Pilih Mana Dompet Digital atau Tunai? Yuk Ketahui Keunggulan dan Kekurangannya

Pilih Mana Dompet Digital atau Tunai? Yuk Ketahui Keunggulan dan Kekurangannya
224 view • 20 Desember 2021

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog
Ads Promote Buat akun bank jago dapet 100 ribu

Semakin berkembangnya teknologi, hal inilah yang membuat semua aspek kehidupan ikut maju. Salah satu inovasi di bidang teknologi adalah adanya dompet digital yang bisa memudahkan manusia dalam segala transaksi tanpa harus membawa uang cash. Namun, pilih mana dompet digital atau tunai? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Meskipun kehadirannya membantu setiap urusan manusia dalam bertransaksi, ternyata tidak semua pengguna nyaman menggunakan dompet digital dan lebih memilih menggunakan uang tunai dalam setiap pembayaran. Kenapa demikian? Karena dompet digital dan tunai memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. 

Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan transaksi digital serta tunai, maka Anda wajib menyimak apa saja informasi yang akan kami ulas di bawah ini. Check this out! Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital.

Jika Anda masih bingung tentang pilih mana dompet digital atau tunai, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja kelebihan dompet digital untuk keperluan manusia seperti yang akan kami bahas di bawah ini.


Ads Promote Selama #adajenius  Bayar tagihan apa pun bisa di 1 aplikasi

Kekurangan dan Kelebihan Dompet Digital

1. Lebih Praktis
Kelebihan uang elektronik yang pertama adalah penggunaannya yang lebih praktis dibandingkan  uang tunai. Dengan menggunakan dompet digital, Anda bisa membawa uang dalam jumlah banyak tanpa merasa khawatir akan pencurian. Uang elektronik juga memberikan kemudahan untuk Anda dalam melakukan banyak transaksi dengan waktu yang cepat.

2. Tidak Ada Kembalian Receh
Jika Anda tidak menyukai uang receh, maka menggunakan dompet digital untuk transaksi merupakan langkah yang tepat. Bukan tanpa alasan, saat melakukan pembayaran dengan uang elektronik Anda tidak akan menerima kembalian apapun.

3. Lebih Aman
Biasanya uang digital ini memiliki keamanan tersendiri seperti adanya PIN. Hal ini tentunya memberikan  keamanan yang tinggi untuk Anda sehingga tidak mudah terkena penipuan atau pencurian data. Hal yang harus Anda lakukan adalah tetap menjaga kerahasiaan PIN yang Anda gunakan agar tidak diketahui orang lain. Jadi, apakah Anda sudah yakin akan pilih mana dompet digital atau tunai?

4. Mudah Terkena Pencurian Data
Resiko penggunaan uang elektronik adalah mudah terkena pencurian data. Meskipun sudah diberi keamanan seperti adanya PIN, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadinya hal yang merugikan.

5. Kurang Pemahaman tentang Cara Menggunakannya
Kekurangan uang elektronik yang selanjutnya adalah kurangnya pemahaman tentang menggunakannya. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang melek teknologi, sehingga inovasi ini kadang menyulitkan orang lain.

6. Menjadi Mengguna Konsumtif
Karena penggunaannya yang mudah, hal inilah yang kadang membuat pengguna lebih konsumtif membeli banyak barang yang tidak diperlukan. Oleh karena itu, saat Anda memiliki dompet digital pastikan bisa menahan diri agar tidak belanja terlalu banyak.
Kelebihan dan Kekurangan Uang Tunai

Ads Promote Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah

Kekurangan dan Kelebihan Penggunaan Uang Tunai

Selain dompet digital, ada juga uang tunai yang sudah digunakan sejak lama. Uang tunaa ini memiliki berbagai kelebihan yang tidak kalah dari dompet digital. Lalu, apa saja kelebihan tunai dan kekurangannya? Berikut ini penjelasanya.

1. Ada Kembalian
Keunggulan pertama dari uang tunai ini adalah Anda tetap bisa mendapatkan kembalian dari transaksi yang dijalankan. Meskipun uang receh, tetapi uang kembalian ini tetap bermanfaat untuk kebutuhan.

2. Kemungkinan Hutang Kecil
Alasan orang memilih uang tunai adalah karena kecilnya resiko berhutang. Berbeda dengan uang digital yang bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat.

3. Bisa Digunakan Dimana Saja
Jika dompet digital hanya bisa digunakan untuk beberapa tempat yang menggunakan mesin ATM atau EDC, tetapi berbeda dengan uang tunai yang bisa digunakan di semua pusat perbelanjaan. 

4. Memerlukan Tempat
Tidak seperti uang elektronik, uang tunai memerlukan banyak tempat untuk menyimpan uang. Apalagi jika Anda membawa uang dalam jumlah yang banyak, maka Anda akan kesusahan membawa uangnya dan memerlukan tempat yang besar.

5. Risiko Kriminalitas
Selain memerlukan tempat, uang tunai juga lebih rawan terkena pencurian. Beberapa tindak kriminal yang sering terjadi seperti pencurian dan pencopetan. Inilah yang membuat Anda harus lebih hati-hati saat membawa uang banyak.

6. Gampang Hilang
Uang tunai yang disimpan sembarang ternyata mudah hilang atau terselip. Sehingga Anda harus menyimpannya di tempat yang aman seperti dompet.
Jadi, Pilih Mana Dompet Digital atau Tunai?


Nah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan uang tunai dan dompet digital di atas, apakah Anda sudah menentukan pilihan akan pilih mana dompet digital atau tunai? Mengingat keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, hal ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan pribadi. 

Ads Promote Bukalapak





Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Ads Promote Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Pilih Mana Dompet Digital atau Tunai? Yuk Ketahui Keunggulan dan Kekurangannya"


Tinggalkan Komentar Disini