Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Memilih Bengkel Resmi VS Bengkel Non Resmi

Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Memilih Bengkel Resmi VS Bengkel Non Resmi
Picture by : #
21 Agustus 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Perawatan pada motor sangat penting agar mesin tetap keadaan prima, perawatan motor tidak serta merta harus masuk bengkel setiap hari untuk menjaga mesin selalu prima. Cukup dengan membersihkan dan lap motor itu sudah bagian dari perawatan yang ringan, seperti bagian bodi motor, lingkar dan mesin.

Mengganti oli mesin secara berkala membantu umur mesin lebih panjang, jadi tidak heran jika ada motor tua yang masih sehat dan prima di jalanan. Memilih bengkel merupakan salah satu hal yang penting agar tidak terjadi kerugian material maupun komponen mesin. Berikut ini kami ulas mengenai kelebihan dan kekurangan dalam memilih bengkel resmi dengan bengkel non resmi.


Motor baru sekarang memiliki regulasi yang berbeda beda dari pabrikan motor, salah satunya servis gratis dan servis berkala mulai dari 1000KM, 2000KM, 4000KM dan 8000KM dengan mengikuti aturan petunjuk buku panduan dan servis. Ada beberapa pengguna motor yang mengabaikan aturan regulasi yang di keluarkan oleh pabrikan motor karena berbagai alasan tertentu. Salah satu syarat motor yang mendapatkan garansi adalah harus mengikuti aturan petunjuk buku panduan dan servis yang telah di keluarkan oleh pabrikan motor.

Bengkel Resmi

Bengkel resmi motor adalah salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan walaupun di kelola oleh pihak ketiga yang telah melakukan kerjasama dengan pabrikan motor. Antusias orang melakukan servis motor secara rutin maupun servis berkala di bengkel resmi sangat banyak dikarenakan bengkel resmi memberikan fasilitas dan peralatan yang lengkap serta SDM Mekanik yang berpengalaman yang telah di bekali workshop tentang motor dan di sekolahin.

Kelebihan bengkel resmi memiliki standar SOP untuk menangani pelanggannya dalam melayani masalah pada motor mulai dari pendaftaran, servis, pergantian sparepart, pembelian sparepart dan keluhan pelanggan. Tersedianya ruang tunggu yang nyaman bagi palanggan yang melakukan servis, tersedianya suku cadang yang lengkap dan peralatan yang canggih dan lengkap, tersedianya servis gratis.

Kekurangan dari bengkel resmi yang paling sering terjadi adalah daftar antri yang sangat panjang, tidak dapat melihat langsung terhadap mekanik, mekanik yang berbeda beda, tidak ada daftar list histori atau riwayat kendaraan yang telah di servis dan pergantian sparepart yang tidak semestinya harus diganti.

Bengkel Non Resmi


Bengkel Non Resmi merupakan bengkel mandiri yang dibangun atas dasar skill dan pengetahuan motor yang baik. Bengkel non resmi juga menyediakan berbagai suku cadang motor mulai dari sparepart yang asli hingga yang berstandar SNI.

Bengkel non resmi yang baik biasanya menyediakan mekanik berpengalaman yang mengerti banyak jenis merek motor, tak jarang juga bengkel mandiri yang memiliki peralatan yang sangat lengkapp mulai dari tools kunci standar, tools kelistrikan, kompresor dan alat pendukung lainya. Kelebihan dari bengkel non resmi adalah pergantian sparepart bisa disesuaikan dengan kantong, bengkel langganan yang sudah lama, sudah akrab dengan mekanik sehingga motor dapat di tinggal, motor dapat di antar kerumah, perbaikan yang transparan dan mengkondisikan yang ada tanpa mengganti sparepart motor.

Kekurangan dari bengkel non resmi yang sering terjadi adalah menggunakan peralatan seadanya, memaksakan pergantian sparepart yang tidak sesuai, menggunakan part yang seharusnya sudah ganti, mekanik pemula sehingga motor dijadikan bahan percobaan dan pergantian sparepart yang tidak asli.

 

Demikian informasi ini kami sajikan, semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS

Ada 0 Komentar di "Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Memilih Bengkel Resmi VS Bengkel Non Resmi"


Tinggalkan Komentar Disini