SIP Aplikasi ERP Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia

SIP Aplikasi ERP Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia
Picture by : wibloog.com
02 Agustus 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Tidak banyak yang tahu tentang aplikasi ERP Perkebunan kelapa sawit di Indonesia karena pengembang aplikasi ERP perkebunan terbilang masih sangat jarang, berikut kami jelaskan tentang aplikasi ERP Perkebunan Kelapa Sawit yang bernama SIP (Simply Information Platation).

SIP adalah nama baru yang sebelumnya adalah bernama Greenplantation, aplikasi ERP ini merupakan aplikasi customize atau menyesuaikan dengan model tradisi perkebunan yang sudah baku untuk di sesuaikan dengan ERP SIP, ERP SIP ini menggunakan sistem web base yang terintegrasi dengan database server. Apa saja modul yang ada di SIP, mari kita ulas secara ringkas mengenai modul yang ada satu per satu.

1. Personalia


Modul personalia adala salah satu dari modul yang lain yang mengelola payment payroll atau pembayaran gaji karyawan, baik itu karyawan harian maupun bulanan. Modul ini mencakup beberapa kegiatan yang ada di personalia contohnya seperti, perjalanan dinas, cuti, absensi, riwayat pegawai, tunjangan, gaji tahunan dan basis upah karyawan.

Sistem personalia ini berkaitan dengan upah dan premi bagian kebun, traksi dan pabrik yang di olah di setiap unit sehingga upah dan premi kebun, traksi dan pabrik saling terhubung. Modul ini juga terhubung dengan bagian keuangan dimana payment payroll yang telah tutup buku otomatis akan di jurnal ke bagian keuangan tanpa input manual satu persatu.

2. Gudang

Gudang adalah sumber dari biaya seperti penerimaan dan pengeluaran barang baik itu permintaan dari kebun maupun bagian umum. Modul gudang yang ada di SIP ini terhubung dengan bagian kebun dan keuangan, dimana bagian kebun meminta barang ke bagian gudang seperti pemakaian bahan dan alat untuk kegiatan pemeliharaan/perawatan maupun produksi panen.

Setelah bagian gudang mengeluarkan barang untuk keperluan kebun, maka akan ada pencatatan ke bagian keuangan dimana ada pengeluaran barang untuk pekerjaan pemeliharaan, maka secara otomatis bagian keuangan mendapatkan informasi ini dengan skema validasi jurnal.

3. Pembelian


Pembelian merupakan modul PR (Purchase Request) yang mengelola pesanan dan pengangkutan barang bagian kebun, pabrik dan bagian umum lainnya, untuk memenuhi persedian barang bagian gudang. Sama halnya dengan modul sebelumnya, bahwa modul ini terhubung dengan keuangan dalam hal pencatatan seperti persedian barang, suplier dan pajak ppn.

4. Kebun

Setiap perkebunan ada memiliki sedikit perbedaan dengan perkebunan lainnya, modul kebun yang ada di ERP SIP (Simply Information Plantation) mengelola bagian produksi panen, premi pemanen dan pengawas, pemeliharaan / perawatan kebun. Pemeliharan kebun meliputi kegiatan seperti Pembukaan Lahan, TBM (Tanaman Belum Menghasilkan), TM (Tanaman Menghasilkan) dan Bibitan. Kegiatan yang ada di kebun terhubung dengan keuangan yang berkaitan dengan upah dan premi yang dibebankan pada kegiatan pekerjaan pemeliharan / perawatan kebun.

5. Traksi Kebun


Modul traksi yang ada di SIP ini mengelola dan menangani kegiatan transportasi umum, perjalanan traksi, pengangkutan hasil panen dari afdeling, upah dan premi traksi. Modul traksi ini juga melakukan kegiatan permintaan sparepart dan bbm pelumas yang terhubung ke gudang. Pencatatan kilometer dan hour meter berdasarkan kegiatan perjalanan traksi yang akan didistribusikan ke pekerjaan di traksi disetiap masing masing kendaraan dalam bentuk Eksploitasi Alat Kendaraan.

6. Pabrik

Modul ini mengelola hasil panen dan di olah di pabrik menjadi produk seperti CPO, Kernel, Abu Janjang dan cangkang. Lebih detail lagi bahwa modul ini mencakup tentang TBS Oleh, Stok CPO, Stok Kernel, sounding dan rendemen CPO. Modul pabrik memiliki koneksi dengan data timbangan secara otomatis.

7. Penjualan

Modul ini hanya mengelola penjualan hasil dari produksi panen seperti kontrak CPO, Kernel dan pembayaran yang terhubung dengan bagian keuangan dalam hal penjualan.

8. Keuangan

Modul keuangan ini mengelola Kas dan Bank baik itu penerimaan pengeluaran dan pembayaran suplier, bagian keuangan ini menampung pencatatan dari seluruh modul seperti bagian payroll payment, gudang, pembelilan, kebun, traksi dan penjualan, semua modul terhubungan dengan modul keuangan. Laporan standar transaksi keuangan yang ada di SIP seperti jurnal transaksi, buku besar, neraca percobaan, balance sheet, HPP, Neraca dan Laba rugi.

Demikian informasi ini kami sajikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.

Informasi lebih detail mengenai Aplikasi SIP silakan hubungi kontak di bawah ini.

Kontak Bagian Marketing
Arief Adi Chandra +6281375832122, atau
Hattar Rinaldi +6281396868765,  Email: hattar.rinaldi@durioindigo.co.id

Alamat : Jl. Kapten Maulana Lubis No.9 - Medan
Telp Kantor : (061)30002772,  www.durioindigo.co.id




Artikel Terkait
Cara Menghitung Premi Pemanen Sistem Borongan di Perkebunan Kelapa Sawit
Daftar Denda Panen Kelapa Sawit
Tren Harga Sawit Kampung di Tahun 2021
Peran IT dan Fungsinya di Perkebunan Kelapa Sawit
Selain Minyak Goreng, Pohon Sawit Bisa Menghasilkan Nira Menjadi Gula Merah
Pilih Mana Sistem DFT atau NFT dalam Berkebun Secara Hidroponik
Apakah Bertani Sawit masih Menjanjikan, Mari Simak Ulasannya
Cara Menghitung Beban Alat Berat dan Kendaraan Lainnya pada Traksi Perkebunan Sawit
Cara Menghitung Premi Pemanen Berdasarkan Komidel Panen
Perbedaan Upah dan Premi Karyawan Harian di Perkebunan Kelapa Sawit

Ada 0 Komentar di "SIP Aplikasi ERP Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia"


Tinggalkan Komentar Disini