Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh di Jalan Raya

Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh di Jalan Raya
Picture by : #
10 Agustus 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Halo sobat Bikers! Berkendara dengan motor merupkan hal yang unik, karena ketika saat mengendarai dengan  motor membutuhkan insting yang lebih seperti menggunakan kopling, menurunkan gigi, menikung dan reflek saat ada obstacle (hambatan). Mengedarai motor jarak jauh di jalan raya berbeda dengan saat mengendarai motor harian, karena jarak tempuh sangat jauh yang membutuhkan stamina, perlengkapan keselamatan berkendara dan motor yang prima.


1. Perlengakapan Keselamatan

Berkendara jarak jauh menggunakan motor memerlukan perlengkapan keselamatan, paling utama seperti helm, jaket motor, sarung tangan, sepatu dan tools peralatan kunci kunci utama motor standar. Gunakan helm yang berstandar SNI dan jangan lupa bawa surat kendaraan bermotor agar aman di jalan.


2. Periksa atau Servis Kendaraan

Sebelum berkendara jarak yang jauh, lakukan planing pengecekan sebelum berangkat dengan memastikan bahwa kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan prima. Salah satunya bisa anda lakukan pengecekan seperti oli mesin, lampu lampu utama, bagian pengereman, air radiator(jika menggunakan berpendingin ari cooling), jika terdapat feeling motor kurang enak dalam berkendara silakan lakukan servis ringan. Apabila terdapat komponen minta di ganti, maka harus di ganti karena berpengaruh rasa berkendara saat dijalan, contohnya kanvas rem, gear, rantai dan ban motor.

3. Stamina dan Tenaga

Mengendarai motor jarak jauh membutuhkan tenaga dan stamina di jalan, sebelum berangkat usahakan minum suplemen vitamin atau minuman obat tolak angin, persiapan jauh jauh hari lakukan olahraga ringan agar tubuh memiliki tenaga dan tidak mudah capek dan kram. Seperti pembalap pembalap motogp mereka selalu rutin berolahraga, karena berolahraga dapat menambah tenaga dan stamina tubuh.


4. Posisi Berkendara

Mengendarai motor dengan jarak tempuh yang jauh membutuhkan feeling rasa berkendara yang nyaman, dengan di bekali perlengkapan keselamatan seperti jaket motor, helm, sarung tangan dan sepatu membuat rasa percaya diri saat berkendara dengan motor bertambah. Jangan terlalu menunduk atau membungkuk saat riding, dan jangan terlalu tegak. Saat melakukan manuver berbelok atau menikung lakukan gaya menikung senyaman mungkin seperti halnya pembalap. Lakukan perpindahan gerakan posisi duduk jika dirasa sudah tidak sesuai, jangan di paksakan posisi selalu monoton, karena akan menimbulkan rasa capek dan bosan.

5. Cari Aman

Dijalanan umum tidak hanya pengguna motor, tetapi mobil seperti bus, mini bus dan truk. Gunakanlah jalur yang aman dan sopan saat bekendara dengan tidak membahayakan pengendara yang lain, jika akan melakukan manuver mendahului pengendara lain pastika jalur yang di lalui aman, pastikan tenaga motor dapat di geber, beikut ini hal hal yang perlu di perhatikan saat di jalan : 

  1. Jangan memaksa motor untuk mendahului jika power motor tidak mencukupi
  2. Jangan mendahului pengedara lain di posisi jalur yang menikung 
  3. Perhatikan rambu rambu dan marka jalan
  4. Gunakan kode kode tertentu dijalan seperti menghidupakan lampu sein kanan dan kiri saat akan berbelok dan berhenti.
  5. Selalu fokus di jalan 
  6. Tidak menggunakan ponsel saat berkendara
  7. Perhatikan indikator BBM motor, agar tidak kehabisan BBM di jalan
  8. Jika di rasa sangat lelah, silakan beristerahat di rest area

 

Demikan informasi ini kami sajikan, Semoga bermanfaat



Artikel Terkait
Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi

Ada 0 Komentar di "Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh di Jalan Raya"


Tinggalkan Komentar Disini