Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Program Affiliate Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Program Affiliate Marketing
203 view • 05 Januari 2022

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog
Ads Promote Bukuwarung

Affiliate marketing menjadi salah satu program yang banyak di lakukan orang untuk mendapatkan penghasilan sampingan, hanya bermodalkan platform sosial media, website, blog dan sebagainya. Mereka hanya memberikan link dan banner iklan yang disebarkan ke berbagai platform sosial media atau blog, agar link tersebut di klik oleh pengunjung sesuai niche yang di inginkan.

Program affiliasi menjadi salah satu pilihan cara marketing sebuah marketplace, penyedia layanan hosting, online shop dan lain sebagainya, memang target yang ditujukan benar - benar terealisasi, kenapa demikian?  karena program affiliasi akan mendapatkan reward atau komisi jika benar-benar produk yang dibagikan terjual.

Program affiliasi bukanlah hal yang baru, akan tetapi saat ini tren affiliate marketing menjadi hal yang menarik, pasalnya semua orang bisa berjualan tanpa harus memiliki barang, Anda cukup menggunakan link yang di sediakan oleh merchant, kemudian kita hanya cukup mempromosikan lewat sosial media, youtube, blog, website, komunitas group dan lain-lain.

Baca juga Apa itu Internet Marketing

Tidak semua orang bisa menggunakan program affiliasi, karena ada beberapa syarat yang harus di penuhi, mulai dari jumlah follower sosial media kalian dan trafik blog. Nah berikut dibawah ini yang menjadi Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Affiliate Marketing.


Ads Promote Shopee

Kelebihan Program Affiliasi

Pertama kita bahas kelebihan dari program affiliasi, karena banyak sekali di luar sana yang berhasil dalam menjalankan program affiliasi dengan penghasilan jutaan hingga belasan juta.

  1. Poin pertama adalah kita cukup menyediakan sebuah platform sosial media, blog, group atau sebagainya untuk menyebarkan promosi affiliasi.
  2. Kita tidak perlu menyediakan stok barang atau layanan jasa, kita cukup menyebarkan link promo dan banner yang di berikan oleh merchant atau penyedia affiliasi.
  3. Pekerjaan affiliasi tidak membuat kita terikat kerja, karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui platform online.
  4. Komisi yang diberikan oleh pihak merchant sangat menguntungkan, pasalnya setiap penjualan yang berhasil melalui program affiliasi mendapatkan komisi diatas 1% hingga ratusan ribu, tergantung program affiliasi yang Anda ikuti.
  5. Sistem program affiliasi dilakukan secara online.
  6. Media platform yang digunakan sangat mendukung, Anda bisa melakukan promosi affiliasi melalui smarthphone, tablet, laptop dan komputer.
  7. Jika Anda memiliki channel youtube yang sudah memiliki viewer dan jumlah subscriber banyak, Anda bisa memanfaatkan link promo di kolom deskripsi berdasarkan video review.

Ads Promote Bukalapak

Kekurangan Affiliasi

Mendapatkan keuntungan dari program affiliasi tentu tidak mudah, Anda harus membangun sebuah tahapan untuk menjaring sebuah audien dan pengunjung, agar program affiliasi Anda berjalan dengan lancar, berikut dibawah ini kekurangan dari program affiliasi.

  1. Untuk melakukan program affiliasi, Anda harus memiliki sebuah sosial media, blog atau website untuk mempromosikan program affiliasnya.
  2. Program affiliasi memiliki syarat dan ketentuan yang harus di penuhi, misalkan harus memiliki follower sosial media diatas 1000, jika Anda menggunakan blog harus memiliki trafik minimal 500 view setiap harinya.
  3. Sulitnya mencari target market yang sesuai dengan program affiliasi, karena setiap audien itu memiliki kebutuhan dan ketertarikan yang berbeda-beda.
  4. Mendapatkan penghasilan besar melalui program affiliasi itu tidak mudah, karena harus memiliki follower dan trafik yang tinggi, karena jumlah follower dan trafik yang banyak memungkinkan link affiliasi kita di klik.
  5. Setiap audien yang klik link affiliasi kita belum tentu melakukan transaksi, karena kebanyakan program affiliasi adalah CPS (Cost Per Sale), jadi jika tidak terjadi transaksi penjualan, maka kita tidak mendapatkan komisi.
  6. Bagi pengguna website atau blog sebagai tempat program affiliasi, kita harus membuat slot banner, karena tidak semua merchant affiliasi memberikan gambar iklan dalam bentuk banner.
  7. Promosi program affiliasi di sosial media mengharuskan kita selalu update setiap hari, agar follower yang kita miliki mendapatkan update yang terbaru, selain itu kita harus memberikan konten-konten edukasi yang informatif, sehingga tidak semua konten yang kita bagikan itu adalah affiliasi.
  8. Tidak semua produk dan jasa bisa mengikuti program affiliasi, contohnya affiliasi di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee yang memiliki rating tinggi.

Ads Promote Pinjaman Online Kreditlist Bunga Rendah

Demikian ulasan ini kami bagikan, Semoga tulisan ini menambah wawasan Anda tentang program affiliasi, Terima kasih juga telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat.

Ads Promote Tokopedia Tekno Jaminan Harga Termurah





Rekomendasi untuk Anda

Artikel Terkait
Ads Promote Domain Hosting Murah


Ada 0 Komentar di "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Program Affiliate Marketing"


Tinggalkan Komentar Disini