Saus Teriyaki - Short and Sweet

Saus Teriyaki - Short and Sweet
Picture by : #
11 September 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Chicken teriyaki, beef teriyaki, oyakodon, dan banyak masakan Jepang lain memiliki ciri khas gurih yang berbeda dari masakan lainnya. Berbeda dengan masakan Indonesia yang mendapatkan rasa gurih dari rempah dan protein hewani, didalam masakan Jepang sumber rasa gurih bisa didapat dari protein nabati. Mungkin bagi sebagian kita sebagai orang Indonesia merasa tidak cocok dengan cita rasa tersebut, tapi percayalah protein nabati bisa memberikan sensasi ledakan umami bagi indera pengecap kita. Protein nabati yang sering digunakan didalam masakan Jepang salah satunya adalah nori atau rumput laut, shoyu atau sering dikenal dengan saus hitamg Jepang, dan kedelai.

Chicken Teriyaki

Beef Teriyaki

Oyakodon

 

Kedelai disini dalam artian sudah diolah menjadi tahu ataupun di fermentasi menjadi kecap asin karena memang Jepang masih tidak familiar dengan kecap manis. Ada hal yang bisa dilakukan dengan kecap asin, salah satunya adalah menjadikannya saus teriyaki. Saus ini termasuk salah satu saus yang banyak digunakan pada masakan Jepang. Tapi mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa saus ini sangat simple untuk dibuat.

 

Inti dari saus Teriyaki ini hanyalah kecap asin + gula + air dan dimasak sampai reduce (sat / airnya berkurang). Hanya saja jika kita meninjau resep otentik dari saus teriyaki ini, tidak hanya terdiri dari kecap asin dan gula saja, tetapi juga mengandung mirin dan sake dimana kita tahu dua komponen itu tidak bisa dikonsumsi oleh saudara-saudara kita yang muslim karena mengandung alkohol, dan juga kecap asin yang digunakan sebenarnya adalah japanese soy sauce atau black soy sauce (merk terkenal dari jenis kecap asin ini adalah kikkoman) dimana kecap asin ini juga mengandung mirin yang mengandung alkohol.

 

Kikkoman soy sauce

Bisa diganti dengan kecap asin lokal

Mirin jepang yang bisa diganti dengan gula pasir

Untuk itu kita coba filter bahan-bahan tersebut untuk mendapatkan saus teriyaki yang halal. Sebagai pengganti mirin, kita bisa menggunakan gula pasir. Karena mirin memiliki cita rasa yang manis. Dan untuk pengganti sake, kita bisa menggunakan air. Fungsi sake disini sebenarnya untuk melarutkan mirin dengan kecap asin dan kandungan alkohol didalam sake akan membuat panas didalam saus tetap stabil sehingga tidak budah gosong.

Campurkan semua bahan, aduk hingga larut dan masak dengan api kecil. Tambahkan air secukupnya (jangan sampai terlalu encer) dan sambil terus diaduk, tunggu hingga reduce. Jangan lupa periksa rasa manis nya. Saus ini memiliki rasa manis tapi tidak mendominasi. Hingga kita bisa mendapatkan rasa gurih dari kecap asin dengan efek sensasi manis didalam nya dan atur kekentalan nya hingga menjadi seperti pada gambar dibawah ini.

Hasil akhir saus teriyaki

 

Selamat Mencoba



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "Saus Teriyaki - Short and Sweet"


Tinggalkan Komentar Disini