Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya

Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Picture by : freepik.com
29 September 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Apakah kamu sedang bingung ingin pilih mana AMD atau Intel buat PC gaming? Saat ini, bermain game bisa dilakukan dari mana saja, baik PC maupun laptop.

Tapi sebelum itu, kamu perlu memilih prosesor dengan kualitas yang baik. Hal inilah yang sering membuat para gamers atau mungkin yang baru terjun ke dunia gaming bertanya - tanya PC gaming bagus AMD atau Intel sih. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena di sini kita akan membahas bersama dan membandingkan kedua prosesor tersebut.

Sebelum memutuskan pilih mana AMD atau Intel buat PC gaming, kamu perlu ketahui dulu tips memilih CPU gaming. 


Tips Memilih Prosesor Untuk Gaming

Apa saja poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih prosesor atau CPU untuk gaming? Berikut poin - poinnya.

Ketahui Kebutuhan Sistem Game Tersebut

Setiap game tentu memiliki system requirement yang berbeda - beda atau spesifikasi perangkat yang bisa menjalankan game tersebut. Contohnya seperti kapasitas memori atau penyimpanan, perangkat grafis dan masih banyak lagi.

Ada juga game yang langsung memberi pilihan spesifikasi minimal atau spesifikasi rekomendasi. Agar kamu bisa memainkan game tersebut, setidaknya PC kamu memenuhi spesifikasi minimal mereka.

Pertimbangkan Kinerja Prosesor

AMD vs Intel bagus mana sih? Nah ini balik lagi dengan kebutuhan game nya. Setelah kamu menemukan prosesor yang mendukung game tersebut. Selanjutnya ketahui betul kinerjanya. 

Sebenarnya ada banyak jenis prosesor yang dijual di pasaran. Hanya saja yang namanya sudah besar yaitu AMD dan Intel.

Kinerja kedua CPU tersebut tentu tidak perlu diragukan lagi. Tapi kamu juga perlu tahu apakah kinerjanya sudah cukup baik untuk bermain game. Jadi, pilih mana AMD atau Intel buat PC gaming? Ya sesuaikan saja antara kebutuhan game dan prosesor yang kamu pilih, baik itu AMD ataupun Intel.

Overclocking

Setelah kamu memilih dan membeli prosesornya. Pastikan prosesor tersebut bisa melakukan overclocking. Yang mana merupakan meningkatkan kecepatan standar prosesor. Misalnya prosesor itu memiliki kecepatannya 3.6 ghz dan dapat ditingkatkan sampai 3.9 Ghz. Asalkan dibarengi dengan pendingin yang bagus.

Nah, untuk AMD sendiri hampir semuanya bisa melakukan overclocking. Hal ini tentu akan membantu kamu jika ingin melakukan upgrade. Setelah mengetahui tips memilih PC selanjutnya kamu sudah tahu pilih mana AMD atau Intel buat PC gaming?

Kalau belum kamu bisa cari tahu dulu apa sih masing - masing kekurangan dan kelebihan AMD dan Intel.


Kelebihan Serta Kekurangan Prosesor Intel dan AMD

Pilih mana AMD atau Intel buat PC gaming? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, cari tahu penjelasannya di bawah.

Prosesor Intel

Meskipun terkenal bagus, Intel tentu memiliki kelebihan dan kekurangan juga, apa saja itu? Berikut ulasannya.

Kelebihan Intel :

Memiliki Pengaturan Temperatur Yang Baik. Hal ini karena Intel memiliki teknologi yang bagus dalam mengatur suhu. Sehingga jika dirasa sudah panas, otomatis Intel akan mengurangi kinerja perangkatnya. Tidak Berisik. Karena Intel menggunakan heatsink untuk membuang panasnya bukan menggunakan kipas. 

Kekurangan Intel : 

Harga Yang Cukup Mahal. Prosesor Intel dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Terlebih untuk gaming dengan minimal prosesor yaitu i5 apabila ingin mendapatkan sensasi game yang menakjubkan.
Kalah Dalam Segi Grafis. Gaming tentu sebagian besar merupakan grafis. Namun sayangnya prosesor Intel kurang mendukung dalam segi grafisnya. Jadi kurang cocok apabila kamu ingin mendapatkan kualitas gambar yang bagus.

Prosesor AMD

Kelebihan AMD : 

Menang Dalam Segi Grafis. Jika dibandingkan dengan Intel. AMD memang lebih menguasai segi grafisnya. Dengan prosesor AMD kamu bisa mendapatkan kualitas game yang bagus.
Harga Yang Lebih Terjangkau. Meskipun membutuhkan prosesor dengan spek yang tinggi, tapi AMD dapat memberikan harga yang cukup rendah daripada Intel. Sehingga AMD bisa menjadi pilihan processor untuk gaming murah.

Kekurangan AMD :

Cepat Panas. Sudah bukan hal yang baru lagi jika prosesor AMD memang dikenal cepat panas, karena memang sebagian besar menggunakan kipas. Sehingga apabila kamu cukup terganggu dengan hal tersebut, AMD kurang direkomendasikan untuk kamu. Kinerjanya Dibawah Intel. Meskipun saat ini AMD berhasil sejajar dengan Intel. Akan tetapi pada beberapa kondisi, kinerja AMD masih dibawah Intel. 

Gimana, sampai sini kamu sudah tidak bingung kan pilih mana AMD atau Intel buat PC gaming? Jika dilihat dari poin - poin di atas, sebenarnya kembali lagi dengan kebutuhan kamu dan tentu budget yang kamu miliki.  Apabila kamu punya budget terbatas namun ingin mendapatkan kinerja yang bagus mungkin bisa memilih AMD. 

Tetapi, jika budget kamu memang longgar dan tidak masalah dengan harga berapapun sebaiknya langsung pilih Intel saja seperti core i7 atau core i9.


Artikel Terkait
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Review Performa Komputer Mini PC HP T610 buat Harian
Komputer dan Tentang Kecerdasan Buatan
Pilih Komputer Desktop atau Laptop buat Kerja Freelance dan Hobi Anda
Cara Mengatasi Komputer yang Hidup Mati Berulang Ulang, Silakan Cek Hardware!
Cara Mudah Membuat Video Player Local maupun Online Terhubung dengan Google Drive Menggunakan VIDEOJS
Download Aplikasi Pendukung Harian Gratis di PC dan Laptop
Cara Menguji Tampilan Website Versi Mobile di Google Chrome tanpa Harus Menggunkan Smartphone di Laptop maupun PC
Sayang mau dibuang? Ini 5 tips memanfaatkan komputer jadul.
Hati-hati! Ini 9 kesalahan saat merakit komputer yang wajib kamu ketahui.

Ada 0 Komentar di "Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya"


Tinggalkan Komentar Disini