Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup

Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup
753 view • 15 Oktober 2021

Picture by : • Post by : Admin@Wibloog

Pengalaman saat ganti baterai motor yamaha vixion, awal-awalnya motor memang ada kendala pada baterai, pada saat di hidupkan lampu indikator N tidak langsung menyala, ada jeda 3 - 5 detik terkadang lebih, karena normalnya pada saat kunci kontak pada posisi ON, maka lampu indikator seharusnya langsung hidup tanpa jeda waktu.

Kendala ini diperparah sehingga tidak bisa melakukan starter, karena memang indikator tidak menyala, nah ini pasti ada hubungannya dengan kelistrikan yang tidak terhubung. Jika kita telusuri masalah dengan kunci kontak, apakah ada masalah dengan kontak ON/OFF pada yamaha vixion, untuk mengecek apakah komponen kunci kontak berfungsi, Anda cukup melakukan engkol sekali atau dua kali pada motor, sambil Anda lihat di indikator, jika lampu indikator menyala saat di engkol itu artinya masih normal.

Permasalahan memang terletak pada kelistrikan, dimana kita membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankan motor, baik itu menghidupkan mesin, injeksi, lampu dan sebagainya, Berikut dibawah ini beberapa yang harus di cek, apabila terjadi kendala saat ganti baterai tetapi indikator tidak menyala saat kunci kontak di hidupkan.





  • Pertama sekali periksan pada bagian kabel kelistrikan, seperti pada bagian lampu depan, jika ada beberapa kabel yang shot, putus atau korosi biasanya akan mempengaruhi listrik yang masuk dari baterai, sehingga indikator lampu tidak hidup.
  • Jika kondisi kabel-kabel kelistrikan normal, silakan cek pada bagian kiprok, tapi ini ada hubungannya juga, karena fungsi kiprok adalah menstabilkan tegangan arus listrik dari baterai. Untuk mengecek apakah kiprok masih bagus tanpa alat multitester, Anda bisa hidupkan motor kemudian silakan buka baut aki menggunakan obeng bunga secara hati-hati, lalu silakan gas motor pelan, jika motor mati maka kiprok bermasalah, jika tidak maka komponen kiprok masih bagus.
  • Selanjutnya Anda bisa cek kabel aki, apakah sudah terpasang dengan benar, bisa Anda lepas terlebih dahulu, kemudian bersihkan pada bagian pengait positif dan negataif pada baterai.
  • Step selanjutnya silakan cek pada bagian sekring yamaha vixion, karena fungsinya untuk memutus kelistrikan apabila terjadi masalah shot atau korsleting ataupun arus listrik terlalu besar. Cek dengan benar apakah sekring yang di gunakan putus, Jika putus silakan Anda bisa ganti dengan yang baru. Jika kondisi sekring masih tersambung, silakan Anda bersihkan slot atau colokan rumah-rumahan sekringnya, agar sekring tersebut bisa terhubung dengan sempurna.
  • Step yang terakhir adalah jika lampu indikator juga tidak menyala, atau terkadang hidup dan terkadang mati, maka silakan ganti rumah sekring atau pada bagian sekring kabel positif aki baterai, karena ada bagian rumah sekring atau sambungan kabel yang korosi.



Jika pada pengecekan tersebut diatas, indikator lampu pada Yamaha Vixion tetap tidak menyala, maka mimin sarankan silakan bawa ke bengkel atau ke bengkel resmi yamaha, agar dicek komponen-komponen pada kelistrikan, karena pada bengkel resmi yamaha memiliki alat pengecekan yang lebih lengkap, agar tidak terjadi kesalahan yang lebih fatal.



Dibawah ini link pembelian kabel aki rumah sekring yamaha vixion old lama original.

kabel aki sekring yamaha vixion old original

Link pembelian KLIK DISINI



Demikian ulasan tentang lampu indikator yamaha vixion ini kami bagikanl, Terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.






Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup"


Tinggalkan Komentar Disini