Perbedaan domain dan hosting dan Perannya dalam Website

Perbedaan domain dan hosting dan Perannya dalam Website
346 view • 11 Februari 2022

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog

Jika Anda memiliki website atau sedang belajar membangun dan membuat website sendiri pasti sudah tidak asing dengan istilah domain dan hosting. Dua hal ini berbeda namun saling berhubungan. Lantas apa perbedaan domain dan hosting?

Sebelum mengetahui perbedaan domain dan hosting, alangkah baiknya jika mengenal dulu dua istilah tersebut dan kaitannya satu sama lain. Pasalnya, kaitan antara domain dengan hosting bisa dianalogikan sebagai rumah, di mana Anda tidak bisa mengunjungi tempat tanpa mengetahui lokasi. Arti hosting sendiri bisa diibaratkan sebagai rumah untuk website, sedangkan domain sebagai alamatnya. 

Baca juga Tips Menjaga Hosting dan File agar Tetap Aman

Dalam artikel ini anda akan mengetahui apa itu domain dan hosting, perannya bagi website serta perbedaan antara keduanya.





Mengenal Domain dan Perannya bagi Website


Seperti yang sudah dianalogikan sebelumnya, secara umum domain dapat dikatakan sebagai nama dari website Anda. Di mana untuk bisa mengakses website Anda, maka pengunjung harus mengetikkan nama domain yang sudah ditetapkan. Oleh sebab itu, memilih nama domain adalah hal yang penting khususnya bagi perusahaan atau brand tertentu agar mudah diingat dan diakses oleh banyak orang.

Istilah domain juga biasanya berkaitan dengan IP (IP address) yang merupakan identitas personal computer karena setiap komputer saling terhubung satu dengan lainnya. Alamat IP sendiri biasanya menggunakan format deretan angka. Nama domain dengan alamat IP bisa diibaratkan sebagai alamat rumah yang lengkap dengan nomor rumah atau blok rumah.


Mengenal Hosting dan Perannya bagi Website


Adapun hosting adalah hunian atau lahan tempat Anda membangun rumah. Di sini, website diibaratkan sebagai rumah. Jika Anda hanya memiliki nama domain, Anda hanya memiliki alamat tanpa rumah. Ketika Anda memberitahukan alamat tersebut kepada seseorang, maka pengunjung yang mengakses nya tidak bisa melihat apa-apa karena tidak ada rumah atau website di sana. 

Setelah menggunakan domain, Anda bisa menghubungkannya ke penyedia web hosting supaya tidak lepas. Dengan begini, website Anda bisa diakses oleh siapa saja dengan mengetikkan nama domain. Untuk memudahkan penggunaan serta menghindari masalah, Anda dapat membeli domain dan hosting di penyedia yang sama sehingga tidak perlu menautkan secara manual dan bisa langsung memulai website Agar lebih mudah dan praktis serta menghindari masalah Anda dapat membeli domain dan hosting dalam satu penyedia yang sama.


Perbedaan Domain dan Hosting


Pada intinya, perbedaan domain dan hosting yaitu dalam hal penggunaan atau penempatannya saja tetapi keduanya saling berkaitan. Jika Anda ingin membeli domain, maka Anda juga harus membeli hosting agar website bisa diakses dengan sempurna.

Alasan Perlu Domain dan Hosting untuk Web Anda

Setelah mengetahui perbedaan domain dan hosting beserta perannya dalam website, mungkin Anda bertanya-tanya apa manfaat menggunakan domain dan hosting? Dan bagaimana jika tidak menggunakannya? Bukankah blog tetap bisa diakses oleh pengguna internet? Iya pasalnya jika Anda menggunakan blog atau wordpress tanpa domain dan hosting pun tetap bisa di akses oleh pengguna internet, yaitu dengan menggunakan domain gratis atau bawaan dari website tersebut seperti blogspot. 

Meski begitu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan domain dan hosting, apalagi jika website ini digunakan untuk kebutuhan bisnis atau membangun branding Anda. Berikut ini merupakan beberapa alasan perlu web hosting yaitu:



1. Website Terlihat Kredibel dan Profesional
Pasti Anda menginginkan pengunjung yang banyak pada website Anda bukan? Apalagi jika ini digunakan untuk personal branding atau personal perusahaan tentu website Anda harus terlihat profesional dan kredibel. Penggunaan domain dan hosting sangat penting untuk memberikan kesan profesional pada website Anda.

Perbedaan domain dan hosting bukanlah masalah, karena keduanya saling berkaitan dan harus dipenuhi. Meskipun konten atau isi website Anda berkualitas dan terpercaya, namun jika hanya hosting dan domain gratisan maka akan dianggap remeh oleh pengguna internet. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda membeli hosting dan domain untuk membangun kepercayaan pengguna. 

2. Aset Tersimpan dengan Aman
Aset yang dimaksud adalah konten atau hal-hal yang anda unggah di hosting website dan digunakan sesuai kebutuhan. Anda tak perlu takut aset ini akan hilang, karena akan tetap ada dan aman kecuali jika memang Anda menghapus atau menghilangkannya sendiri.

3. Mudah Dimodifikasi
Ketika Anda membuat website, maka modifikasi seperti pemasangan tema hingga plugin dibutuhkan untuk mengoptimasi Website. Apabila menggunakan hosting sendiri maka akan berjalan mudah dan lancar.

4. Sistem Keamanan yang Baik
Dengan menggunakan domain dan web hosting adalah mendapatkan sistem keamanan baik sehingga terhindar dari tindakan yang merugikan
Itulah beberapa hal mengenai perbedaan domain dan hosting serta perannya dalam penggunaan website.



Itulah beberapa hal mengenai perbedaan domain dan hosting serta perannya dalam penggunaan website, terima kasih telah berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat.






Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Perbedaan domain dan hosting dan Perannya dalam Website"


Tinggalkan Komentar Disini