Solusi Penggunaan Laporan Big Data di Database Mysql

Solusi Penggunaan Laporan Big Data di Database Mysql
671 view • 21 November 2021

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog

Penggunaan database pada sebuah aplikasi pasti terus mengalami jumlah yang lebih besar, apalagi database perusahaan yang mengelola berbagai kebutuhan data yang di input setiap harinya, mungkin dari sebagian pengembang software akan khawatir tentang hal ini, karena belum memiliki teknologi yang mengelola big data.

Sebagai developer software baik itu aplikasi retail maupun erp, pasti memiliki data yang jumlahnya tidak sedikit, maka tidak sedikit sebuah perusahaan yang melakukan investasi di awal untuk membangun server yang lebih besar dan lebih baik, pengelolaan database big data memang tidak terlepas dari dukungan teknologi yang dibangun, karena faktor pertama yang menjadi pendukung ada di teknologi server itu sendiri.

Baca juga Kenapa Backup Data itu Penting

Big data merupakan istilah yang dipakai untuk menjelaskan atau menggambarkan kondisi data yang memiliki volume besar pada database, jika kita lihat secara detail bahwa big data memiliki baris record dan struktur hingga mencapai jutaan data, sehingga memerlukan resource yang besar untuk mengelolanya, Berikut dibawah ini Solusi Penggunaan Laporan pada Big Data di Database Mysql.




Teknologi Server


Dukungan komputer server menjadi bagian penting dari teknologi big data, karena untuk mengelola sebuah database yang besar itu membutuhkan resource yang sangat besar, dan mengapa beberapa perusahaan besar harus melakukan investasi komputer server yang besar untuk data mereka, karena kebutuhan akan data akan semakin meningkat.

Contoh kecil saja usaha retail yang menjual ribuan produk, tentu ini tidak bisa di lakukan secara manual untuk melakukan transaksi, harus ada platform untuk menunjang kegiatan tersebut yaitu database server, dimana database tersebut untuk menyimpan data barang dan transaksi penjualan. Databse mysql menjadi salah satu database manajemen sistem yang banyak digunakan di dunia, selain gratis, database mysql memiliki keamanan yang baik, cepat dan bisa di andalkan, dan bisa digunakan diplatform bisnis online.

teknologi server

Untuk mendukung database yang besar, kita harus memiliki support komputer server yang bisa di andalkan, karena untuk memproses data dengan jumlah yang banyak tidak bisa digunakan komputer biasa, Anda harus membangun komputer server yang memiliki proses komputasi tinggi, jadi teknologi server disini sangat dibutuhkan.


Generate Laporan


Trafik data yang di input akan masuk kedalam database server setiap harinya, dan akan terus meningkat jumlah data yang di tampung, dan data yang masuk ini nantinya akan dijadikan sebagai data laporan. Sebagian pengembang software aplikasi tidak menyadari bahwa laporan yang disajikan kurang maksimal, dikarenakan load data yang ditampilkan memakan waktu lama.

Data yang memiliki jumlah besar tidak bisa langsung digunakan untuk sebuah laporan, karena data yang besar akan membutuhkan waktu untuk menampilkan hasil laporan, solusinya adalah Anda harus melakukan generate laporan baru untuk menampung data secara periodik dengan membuat suatu proses laporan.

Contoh pada sebuah database didalamnya ada data mulai dari tahun 2011 hingga 2021, maka untuk memaksimalkan laporan, Anda harus membaginya ke setiap tahun, dan tentunya kita tidak bisa membuat laporan secara langsung di database utama, karena ini membantu proses laporan lebih cepat, kesannya memang lebih ribet, akan tetapi ini akan membantu Anda dalam mengelola big data yang ada pada database server.

Dengan membagi beberapa tabel didalam sebuah database, ini akan lebih jauh efektif ketimbang Anda memaksakan untuk membuat laporan pada database utama, sehingga data laporan yang di generate lebih variatif sesuai dengan kebutuhan.



Demikian ulasan ini kami bagikan, terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermafaat.






Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Solusi Penggunaan Laporan Big Data di Database Mysql"


Tinggalkan Komentar Disini