Dampak dan Manfaat Mobile Banking dalam Transaksi Keuangan Anda

Dampak dan Manfaat Mobile Banking dalam Transaksi Keuangan Anda
263 view • 20 Desember 2021

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog
Ads Promote Buat akun bank jago dapet 100 ribu

Teknologi mobile banking semakin kemari semakin memudahkan orang untuk bertransaksi, cukup dengan menggunakan ponsel pinter Anda bisa melakukan berbagai transaksi, mulai dari transfer, bayar tagihan, pembelian dan transaksi lainnya, seakan fungsi bank yang dulunya sebagai pusat transaksi keuangan bagi nasabahnya, kini beralih fungsi cukup hanya dengan satu genggaman bisa melakukan transaksi apa saja.

Internet dan kemajuan perangkat mobile menjadi satu kesatuan yang sangat dibutuhkan, dengan membuat sebuah layanan aplikasi mobile banking yang bisa berjalan di sistem android maupun iOS. Apalagi saat ini peran fintech yang memungkinkan orang-orang bisa mengisi dompet mereka dalam bentuk digital, yang dapat terhubung dengan account bank dengan mudah.

Baca juga Fenomena Mesin ATM Mulai di Tinggalkan

Manfaat dari teknologi mobile banking sudah terbukti, hampir semua nasabah bank di Indonesia menggunakan platform yang satu ini, salah satu contonya adalah Bank Mandiri yang memiliki user downloader aktif penggunanya mencapai 7,1 juta, dan jumlah ini sangat tinggi untuk kategori platform mobile banking.



Ads Promote Selama #adajenius  Bayar tagihan apa pun bisa di 1 aplikasi

Transaksi Tanpa Batas Waktu

Penggunaan platform mobile banking menjadi lompatan yang sangat besar dalam dunia teknologi perbankan, Anda bisa menggunakan aplikasi mobile banking kapan saja dan dimana saja, tanpa harus datang ke bank dan antri untuk melakukan transaksi. Inilah kehebatan sebuah teknologi yang bisa menjembatani kegiatan transaksi dalam hal mengelola keuangan melalui sebuah sistem yang di bangun secara otomatis.

Jika Anda tidak menggunakan mobile banking, kemudian Anda akan melakukan transaksi transfer pada tengah malam, Anda tidak bisa datang ke bank malam-malam, karena bank sudah tutup, karena jam operasional kas bank hanya sampai jam 16:00. Menggunakan mesin ATM di tengah malam sangat tidak aman, bisa jadi mengundang orang yang kita tidak kenal.

Ads Promote Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah

Peran Karyawan Bank

Secara konsep bahwa teknologi mobile banking menggantikan peran seoarang karyawan bank yang melakukan tugasnya untuk melakukan input data transaksi dari para nasabahnya, baik itu kebutuhan transfer, pembayaran, cek saldo, cek mutasi maupun tranaksi non debit bisa di lakukan melalui mobile banking.

Tidak seperti dulu sebelum munculnya platform mobile banking, penarikan dan setor tunai di bank-bank sangat ramai dan bahkan harus antri. Sejak adanya platform tersebut jumlah orang yang datang ke bank jumlahnya sangat sedikit, mereka datang ke bank hanya untuk keperluan setor tunai, itupun tidak banyak, perlu Anda ketahui bahwa saat ini kebutuhan costumer service bank sangat meningkat, dan ini berbanding terbalik yang dulunya orang-orang antri ke bagian teller kas.

Benar sekali, baru-baru ini penulis datang ke bank untuk melakukan pergantian kartu atm, dan apa yang terjadi, kita harus antri dan jumlah tidak sedikit, sepertinya kebutuhan layanan costumer service untuk nasabah akan meningkat, karena akan ada masalah-masalah dan kendala transaksi, penggunaan mobile banking, dan produk-produk perbankan lainnya.

Ads Promote Bukalapak

Meningkatnya Transaksi Digital

Ini yang menjadi market sebuah bank, dimana perubahan transaksi melalui kertas menjadi digital, bisa di bilang paperless, mereka memberikan kemudahan layanan bertransaksi via mobile baking yang menjadi sukses besar bank-bank yang ada di Indonesia, tingkat perputaran uang secara digital sangat tinggi dan ini memicu tingkat pertumbuhan ekonomi yang kondusif.

Kita tahu bahwa setiap platform mobile banking memiliki layanan pembayaran dari berbagai merchant jual beli online, dan jasa layanan lainnya yang bekerjasama dalam melakukan pembayaran secara otomatis tanpa harus datang ke bank, contohnya Cara Bayar di Tokopedia Menggunakan BSI Mobile.

Meningkatnya transaksi digital secara online, juga membuka peluang para hacker atau sering di sebut carding, yaitu kejahatan yang di lakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan kartu kredit maupun debit secara ilegal secara bypass. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena transaksi via mobile banking memiliki keamanan yang sangat kuat dan memiliki beberapa lapis keamanan.

Lebih Praktis

Ketika Anda akan bertransaksi via mobile banking, Anda cukup login kemudian pilih menu yang diinginkan, kemudian pilih transaksi, selanjutnya proses transaksi, selesai. Sangat praktis sekali bukan, Anda tidak perlu membuang-buang waktu datang ke bank, ambil antrian, isi form, antri, menghitung uang dan lain sebagainya yang membuat Anda menjadi lebih repot.

Salah satu tujuan teknologi mobile banking adalah membuat layanan transaksi bank menjadi lebih simpel dan praktis tanpa harus ada perantara antara nasbah dengan karyawan bank.

Ads Promote Tokopedia Tekno Jaminan Harga Termurah

Mesin ATM Mulai di Tinggalkan

Dulu nasabah datang kebank untuk melakukan transaksi apapun itu, berlanjut lagi menggunakan mesin ATM orang-orang menggunakan mesin elektronik ini untuk keperluan transaksi, dan orang tidak lagi datang kebank, cukup menggunakan mesin ATM Anda bisa melakukan transaksi seperti yang ada di bank dan bahkan setor tunai bisa di lakukan.

Kemunculan mobile banking menjadikan mesin ATM mulai di tinggalkan, karena hampir semua transaksi bisa dilakukan melalui platform mobile banking, cuma satu yang tidak bisa dilakukan oleh mobile banking yaitu mengeluarkan uang tunai, jadi saat ini peran mesin ATM hanya untuk transaksi tarik tunai dan setor tunai. Jadi peran teknologi akan menggatikan teknologi lama yang di anggap sudah ketinggalan zaman, kalah bersaing dan sudah tidak relevan lagi untuk di era sekarang.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga artikel ini menambah wawasan Anda tentang platform mobile banking, Semoga bermanfaat.





Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Ads Promote Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Dampak dan Manfaat Mobile Banking dalam Transaksi Keuangan Anda"


Tinggalkan Komentar Disini