Perbedaan Mengendarai Mobil Bertransmisi AMT dengan Transmisi Manual yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Mengendarai Mobil Bertransmisi AMT dengan Transmisi Manual yang Perlu Anda Ketahui
Picture by : #
03 September 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Perkembangan teknologi otomotif roda empat yang kini banyak disematkan pada mobil mobil generasi baru yang memiliki fitur dan kemudahan berkendara, sehingga fun to drive saat dikendarai.

Teknologi transmisi saat ini sudah banyak dikembangkan baik manual konvensional maupun automatic transmission, belakangan ini mobil menggunakan transmisi otomatis sangat banyak diminati, karena simple dan sangat mudah di gunakan.
Teknologi transmisi manual sendiri tidak  banyak perubahan sama sekali, ubahan ubahan yang sering terjadi pada transmisi manual adalah perubahan rasio gear dan jumlah percepatan yang memungkinkan mobil dapat melakukan akselerasi yang tepat saat berkendara.

Berikut ini ulasan mengenai Transmisi Manual dengan Transmisi AMT

Transmisi AMT


Transmisi AMT

Teknologi transmisi AMT atau di sebut dengan Automatic Transmission Manual yang menggunakan konsep gearbox actuator modul tambahan yang mengatur perpindahan gigi dari manual menjadi otomatis dengan menggunakan teknologi bantuan komputer yang sangat kopleks.

Transmisi AMT berbeda dengan transmis Automatic Konvensional dan Automatic CVT yang sama sama menggunakan sistem otomatis, produsen modul actuator pada mobil mobil bertransmisi AMT yang beredar salah satunya di produksi oleh BOSCH, Magneti Marelli, Aisin dan FICOSA.

Skil mengendarai mobil transmisi AMT sangat diperlukan karena berbeda dengan transmisi otomatis konvensional dan otomatis CVT. Transmisi AMT memiliki perbedaan saat melakukan akselarasi dimana perpindahan giginya menggunakan bantuan Gearbox Actuator dan ECU yang menggantikan pedal kopling dengan hidrolik.

Ada banyak pertanyaan seputar pengguna mobil transmisi AMT yang terkesan agak ndut ndutan dan respon yang lambat saat perpindahan gigi, teknologi transmisi AMT dibutuhkan pemahaman dan kebiasaan agar perpindahan gigi terasa smooth.

Transmisi ini dibilang sangat simple, karena perpindahan gigi bisa menggunakan mode manual naik dan turun. Kepraktisan mengendarai mobil dan impresi berkendara di jalanan yang macet menjadi salah satu alasan untuk memilih mobil bertranmisi AMT.

Transmisi Manual

Transmisi Manual

Sudah pasti banyak yang tau mengenai transmisi manual, karena pemakaian, biaya dan perawatannya sangat mudah, banyak dijumpai berbagai jenis merek mobil yang menggunakan transmisi ini. Salah satu hal yang mendasar penggunaan transmisi manual adalah perpindahan gigi dengan rasio gear di rpm tertentu yang di control penuh oleh pengemudi.

Mengemudi mobil menggunakan transmisi manual bagi pemula membutuhkan skill dan pemahaman yang tidak bisa mahir dalam 1 hari atau 2 hari, karena meyesuaikan pijakan pedal gas dan kopling yang menyesuaikan putaran mesin kapan akan menaikan dan menurunkan gigi.

Tidak hanya menaikan dan menurukan gigi, feeling berkendara saat di tanjakan dan di jalan macet membutuhkan tenaga dan teknik tersendiri agar mobil tidak terjadi tenaga konstan dan menjaga putaran rpm tetap dibawah.

Mobil bertransmisi manual memiliki kelebihan yang tidak ada di transmisi otomatis AMT yaitu akselerasi yang konstan dan perpindahan gigi yang smooth menjadikan transmisi ini banyak di pililh, selain akselerasi, mobil juga terasa sangat mudah di kendalikan saat memanuver dan dibawa melaju dengan kencang.

 

Demikian ulasan ini kami sajikan, semoga bermanfaat

 




Artikel Terkait
Fitur Unggulan Suzuki APV yang Jadi Incaran Keluarga
Suzuki XL5 Pengganti Karimun Wagon R
Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan 5 Tahunan
ACR Rent Car Tempat Rental Mobil di Pekanbaru Riau
Daftar Harga Mobil Daihatsu OTR Pekanbaru Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Toyota OTR Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Suzuki Wilayah Medan Sumatera Utara Terbaru
Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?
Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic
Biodiesel Sebagai Alternatif Penggunaan BBM Kendaraan

Ada 0 Komentar di "Perbedaan Mengendarai Mobil Bertransmisi AMT dengan Transmisi Manual yang Perlu Anda Ketahui"


Tinggalkan Komentar Disini