Kupas Habis Apa itu Tabungan Reksadana Hingga Keunggulannya Untuk Investasi

Kupas Habis Apa itu Tabungan Reksadana Hingga Keunggulannya Untuk Investasi
Picture by :
02 Januari 2022 » Post by : Admin@Wibloog
Buat akun bank jago dapet 100 ribu

Sebagai generasi milenial Anda wajib mempersiapkan hari tua dengan menyimpan tabungan Reksadana. Namun apa itu tabungan Reksadana? Menggunakan tabungan ini sebagai modal investasi masa depan merupakan langkah yang tepat guna memenuhi setiap kebutuhan Anda dan keluarga di hari tua.

Meskipun masih berada di usia muda dan produktif, tetapi hal ini tidak boleh menurunkan semangat Anda untuk menabung. Pasalnya investasi yang menguntungkan perlu dimulai sejak dini. Saat ini sudah banyak jenis tabungan yang dapat Anda coba lakukan, salah satunya adalah tabungan Reksadana. 

Nah untuk mengetahui informasi lebih jelas tentang pengertian dan keuntungan Reksadana, yuk simak ulasan di bawah ini yang akan kami bahas khusus untuk Anda. 

Selama #adajenius  Bayar tagihan apa pun bisa di 1 aplikasi

Apa itu Tabungan Reksadana?

Sebelum membahas lebih jauh tentang Reksadana, sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu pengertiannya. Jadi, Reksadana adalah sebuah wadah atau himpunan yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari pemodal yang kemudian diinvestasikan melalui Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Dalam melakukan tabungan Reksadana ini ada beberapa pihak yang akan terkait seperti Manajer Investasi, Agen Penjual Efek Reksadana, dan Bank Kustodian. Tugas Manajer Investasi adalah untuk mengelola portofolio, sedangnan Bank Kustodian berperan sebagai pihak yang melakukan pencatatan dan administrasi aset Reksadana yang dimiliki.

Untuk membuat perencanaan keuangan yang baik, daftar Reksadana merupakan langkah yang tepat. Pasalnya disini Anda hanya berperan sebagai pemodal dan tidak perlu khawatir akan dana yang dikelola nantinya. Bukan tanpa alasan, hal ini karena segala masalah keuangan dan tabungan akan ditangani oleh pihak Manajer Investasi sehingga mendapatkan keuntungan yang akan Anda rasakan nantinya.

Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah


Tabungan Reksadana sendiri kini memiliki berbagai jenis yang pastinya harus Anda ketahui agar bisa menyesuaikan dengan tujuan keuangan dan kemampuan finansial yang dimiliki. Adapun beberapa macamReksadana adalah sebagai berikut:

  • Reksadana Pasar Uang (RDPU)
  • Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT)
  • Reksadana Terproteksi
  • Reksadana Campuran
  • Reksadana Index
  • Reksadana Saham

Setelah mengetahui apa itu tabungan Reksadana dan jenis-jenis, sekarang Anda bisa langsung mencari Manajer Investasi yang terpercaya untuk merealisasikan tabungan yang Anda inginkan. Namun jika Anda masih ragu, berikut ini akan kami ulas apa saja kelebihan tabungan Reksadana. 

Bukalapak


Kelebihan Tabungan Reksadana

Berbeda dari jenis tabungan investasi lainnya, Reksadana bisa dibilang sebagai jenis tabungan yang lebih ringan risiko dan mudah dilakukan. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait apa saja kelebihan tabungan Reksadana, let’s check this out!

1. Mudah Dipelajari
Yang menarik dari jenis tabungan investasi yang satu ini adalah mudah dipahami. Anda hanya cukup mendatangi pihak Manajer Investasi untuk mulai membeli produk yang diinginkan. Lalu Manajer Investasi akan mengarahkan terkait detail informasi produk kepada Anda. Setelah produk berhasil dibeli, Anda akan mendapatkan laporan perkembangan secara rutin yang dilakukan oleh Manajer Investasi yang Anda pilih. Mudah bukan?

2. Penawaran yang Beragam
Seperti yang kita ketahui dari apa itu tabungan Reksadana, jenis investasi ini juga menawarkan produk yang beragam. Umumnya produk yang disuguhkan dibagi menjadi dua, yaitu Reksadana Syariah dan Reksadana Konvensional. Pihak Manajer Investasi akan memberikan keleluasan untuk Anda sebagai investor akan memilih jenis yang mana.

Sanofiofficial Shopee


3. Modal Terjangkau
Dengan menggunakan investasi Reksadana, Anda tidak perlu khawatir akan modal awal. Pasalnya investasi ini menyediakan kebebasan untuk Anda sesuai dengan uang yang disiapkan. Bahkan tidak jarang Manajer Investasi yang menawarkan modal mulai dari 50 ribu rupiah saja. Hal ini juga tentunya memudahkan pelajar atau kaum milenial lainnya untuk berinvestasi sejak dini.

4. Risiko Rendah
Meskipun dengan modal yang terjangkau, tetapi tidak menutup kemungkinan risiko yang rendah pula. Perlu Anda ketahui bahwa tabungan Reksadana ini memiliki risiko kerugian yang minim. Bahkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, cara penanganannya pun cukup mudah diantisipasi. Inilah kenapa Anda wajib memulai tabungan Reksadana terbaik untuk menabung uang guna kepentingan masa depan. 

5. Dikelola oleh Profesional dan Transparan
Tidak perlu takut jika investasi dilakukan oleh Manajer Investasi, pasalnya Manajer Investasi ini biasanya akan bekerja secara profesional dan memberikan informasi terkait perkembangan investasi yang dilakukan secara transparan kepada Anda. Sehingga Anda hanya perlu duduk manis di rumah menunggu penghasilan yang didapatkan.

Tokopedia Tekno Jaminan Harga Termurah


6. Mudah Diakses
Seiring dengan perkembangan zaman, hal ini membuat investasi Reksadana mudah diakses secara online. Manajer Investasi akan memberikan informasi dan semua detail terkait tabungan Anda menggunakan internet sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Bahkan transaksi jual beli Reksadana juga bisa dilakukan secara daring. Menarik bukan?

7. Cocok untuk Segala Kalangan
Tabungan Reksadana sangat cocok digunakan oleh semua kalangan yang ingin menginvestasikan uangnya guna kepentingan masa depan dalam jangka panjang. Meskipun Anda masih sekolah atau belum memiliki penghasilan, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba jenis investasi yang satu ini. Bukan tanpa alasan, modalnya yang murah ditambah dengan prosesnya yang mudah, dijamin akan membantu Anda mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Nah itulah berbagai informasi terkait apa itu tabungan Reksadana hingga keuntungan menggunakan investasi Reksadana. Apakah Anda sudah yakin untuk mulai menabung menggunakan jenis investasi yang satu ini? 




Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Kupas Habis Apa itu Tabungan Reksadana Hingga Keunggulannya Untuk Investasi"


Tinggalkan Komentar Disini