4 Persyaratan Pengajuan Monetisasi Youtube yang Perlu Anda Ketahui

4 Persyaratan Pengajuan Monetisasi Youtube yang Perlu Anda Ketahui
481 view • 25 Januari 2022

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog

Halo sobat blogger, bagaimana keadaanya, mudah-mudah dalam keadaan sehat wal'afiat amin, oke kali ini penulis akan mengulas tentang persyaratan yang harus Anda ketahui tentang monetisasi program youtube dari Google, kita tahu bahwa platform youtube kini menjadi salah satu tempat orang-orang membuat sebuah konten kreatif yang bisa menghasilkan uang setiap bulannya.

Tidak sedikit sebagian dari kita juga ingin membangun sebuah konten lewat youtube, akan tetapi keterbatasan perangkat yang digunakan, karena untuk membuat konten video di youtube harus bisa melakukan beberapa tahapan, mulai dari shoot video, dubbing, editing dan rendering. Tahapan inilah yang menjadi salah satu tantangan bagi youtuber pemula.

Baca juga Setting Download Youtube hanya Menggunakan Wifi

Jika kita perhatikan, bahwa untuk menjadi youtuber sangat mudah, cukup dengan menggunakan kamera smarphone kalian, terus buat vlog menarik kemudian upload di youtube kemudian di publish, nah yang jadi usaha kita adalah mengumpulkan jumlah subscriber dan jam tayang, dimana itu tidak mudah, harus membangun channel yang kreatif, menarik dan di sukai oleh banyak orang.

Berikut dibawah ini 4 Persyaratan Pengajuan Monetisasi Youtube yang Perlu Anda Ketahui.





Subscriber dan Jam Tayang


Persyaratan monetisasi youtube channel yang perlu kita ketahui adalah harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, syarat ini menjadi hal wajib bagi youtube untuk bisa melakukan monetisasi, untuk mendapakan subscriber ini tidak terpengaruh oleh rentang waktu, jadi asalkan sudah mendapatkan 1000 subscriber itu sudah cukup, akan tetapi persyaratan jam tayang inilah yang berbeda dengan jumlah subscriber, karena tidak di akumulasi jumlah jam tayangnya.

Bagaimana untuk menghitung jam tayang yang tidak di akumulasi dari jam tayang sebelumnya karena di hitunganya dalam 1 tahun, nah Google sendiri menghitung jam tayang sangat unik, misalkan hari ini tanggal 25 Januari 2022, maka yang di hijtung jam tayang sebelumnya adalah mulai dari 25 Januari 2021 sampai dengan 25 Januari 2022 hari ini, dan begitu seterusnya. Oke sekali lagi kita hitung ya biar lebih paham, misalkan besok tanggal 26 Januari 2022, maka google mengitung kembali dari 26 Januari 2021 hingga 26 Januari 2022.

Jadi akumlasi jam tayangnya berjalan, jadi tidak dihitung waktu kita mulai pertama saat membuat konten di youtube, kita harus bisa mengejar jam tayang dalam rentang waktu mulai dari hari ini setahun kebelakang, atau 365 hari dari tanggal sekarang mundur kebelakang.


Menyetujui Dan Ketentuan Google Youtube


Persyaratan selanjutnya adalah kita harus menyetujui dan ikut aturan yang ada di Google, jadi Anda harus melakukan persetujuan ini, istilahnya adalah tanda tangan kontrak persetujuan dari Google, bahwa konten-konten Anda untuk di monetisasi, jadi harap di baca-baca terlebih dahulu persetujuan agreement google youtube, agar jika ada pelanggaran dan penyalahgunaan dari konten yang ada di channel Anda bisa di pahami.

Konten yang ada di youtube channel kita bisa saja sewaktu-waktu di tutup atau tidak ditayangkan karena ada melanggar kebijakan baik itu konten video yang mengandung SARA, kebencian, konten dewasa maka Google berhak menghapus dan menutup akun Anda.


Menghubungkan Akun Channel dengan Google AdSense


Persyaratan selanjutnya adalah Anda harus memiliki akun Google AdSense, dimana saat ini google tidak lagi menggunakan youtube sebagai tools pembayaran, melainkan harus mengkaitkan Youtube Anda dengan Google AdSense, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu di Google AdSense, kemudian silakan hubungkan email Google AdSense di youtube channel Anda.

Berapa hari akun channel Anda untuk mendapatkan persetujuan akun Google AdSense? Jawabanya : adalah paling lama 1 minggu, paling cepat beberapa jam sudah bisa di terima.

youtube channel


Peninjaun Channel


Step yang terakhir adalah peninjauan channel, dimana channel kita akan di lihat oleh tim google, apakah channel yang kita buat di terima oleh google, karena dalam peninjauan google memeriksa konten yang ada di youtube channel kita, apakah video yang kita tayangkan itu layak dan tidak melanggar aturan dan kebijakan yang dibuat oleh Google, peninjauan youtube channel ini memerlukan waktu paling lama 1 bulan, dan paling cepat 2 - 3 hari.



Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.






Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "4 Persyaratan Pengajuan Monetisasi Youtube yang Perlu Anda Ketahui"


Tinggalkan Komentar Disini