Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Penjualan di Indonesia

Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Penjualan di Indonesia
Picture by : toyota.astra.co.id
30 September 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Mobil di Indonesia erat kaitannya dengan mobil Jepang, karena memang mobil-mobil yang banyak beredar merupakan dari pabrikan dari negara sakura jepang. Hampir setiap pelosok tanah air pasti memiliki brand merek mobil Toyota. Mobil Toyota pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1961, mungkin sebagian dari Anda ada yang belum lahir, apalagi penulis yang yang lahirnya di era 80-an, jika di hitung lamanya, yaitu sudah 60 tahun mengaspal di Indonesia.

Siapa sih yang tidak kenal merek mobil Toyota, brand mobil yang memiliki ketangguhan dan keawetan mobil-mobil dari toyota. Bahkan ada toyota kijang yang notabenya sudah berumur puluhan tahun masih ada terlihat di jalanan, nah ini sebagai bukti bahwa pabrikan mobil Jepang sangat serius dalam mengembangkan mobil mereka.

Pada tahun 2020 mobil Toyota masih menjadi yang terbesar menyumbang penjualan mobil di Indonesia mencapai 182.670 unit dalam satu tahun, jumlah ini menjadi yang terbanyak dari para rivalnya yang juga dari negara Jepang yaitu Daihatsu, Honda dan Suzuki.

Berikut dibawah ini Fakta Menarik tentang Mobil Toyota yang Menguasai Pasar Penjualan di Indonesia.


Sejarah Panjang

Sudah penulis singgung diatas tentang mobil Jepang pertama kali masuk ke Indonesia, mereka membangun brand image nama Toyota yang bisa dibilang salah satu ikonik nama brand yang tidak terpisahkan dari Indonesia. Sejarah panjang ini telah dibuktikan bahwa Toyota dengan hadirnya 100 unit mobil Toyota Land Cruiser FJ Canvas Top di tahun 1961, dimana unit tersebut untuk disebar ke daerah-daerah di seluruh Indonesia, dan pastinya menjadi pionir penjualan mobil di tanah air.


Membangun Pabrik Mobil di Indonesia

Keseriusan Toyota Motor Manufacturing dalam memasarkan mobil mereka di Indonesia, dengan itu mereka membangun pabrik mobil di Karawang Plant dibangun pada 29 Mei 1996 dengan nilai investasi yang cukup besar yaitu Rp. 462,2 miliar, dengan jumlah tersebut bisa dibilang merupakan investasi yang sangat besar, hampir menyentuh setengah triliun pada masa itu.

Lantas pabrik tersebut tidak langsung beroperasi, karena memang pengerjaan dan resource sdm serta alat pendukungnya membutuhkan waktu, dan mulai beroperasi pada tahun 1998, Karawang Plant memiliki kapasitas produksi 100.000 unit mobil per tahun.

Pada saat ini pabrik mobil toyota di Indonesia terdapat 4 lokasi yaitu : 

  1. Pabrik Karawang 1 yang berdiri sejak 1998 dengan hasil produksi Kijang Innova dan Fortuner.
  2. Pabrik Karawang 2 yang beroperasi sejak 2013. Pabrik tersebut membuat produk Etios Valci, Vios, Limo dan Yaris belokasi di Jakarta Utara
  3. Pabrik Sunter 1 memproduksi mesin bensin dan ethanol.
  4. Pabrik Sunter 2  berlokasi di Jakarta Utara dan beroperasi sejak 1977 memproduksi stamping parts.

Authorized Dealer Toyota

Mengapa mobil toyota banyak diminati dan banyak beredar diberbagai daerah, salah satunya yaitu mengembangkan market penjualan mereka dengan membangun Authorized Dealer Resmi Toyota di setiap kota di Indonesia, guna mendukung purna jual yang lebih besar, dan memang terbukti bahwa Toyota merajai penjualan mobil terbesar di Indonesia.


Harga Jual

Harga jual mobil toyota memang sangat kompetitif dan memiliki rentang harga yang berbeda-beda tergantung line-up type yang dikeluarkan oleh pihak toyota, harga yang ditawarkan mulai dari harga 140 juta hingga 600 jutaan, dan harga jual kembali mobil bekas toyota sangat tinggi, karena memang peminat mobil merek toyota di tanah air sangat tinggi, dan perlu Anda ketahui bahwa Indonesia adalah pasar Otomotif yang terbesar di Asean.

Service dan Sparepart

Dengan di bangunnya Authorized Dealer Resmi Toyota di setiap kota di Indonesia, membuat para konsumen di mudahkan untuk melakukan perbaikan dan servis resmi berkala, dan ini tersedia hampir setiap kota dengan di dukung oleh sparepart dan aksesoris asli dari Toyota.

Jika kita lihat bengkel-bengkel mobil di setiap kota, mereka juga menyediakan servis dengan kelengkapan part dan suku cadang yang asli, dan ini menjadi pabrikan mobil toyota yang berkembang maju ditanah air, dengan didukung stok sparepart oleh pihak toyota, jadi tidak perlu khawatir tentang suku cadang mobil toyota kesayangan Anda.


Demekian artikel ini kami bagikan, Semoga menambah wawasan Anda tentang dunia otomotif, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait
ACR Rent Car Tempat Rental Mobil di Pekanbaru Riau
Daftar Harga Mobil Daihatsu OTR Pekanbaru Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Toyota OTR Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Suzuki Wilayah Medan Sumatera Utara Terbaru
Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?
Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic
All New Renault Climber 2020 Mobil Eropa Ala Urban SUV
Apa Itu Mobil Hybrid
Tips Perawatan Mobil Tua Yang Benar dan Tepat
Rekomendasi Mobil Murah di Tahun 2020

Ada 0 Komentar di "Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Penjualan di Indonesia"


Tinggalkan Komentar Disini