Dengan demikian, Anda harus paham tentang bagaimana tips berbelanja menggunakan debit card.

1. Menjaga Kerahasiaan PIN


Tips berbelanja menggunakan debit card yang pertama adalah menjaga kerahasiaan PIN. Saat memberikan kartu debit ke kasir untuk membayar belanjaan, pastikan Anda secara ketat menjaga kerahasiaan PIN. Nomor PIN ini berguna untuk mengakses debit yang Anda miliki. Dengan demikian, pastikan tidak ada orang yang tahu nomor PIN debit agar tidak terjadi hal-hal yang tidak menguntungkan.

2. Pastikan Nominal Sama dengan Jumlah Biaya Belanjaan

Setelah memasukan nomor PIN ke mesin EDC, selanjutnya Anda harus memastikan bahwa jumlah uang yang akan ditarik sama dengan jumlah pengeluaran. Jika ada kejanggalan nominal, maka segeralah membatalkan transaksi tersebut agar Anda tidak mengalami kerugian.

3. Simpan Kartu Debit di Tempat yang Aman


Untuk menghindari pencopetan, maka Anda harus melakukan cara menggunakan kartu debit BNI untuk belanja yang satu ini, yaitu menyimpan kartu debit di tempat yang aman. Simpanlah kartu di tempat yang sulit dijangkau oleh siapapun, karena jika Anda menyimpannya di tempat yang mudah dicapai maka akan meningkatkan risiko pencurian. 

4. Waspadai Kloning Kartu Debit

Tahukah Anda bahwa kini banyak modus penipuan yang bisa merugikan, salah satunya dengan modus kloning kartu debit. Kejahatan ini sangat rentan disadari oleh pengguna. Untuk menghindarinya, lebih baik Anda jangan tergiur kepada siapapun yang menawarkan bantuan ketika mengalami kesulitan saat melakukan transaksi dimanapun.

5. Ketahui Modus Skimming


Selain modus kloning, Anda juga harus bisa mengetahui tanda-tanda modus skimming yang tidak kalah merugikannya. Biasanya tindak kriminal yang satu ini dipasang pada mesin ATM atau mesin EDC yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Oleh karena itu, cara bayar pakai kartu ATM yang harus dilakukan sebelum Anda melakukan transaksi adalah dengan mengecek terlebih dulu apakah mesin tersebut mencurigakan atau tidak.

6. Seringlah Mengganti PIN

Tips berbelanja menggunakan debit card yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah seringlah mengganti PIN secara berkala. Hal ini bertujuan agar keamanan kartu debit Anda selalu terjaga dengan aman. Perlu Anda ketahui juga bahwa bank tidak akan memberikan jaminan untuk setiap kehilangan yang terjadi, jadi inilah tugas Anda untuk terus mengamankan debit yang dimiliki.

7. Jangan Berikan Kartu Debit Kepada Siapapun

Kartu debit adalah milik pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya, dan tentunya penggunaannya pun hanya untuk Anda pribadi. Jangan biarkan siapapun menggunakan kartu debit yang Anda miliki karena bisa saja terjadi kebocoran data yang membuat uang Anda hilang. Jika Anda mempercayakan kartu debit tersebut ke orang lain, maka pastikan Anda mengawasi penggunaannya dan ubah PIN secepatnya jika sudah digunakan.

Beberapa tips dan cara menggunakan debit BCA di atas harus Anda lakukan saat hendak melakukan transaksi dengan menggunakan debit card. Hal ini bertujuan agar penggunaan kartu debit tersebut tetap aman dan terhindar dari kejahatan seperti kebocoran data hingga pencurian.

Nah setelah mengetahui apa saja tips berbelanja menggunakan debit card, sekarang saatnya untuk mulai berhati-hati dalam penggunaannya. Praktekkanlah tips dan cara di atas agar Anda bisa lebih leluasa dalam menggunakan kartu debit untuk setiap kebutuhan. Bagaimana menurut Anda? 




Artikel Terkait
Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Kirim Lamaran Kerja via Online
Review Air Cooling X5 Australia Penyejuk Ruangan Bebas Kuman
Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru
7 Tips Mendidik Anak Usia Dini dengan Optimal
Pinjaman Cepat Tanpa Riba dengan 5 Produk Fintech Syariah Ini!
Pengalaman Buat Blog Hingga Bisa Hasilkan Uang dari Internet
Cara Setor Uang di Bank Syariah Mandiri
Tips Jualan Online Baju Bayi dan Anak anak Bisa Raup Jutaan Rupiah Perbulan
Cara Kirim Uang Menggunakan Aplikasi DANA Lewat Nomor HP
Tips Agar Siswa Tidak Bosan Belajar di Rumah

Ada 0 Komentar di "Ternyata Begini Tips Berbelanja Pakai Debit Card agar Terhindar dari Penipuan"


Tinggalkan Komentar Disini