Waspada! Ini trik penipuan produk di toko daring yang tidak kamu sadari.

Waspada! Ini trik penipuan produk di toko daring yang tidak kamu sadari.
Picture by : #
30 Juli 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Di sebuah toko daring ada barang memori MicroSD dengan harga murah, wow siapa yang tidak tergiur dengan kapasitas 256GB dihargai cuman 98 ribu perak! Murah pisan euy..

Ini dia penipuan Micro SD yang sering terjadi di toko daring


Lihat produk ini, wah apakah aku sedang bermimpi? Ini barang murah banget sesuai dengan yang gue butuhin!

Tapi tunggu.. barangkali itu barang palsu, makanya harganya jadi murah. Hmm bener nggak ya? Coba lihat review barangnya ah.. Disitu barangnya sudah 160 kali terjual, Berarti sudah banyak yang beli juga nih. Kemudian coba lihat pembelinya pada puas nggak ya?

Wah… rating bintang 5 nya banyak, dan skor rata-ratanya 4,6. Berarti ini barangnya beneran murah dan memang asli. Oke sekarang langsung checkout dan bayar barangnya. Kapan lagi dapet kesempatan barang murah begini. Saya sungguh beruntung!


TET TOOOT! SELAMAT KAMU BERHASIL TERTIPU.

Disclaimer : Tulisan ini bukan ditujukan untuk menjelekkan nama suatu marketplace. Marketplace yang ada di tulisan ini mempunyai reputasi yang sangat baik dan saya sering belanja disana.

Tahukah kamu, bahwa ini tipu muslihat yang sangat pintar, saya yakin diantara kamu ada yang pernah tertipu membeli barang seperti ini. Bahkan saya yakin mungkin sampai sekarang kamu belum sadar kamu sudah tertipu.

"Mengapa demikian, dimana letak menipunya?"

Saya jelaskan dulu.
Kebanyakan dari para pembeli tidak menyadari bahwa setelah barangnya sampai ke rumah, mereka tidak akan mengalami masalah dengan memori MicroSD tersebut.

Kartu microSD palsu biasanya memiliki kapasitas yang jauh lebih sedikit daripada label yang tertera di dalamnya. Misalnya, kapasitasnya kurang dari 8 GB namun yang tertera pada label adalah 256 GB.

Sialnya, ponsel kamu akan membaca kartu memori palsu ini berkapasitas 256 GB. Mengakali firmware bawaan kartu memori biasanya sering dilakukan pembajak. Oleh karena itu ponsel kamu akan mencoba menyuntikkan data ke ruang penyimpanan yang sebenarnya tipuan. Ini bisa menindih data lama dan membuatnya menjadi error. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan data.

Gambar: Salah satu iklan marketplace di televisi. Penipuan barang palsu seperti ini memang bukan isapan jempol. (Sumber JD.ID)

1. Mengapa banyak orang yang memberi rating/review bagus?
Pada dasarnya, sepanjang pembeli tidak mengisi data melebihi dari kapasitas asli dari barang palsu ini maka tidak ada masalah. Mereka aman-aman saja mengisi datanya. Pembeli juga tidak langsung buru-buru memenuhi seluruh isi kapasitas memori tersebut bukan? Sementara rating sudah diberikan. karena mereka sudah menganggap barang tersebut berfungsi.

2. Mengapa tidak banyak yang sadar akan hal ini?
Secara normal pengguna belum akan sadar, mereka hanya menganggap bila terjadi kerusakan data, itu disebabkan faktor lain. Padahal itu salah! Mereka mencoba memformat ulang memorinya dan itu kembali berfungsi seperti sedia kala, kembali menjadi nol lagi. Selamat kamu dikelabui trik ini. Bahkan si penipu ini sangat lihai, dia menambahkan kapasitas "ekstra" agar si pembeli tertarik untuk selalu memberikan rating bagus. Ini dia triknya:

Sebuah penyimpanan memori tidak akan mungkin lebih besar dari kapasitas aslinya. Misalnya 128 GB akan terbaca 117 GB di ponsel kamu, 256 GB akan terbaca 234 GB dst. Kapasitasnya akan selalu lebih kecil, tidak mungkin menjadi lebih besar. Kecuali itu penipuan.

3. Mengapa dari pihak marketplace tidak sadar tentang penipuan semacam ini?
Sebenarnya mereka sadar, hanya saja sulit melakukan kontrol atas penipuan seperti ini. Mereka memproses berdasarkan aduan. Stok barang seperti ini tidak berada di gudang marketplace tersebut melainkan di pihak si penjual.

4. Mengapa tidak ada yang memberi rating buruk atau mengadukan produk palsu semacam ini?
Ada kok, tetapi jumlahnya minim sekali, ibaratnya kamu dipalakin uang parkir ilegal seharga Rp. 2.000,- daripada kamu membuang energi untuk 'berantem' dengan si tukang parkir demi uang yang tidak seberapa itu, kamu memilih mengikhlaskannya. Sama halnya dengan memori ini yang harganya dibawah 100 ribuan.

Rating buruk juga kecil sehingga tertutupi oleh rating bagus, jika dibandingkan rating baik dan rating buruk perbandingannya 200:1

5. Bagaimana saya membuktikan bahwa produk memori MicroSD yang saya beli adalah asli atau palsu?
Caranya cukup mudah, membuktikannya cukup isi memori MicroSD tersebut sampai penuh sesuai kapasitas yang tertera pada MicroSD. Jika terjadi error ditengah pengisian data atau setelah berhasil di isi tetapi data tidak bisa dibuka/digunakan, maka barang tersebut bisa dipastikan palsu. Jika tidak ada masalah maka barang tersebut asli.

6. Bagaimana modus penipuan ini bisa terjadi?
Begini, di china sana banyak memang yang menjual barang palsu seperti ini. Sudah menjadi rahasia umum china memang merajai produk palsu dan replika. Umumnya di Indonesia banyak juga orang yang cukup pintar.

Dia membeli memori-memori palsu ini dengan jumlah besar, ya katakanlah 1 kardus yang isinya 1000 pcs. Bila modal untuk 1 pc nya Rp. 30.000 rupiah untungnya bisa 200% lebih. Kalau berhasil jual satu kardus untungnya Rp 60.000.000 Siapa yang tidak tergiur?

Penjelasan teknis tentang penipuan ini bisa dilihat di video dibawah

Fake Chinese SD Card Scam! (Sumber : Linus Tech Tips)

Artikel ini juga ditayangkan di tautan berikut




Artikel Terkait
Cara Batasi Backup Data iCloud di iPhone
iPhone 6S Pilihan Smartphone yang Masih di Support iOS 15
5 Alasan Kenapa iPhone Masih Banyak di Buru Walau Harga Mahal
Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Jangan Salah Pilih Kapasitas Penyimpanan saat Beli iPhone Bekas
iPad Pro 2021 Seri Tablet Terbaik Apple
Apple Event Ramadhan April 2021, Membawa New IPad Pro
Ingin Beli iPhone Second? Cek Kondisi Baterai
11 Tips Sebelum Beli iPhone Bekas yang Perlu Anda Ketahui
7 Kelebihan iPhone Dibanding Ponsel Android

Ada 0 Komentar di "Waspada! Ini trik penipuan produk di toko daring yang tidak kamu sadari."


Tinggalkan Komentar Disini