Kenapa Produk Buatan China bisa Murah Meriah? Ini Alasannya 

Kenapa Produk Buatan China bisa Murah Meriah? Ini Alasannya 
Picture by : freepik.com
16 September 2021 » Post by : Admin@Wibloog

Saat berbelanja di marketplace barang dari luar negeri khususnya China, Anda pasti sering menemukan barang yang murah. Kenapa produk buatan China bisa murah meriah dibandingkan di Indonesia?  Apalagi produk yang sudah masuk mall, apa karena pajak yang tinggi sehingga barang jadi lebih mahal? Fenomena ini membuat lebih banyak orang beli barang di Cina secara online dibandingkan produk lokal. Simak apa saja alasannya.

Alasan Kenapa Produk Buatan China bisa Murah Meriah

Cina adalah salah satu negara yang terbesar di Asia dan menjadi negara berkembang pesat. Bukan hanya itu saja kekuatan ekonomi China adalah terkuat kedua di dunia menurut Organisasi perdagangan Dunia (WTO). 

Salah satu hal yang bisa dilihat dari kekuatan ekonominya adalah mereka berani untuk memasarkan produk dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan negara lain. Indonesia tentu termasuk negara sasaran perdagangan China. Lalu kenapa produk buatan China bisa murah meriah daripada buatan lokal Indonesia? Tentu hal 


1. Biaya Produksi di China yang Efisien

Alasan pertama mengapa sebuah produk jadi murah tentu berasal dari proses produksinya. Negara China hampir semua perusahaan membekali produksi dengan mesin buatan sendiri yang harganya jauh lebih murah dibandingkan beli dari negara lain. 

Harga yang lebih murah ini tentu berdampak besar terhadap produk yang dihasilkan jadi jauh lebih murah. Berbeda dengan negara lain termasuk Indonesia yang sibuk membeli mesin harga mahal buatan Eropa atau Amerika. 


2. Pandai dalam Mengkopi Produk 

Alasan kenapa barang impor lebih murah dari barang lokal adalah mereka tidak berlama-lama dalam menciptakan produk baru. Ketika perusahaan dari negara lain menciptakan produk, mereka dengan cepat melakukan penjiplakan. 

Hemat waktu dan produk yang dibuat menggunakan bahan murah agar nantinya bisa dijangkau oleh kalangan kelas menengah ke bawah. Hal ini berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan untuk penelitian dan pengembangan produk. 

3. Tidak Ada Asuransi untuk Pekerja

Cina kaya akan SDM yang dibayar lebih murah dibandingkan pekerja di Indonesia. Jika mesin saja mereka buat sendiri agar bisa mendapatkan produk murah, begitu juga dengan SDM. 

Daripada harus menyewa tenaga asing, mereka lebih memilih memanfaatkan SDM dalam negeri. Ditambah lagi tidak ada asuransi yang harus dibayarkan perusahaan kepada perusahaan asuransi milik pemerintah. 

Meskipun tidak ada asuransi dan juga SDM murah, tapi setiap perusahaan memperhatikan hak pekerja dengan baik. Baik itu soal perhitungan upah dan juga bonus. 


4. Tidak Memperhatikan Lingkungan 

Sekilas tidak berhubungan dengan harga produk, tapi nyatanya sebuah perusahaan yang beroperasi membutuhkan biaya untuk pengendalian dampak limbah. Saat ini sudah banyak perusahaan yang tidak memperhatikan bahkan menghapus soal ini. 

Dampaknya tentu sangat besar terhadap biaya produksi yang jauh lebih murah. Namun efek buruk yang didapatkan tentu sangat cepat, buktinya tingkat polusi di China adalah yang terburuk di dunia. 

5. Sistem Pajak yang Menguntungkan

Kenapa produk buatan China bisa murah meriah? Pertanyaan ini ternyata dijawab dengan sistem pajak yang berbeda yaitu Valued Added Tax (VAT). Di mana perusahaan yang mengekspor barang ke luar negeri nantinya akan mendapatkan kembali pajak tersebut. 

Contohnya pada saat Indonesia melakukan impor dari China maka Indonesia perlu membayar VAT yang nantinya didapatkan oleh perusahaan China. Sedangkan ketika yang terjadi adalah sebaliknya, perusahaan di Indonesia tidak mendapat keuntungan dari pajak karena tidak adanya sistem VAT. 


6. Ongkos Kirim Cenderung Lebih Murah

Dekatnya lokasi Indonesia dan China membuat biaya ongkos kirim jauh lebih murah, khususnya untuk produk online. Beberapa bahkan lebih murah dibandingkan logistik antar pulau di Indonesia. Penyebabnya adala infrastruktur pelabuhan di Indonesia belum memadai hingga tarif pun lebih mahal.

7. Tidak Adanya Pembatasan Pedagang China secara Online

 Alasan terakhir adalah tidak adanya pembatasan pedagang asal China yang bisa diakses di Indonesia. Penyebabnya adalah platform penyedia memerlukan valuasi agar memperoleh pendanaan operasi dan platform tersebut. Akibatnya harga yang murah dari pedagang China tidak dapat dikontrol dan bisa mematikan usaha lokal seperti UMKM. 

Ketujuh alasan kenapa produk buatan China bisa murah meriah ini tentu memberikan dampak yang menguntungkan bagi konsumen, tetapi tidak untuk ekonomi Indonesia. Oleh karena itulah edukasi kepada masyarakat untuk lebih memilih barang lokal diperlukan.


Artikel Terkait
Cara Beli Voucher Google Play di Aplikasi DANA
Cara Beli Tiket Kereta Api di Bukalapak
Nulis Sendiri atau Beli Artikel untuk Konten SEO yang Optimal
Cara Beli Token Listrik Menggunakan Aplikasi DANA
Tempat Jual Beli Madu Sarang di Medan
Tips Cara Belanja di Marketplace Jual Beli Online agar Tidak Rugi dan Tertipu
Tempat Jual Beli Tanaman Hias Kaktus dan Sukulen
Tutorial Cara Install Website Ecommerce Menggunakan Prestashop Bagian I
Daftar Situs Jual Beli Peralatan Dapur Lengkap
Jual Beli Online Peralatan Mesin Makanan dan Minuman Terlengkap yang Ingin Memulai Usaha Berjualan

Ada 0 Komentar di "Kenapa Produk Buatan China bisa Murah Meriah? Ini Alasannya "


Tinggalkan Komentar Disini