Fungsi dan Kegunaan Sepatu Safety Untuk Para Pekerja

Fungsi dan Kegunaan Sepatu Safety Untuk Para Pekerja
92 view • 22 Maret 2022

Picture by : freepik.com • Post by : Admin@Wibloog

Kita sering mendengar penggunaan sepatu safety di berbagai tempat kerja khususnya untuk tempat yang sangat ekstrem. Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih lanjut mengenai fungsi dan kegunaan sepatu safety untuk para pekerja. Dengan informasi ini semoga bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk tetap menggunakan salah satu alat safety wajib. 

Ya, sepatu safety adalah salah satu alat safety yang ada di dunia kerja. Lalu apa saja sih tugas utama dari sepatu ini? Seperti apa fungsi dan kegunaannya secara lengkap? Daripada penasaran langsung saja kita bahas secara lengkap di artikel satu ini. 

Fungsi dan Kegunaan Sepatu Safety

Cedera kaki merupakan salah satu akibat fatal yang seringkali terjadi di lingkungan kerja. Menggunakan sepatu safety merupakan salah satu pencegah terbaik. Alat keselamatan dan keamanan kerja satu ini secara umum memang digunakan untuk melindungi kaki di lingkungan kerja yang ekstrem. Apa saja fungsi dan kegunaanya, yuk silakan simak dibawah ini.





Melindungi Dari Benda Yang Jatuh


Ketika para pekerja membawa material berat ada kemungkinan berbagai material berat terjatuh dan menimpa pekerja. Sepatu safety memiliki kemampuan untuk melindungi kaki dari berbagai objek ini. Beberapa jenis alas kaki terdapat pelindung jari yang terbuat dari besi kuat sehingga melindungi dari cedera kaki. 


Melindungi Kaki Dari Benda Tajam


Terkadang lingkungan para pekerja sendiri tidak terhindarkan dari berbagai jenis benda tajam. Misalnya pecahan kaca berserakan di lantai, kemudian material bangunan seperti paku, dan sebagainya. Nah, jenis alat safety satu ini biasanya di desain secara khusus untuk melindungi dari tusukan langsung benda tajam. Selain itu kualitas sepatu safety yang baik juga memberikan perlindungan dari sayatan benda tajam juga.


Melindungi Kaki Dari Alat Potong Yang Berbahaya


Di beberapa lingkungan kerja terdapat alat potong yang sangat berbahaya sehingga membutuhkan perlindungan tambahan para pekerjanya. Salah satunya sudah pasti sepatu safety ini. Sepatu safety berfungsi sebagai pelindung kaki dari bahaya alat potong yang ada di dalam lingkungan kerja. Beberapa sepatu memiliki standar tertentu misalnya OSHA, untuk keperluan keamanan dan keselamatan.


Melindungi Kaki Dari Aliran Listrik


Sengatan listrik menjadi salah satu resiko terbesar di lingkungan kerja. Salah satu peran utama dari alat safety atau alat k3 adalah melindungi serta mencegah pekerja terkena sengatan listrik. Sepatu keamanan dan keselamatan yang berkualitas biasanya menggunakan bahan material non konduktif sehingga mampu mencegah sengatan listrik. Jika Anda bekerja di lingkungan kerja yang banyak aliran listrik, pelindung kaki satu ini adalah solusi yang terbaik.


Melindungi Dari Lantai dan Permukaan Licin


Menurut beberapa sumber, terpeleset sampai terjatuh merupakan salah satu kecelakaan yang amat sangat sering terjadi di lingkungan kerja. Sepatu yang memenuhi standar keamanan dan keselamatan kerja biasanya memiliki bahan terbaik yang tidak licin. Sepatu ini memiliki cengkraman yang sangat kuat dan tidak mudah selip, sehingga akan membantu menghindarkan kita terpeleset sekalipun permukaan tersebut itu licin.


Mencegah Kelelahan


Beberapa sepatu safety dibuat dengan tingkat kenyamanan yang sangat tinggi. Bagi pekerja yang berdiri seharian di permukaan yang keras biasanya akan sangat kelelahan. Otot kaki seperti tungkai akan terasa sakit, dan dalam jangka panjang juga bisa mempengaruhi punggung dan sebagainya. Sepatu dengan standar terbaik akan memiliki bantalan yang sangat cocok untuk pekerjaan seperti ini sehingga tidak akan cepat lelah.


Perlindungan Dari Api


Salah satu kecelakaan kerja lainnya yang sering terjadi adalah terbakar oleh api, terutama untuk para pekerja yang terdapat cairan kimia. Beberapa sepatu safety juga dibuat menggunakan standar keamanan mencegah terjadinya kebakaran lebih parah. Dengan ini, sepatu bisa melindungi kulit dari api.


Perlindungan Dari Cuaca Ekstrem


Jika Anda pernah melihat orang yang mendaki gunung, pasti sudah pernah melihat terkadang mereka menggunakan sepatu khusus. Nah, sepatu safety ini juga mampu melindungi dari cuaca dan lingkungan ekstrem. Mulai dari perlindungan dari air, panas, dingin, dan sebagainya.



Kesimpulan 

Itu dia beberapa fungsi dan kegunaan dari sepatu safety yang mungkin bisa dipelajari. Sangat banyak bukan manfaatnya? Jika anda masih belum menggunakan jenis alas kaki satu ini, terutama jika bekerja di lingkungan ekstrem maka sebaiknya segera gunakan. Ada banyak tempat yang jual sepatu safety berkualitas untuk dikunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat ya? Terima kasih.




Ads Promote Domain Hosting Murah

Artikel Terkait


Ada 0 Komentar di "Fungsi dan Kegunaan Sepatu Safety Untuk Para Pekerja"


Tinggalkan Komentar Disini