6 Hal Persiapan Jika Ingin Bekerja di Perkantoran Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit

6 Hal Persiapan Jika Ingin Bekerja di Perkantoran Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit
Picture by : #
01 September 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Banyak diluar sana yang bertanya tanya tentang perusahaan kelapa sawit dan apa saja yang di kerjakan oleh seorang karyawan yang bekerja di perkebunan, di Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penyumbang ekspor kelapa sawit terbesar di dunia, tidak heran jika banyak di daerah daerah Indonesia memiliki komoditas utama mereka adalah sawit.

Berangkat dari perkebunan kelapa sawit yang tidak serta merta yang di kerjakan adalah pengolahan kelapa sawit menjadi sebuah CPO. Kegiatan di perkebunan kelapa sawit itu sangat kompleks seperti kegiatan panen, produksi panen, pemeliharaan,transportasi, penimbangan, gudang dan logistik sehingga di butuhkan ilmu dan pengalaman dibidang perkebunan kelapa sawit.

Berikut di bawah ini persiapan untuk bekerja di perkantoran perushaan perkebunan kelapa sawit

1. Ilmu Pertanian


Mempelajari dasar ilmu pertanian kelapa sawit dengan mencari tau istilah istilah yang digunakan dalam praktik sehari hari di lapangan seperti afdeling, blok, tph, rotasi panen, asisten, mandor panen dan kerani. Ada juga istilah tentang jenis tanaman seperti Bibitan, TBM (Tanaman Belum Menghasilkan), TM (Tanaman Menghasilkan) dan Replanting. 

Setiap perusahaan kelapa sawit pasti memiliki budaya dan cara pengelolaannya yang berbeda pula, tidak banyak juga perusahaan kelapa sawit indonesia yang masih menerapkan sistem tradisional jaman Kolonial Belanda dalam urusan administrasi maupun dilapangan.

2. Produksi Panen

Produksi panen merupakan bagian dari kegiatan rutin yang di lakukan di perkebunan kelapa sawit seperti hasil jumlah Tandan Buah Segar (TBS), produksi perhari, tandan per pohon dan berat janjang rata rata.

Seorang kerani produksi melakukan rekap produksi panen, dari berbagai afdeling dan blok tahun tanam dari hasil panen dan penimbangan perharinya.

3. Perawatan / Pemeliharaan Kebun


Pemeliharaan adalah bagian dari kegiatan perkebunan kelapa sawit di lapangan sepeti babat gawangan, spray piringan, sensus hama dan penyakit, sensus pokok, pembuatan patok, pembuatan bedengan dan pemupukan baik organik maupun non organik.

Pekerjaan pemiliharaan diatas adalah salah satu dari beberapa kegiatan di perkebunan kelapa sawit, fungsi dari pemeliharaan adalah agar pohon kelapa sawit bebuah dengan optimal dan terhindar dari serangan hama.

4. Upah dan Premi

Upah adalah ketetapan yang di berikan kepada karyawan sesuai skala golongan dan jabatan dengan merujuk kepada peraturan pemerintah berkaitan dengan upah minimum di daerah masing masing.

Premi adalah nilai capaian yang di dapat dalam melakukan kegiatan perkebunan, seperti overtime, premi lebih basis panen, premi brondolan, premi pikul dan premi dapat basis yang dihitung berdasar komponen tertentu.

5. Traksi Kebun

Traksi kebun berkaitan dengan transportasi baik di dalam kebun maupun di luar kebun, angkutan dalam kebun biasa meliputi kegiatan langsir karyawan panen dan pemeliharaan, langsir tbs, langsir jangkos, langsir air dan langsir pupuk ke afdeling. 

Dibagian traksi terdapat penggunaan BBM Pelumas dan Sparepart kendaraan yang dipakai dan pencatatan pekerjaan traksi sesuai dengan HM/KM kendaraan.

6. Ilmu Komputer

Di era sekarang untuk mempermudah pekerjaan di butuhkan ilmu tentang komputer, salah satunya bagimana cara penggunaan aplikasi microsoft excel dan microsoft word dalam pencatatan pekerjaan di perkebunan.

Mengerti mengoperasikan komputer adalah salah satu keharusan di dunia perkantoran, karena dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan dalam jumlah banyak.

Beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit bisasnya sudah memililki aplikasi untuk mengolah data perkebunan kelapa sawit mereka seperti pengerjaan produksi panen, pemeliharaan, traksi kebun, upah dan premi serta pencatatan keuangan.

Jika ingin mendalami tentang perkebunan kelapa sawit, bisa dapat membeli buku tentang Panduan Lengkap Kelapa Sawit ISBN 979489995X by Iyung Pahan.

Demikian informasi ini kami sajikan, semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Cara Menghitung Premi Pemanen Sistem Borongan di Perkebunan Kelapa Sawit
Daftar Denda Panen Kelapa Sawit
Tren Harga Sawit Kampung di Tahun 2021
Peran IT dan Fungsinya di Perkebunan Kelapa Sawit
Selain Minyak Goreng, Pohon Sawit Bisa Menghasilkan Nira Menjadi Gula Merah
Pilih Mana Sistem DFT atau NFT dalam Berkebun Secara Hidroponik
Apakah Bertani Sawit masih Menjanjikan, Mari Simak Ulasannya
Cara Menghitung Beban Alat Berat dan Kendaraan Lainnya pada Traksi Perkebunan Sawit
Cara Menghitung Premi Pemanen Berdasarkan Komidel Panen
Perbedaan Upah dan Premi Karyawan Harian di Perkebunan Kelapa Sawit

Ada 0 Komentar di "6 Hal Persiapan Jika Ingin Bekerja di Perkantoran Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit"


Tinggalkan Komentar Disini