4 Hal Persiapan Sebelum Gowes Jarak Jauh Buat Pemula 100 KM Endurance Road Bike

4 Hal Persiapan Sebelum Gowes Jarak Jauh Buat Pemula 100 KM Endurance Road Bike
Picture by : #
20 Agustus 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Bersepeda santai harian berbeda dengan bersepeda menempuh jarak jauh seperti mengikuti event atau bersepeda dengan group maupun komunitas. Banyak beberapa cyclist pemula yang belum mengetahui bagaimana persiapan dan teknik bersepeda jarak jauh, sehingga menyebabkan terjadinya kram di tengah jalan, kecapean dan tenaga habis, karena bersepeda jarak yang jauh harus memiliki persiapan yang matang dan juga mental. Berikut ini beberapa tips persiapan bersepeda jarak jauh:


1. Fisik

Mempersiapkan fisik dengan latihan, mengatur kecepatan dan mengkondisikan tubuh kita agar tidak kaget saat akan riding jarak yang jauh, paling mudah terlebih dahulu mengetahui jarak tempuh yang akan kita ikuti dan kemudian lakukan latihan minimal dalam satu minggu itu jarak yang di tempuh 100 KM jadi setiap akhir pekan bisa di akumulasikan berjumlah 100 KM agar terbiasa menghadapi rute yang jauh.


2. Pentingnya Passing

Mengontrol tenaga dengan passing sesuai dengan porsi tenaga, jangan memaksa mengikuti passing orang lain jika masih pemula, karena hal ini bisa mengakitbatkan fatal seperti kram dan kelelahan. Usahakan mempelajari rute dan latihan menyesuaikan atau menyerupai rute event yang akan di ikuti.

3. Persiapan Nutrisi

Nutrisi sangat penting sekali bagi cyclist yang akan melakukan event jarak jauh dengan mempersiapkan sebelum bersepeda, saat bersepeda dan setelah bersepeda.

  • Sebelum bersepeda, contohnya saat sebelum bersepeda tubuh kita membutuhkan karbohidrat, lemak dan protein dengan mengkonsumsi lebih dari biasanya saat makan ini disebut dengan istilah jaga makan.
  • Saat Bersepeda, stok minum saat riding agar terhindar dari dehidrasi minimal 30-50KM/600ml dan ditambah dengan minuman elektrolit seperti pocari. Sediakan makanan ringan seperti gula aren, kurma dan bengbeng karena saat riding di butuhkan energi yang berkelanjutan.
  • Setelah bersepeda,  tubuh kita butuh nutrisi lagi, maksimal 1 jam setelah riding waktu yang tepat untuk mengisi kembali nutrisi makan pada tubuh.


4. Mental

Mental bersepeda jarak jauh harus di persiapkan, jangan terlalu percaya diri, jangan nekat tanpa persiapan karena sangat berbahaya bagi diri sendiri dan jangan paksakan ikut event jarak jauh tanpa ada persiapan yang matang. Usahakan siapkan latihan fisik, nutrisi yang sesuai, passing sesuai kebutuhan dan mental yang bagus.

 

Demikian informasi ini kami sajikan, semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Fakta Valentino Rossi Pensiun Balapan Bagaimana Nasib Motogp
Dani Pedrosa Comeback, Valentino Rossi Pensiun dari Motogp
5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Outlet Rodalink Kini Hadir di Tokopedia
Sepeda Wimcycle kini Ada di Outlet Rodalink
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Perbedaan Performa Hub Bearing dengan Hub Pelor pada Sepeda
Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas

Ada 0 Komentar di "4 Hal Persiapan Sebelum Gowes Jarak Jauh Buat Pemula 100 KM Endurance Road Bike"


Tinggalkan Komentar Disini