Apa itu Tiny House?

Apa itu Tiny House?
Picture by : #
06 November 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Mendengar istilah Tiny House sepertinya agak asing ditelinga anda. Hal ini dikarenakan kata tersebut jarang sekali terdengar, khususnya bagi masyarakat awam yang sama sekali tidak tau apapun yang berkaitan dengan Tiny House. Maka dari itu, kami akan menjelaskan secara detail mengenai apa itu Tiny House, supaya anda lebih paham secara detail.


Pengertian Tiny House dalam Bahasa Indonesia sama halnya dengan rumah mungil. Dalam hal ini berarti suatu rumah memiliki ukuran kecil tidak seperti rumah-rumah pada umumnya. Rumah yang memiliki ukuran mungil ini akan lebih efisiean untuk lingkungan sekitar. Sehingga lahan yang digunakan masih tersisa dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

Hal ini sudah menjadi gerakan terhadap masyarakat untuk mengecilkan ukuran rumahnya dan agar hidup sederhana di rumah-rumah yang memiliki ukuran kecil. Berbagai macam alasan banyak orang yang memilih untuk membangun rumah kecil, baik itu dari segi finansial, waktu, kebebasan, dan masih banyak yang lainnya. Gerakan rumah mungil ini sudah dimulai sejak lama dan sudah banyak diterapkan oleh orang-orang.

Rumah ini dapat dijadikan sebagai rumah impian orang-orang, mengingat keterbatasan lahan yang ada, orang-orang dapat membuat rumah mungil meski memiliki lahan yang kecil. Hal ini tentu akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi siapa saja yang menjalankannya. Rumah mini semakin populer karena masyarakat beranggapan bahwa ruang tinggal yang lebih simpel dengan ukuran yang terbatas.

tiny house

Penerapan model rumah mungil ini dimulai oleh kalangan orang-orang Barat seperti Eropa dan Amerika. Beralihnya rumah konvensional menjadi rumah yang lebih mungil didasari karena beberapa faktor seperti cicilan bulanan, anggaran yang lebih mahal, waktu, dan lain sebagainya. Bila anda hanya memikirkan untuk membuat rumah yang besar, maka akan memerlukan biaya yang besar.

Melihat di Indonesia sendiri, konsep rumah mungil belum banyak dikenal oleh seluruh masyarakat. Hal ini dikarenakan orang-orang Indonesia masih menggunakan konsep rumah seperti pada umumnya. Beberapa rumah buatan Indonesia dibuat dengan menggunakan pondasi batu kali dan didning batako, plester, beton, dan masih banyak yang lainnya. Hal ini tentu sudah biasa dan menjadi model hunian pada umumnya.

tiny house

Alasan Banyak Orang Memilih Tiny House
Banyaknya orang-orang yang sudah menerapkan Tiny House tentu memiliki alasan tersendiri bagi mereka. Beberapa alasan mengapa banyak orang memilih Tiny House diantaranya sebagai berikut!

Hemat Anggaran


Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih tertarik untuk memilih Tiny House adalah anggarannya lebih hemat. Dari segi budget anda akan diuntungkan dalam membuat rumah minimalis. Berbeda dengan rumah seperti pada umumnya yang mengharuskan anda mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. 

Apalagi jika ukurannya sangat luas, maka anda harus mengeluarkan uang untuk membeli tanah dan properti dengan sangat banyak. Maka dari itu, akan lebih efektif jika anda membangun rumah mungil supaya lebih hemat anggaran. Dengan membangun rumah mungil akan membuat pengeluaran lebih minim pastinya.

Lebih Minimalis

Rumah mungil tentu lebih minimalis karena ukurannya yang kecil. Hal ini akan terlihat lebih mengesankan ketika dipandang. Untuk menjalankan aktivitas apapun di dalam rumah juga lebih simpel karena dekorasinya yang mungil dan juga simpel. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi anda yang lebih memilih rumah mungil.

Menghemat Waktu dan Tenaga

Waktu dan tenaga menjadi salah satu kunci penting dalam membangun sebuah rumah. Bila semakin besar ukurannya, maka semakin banyak tenaga dan waktu yang harus dikeluarkan untuk membangunnya. Sehingga akan membutuhkan proses yang lama untuk menunggu rumah tersebut hingga benar-benar layak digunakan.

Namun berbeda jika anda memilih untuk membangun rumah yang mungil atau Tiny House. Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak tenaga karena bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat. Prosesnya yang cepat tentu akan menjadikan kesenangan tersendiri bagi siapa saja yang menerapkan Tiny House. 

Hidup Lebih Hijau

Ketika anda memiliki lahan yang luas, akan sangat disayangkan bilamana anda memilih untuk membangun rumah mungil. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi anda supaya hidup menjadi lebih sehat. Dengan kondisi lingkungan yang lebih hijau tentu akan membuat suasana menjadi lebih segar dan hidup.

Berbeda jika anda memiliki lahan yang luas dan dibangun rumah seluas dengan ukuran lahan yang anda miliki. Tentu lingkungan rumah anda akan semakin terlihat kurang efektif dan akan kurang nyaman untuk kesehatan. Bilamana ada sedikit hijau-hijauan akan membuat anda lebih nyaman pastinya.

Hemat Listrik

Bagi anda yang biasanya membayar listrik bulanan dengan anggaran yang cukup besar, anda bisa menghemat anggaran bilamana menggunakan rumah mungil. Hal ini menjadi alasan tersendiri bagi orang-orang yang lebih tertarik untuk membangun rumah mungil dibandingkan rumah seperti pada umumnya.

Pembayaran listrik dilakukan oleh pemilik rumah setiap bulannya. Untuk anggarannya pun menyesuaikan dengan pemakaian listrik dalam kehidupan sehari-harinya. Apabila membangun rumah mungil, maka biaya yang akan dikeluarkan sangat terjangkau. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan bagi anda pastinya.

Hidup Sederhana

Kehidupan sederhana akan lebih tertampak pada diri anda bilamana membangun rumah dengan konsep yang satu ini. Bahkan bisa dibilang sederhana tetapi modern karena model yang satu ini adalah model rumah kekinian. Rumah mungil tentu tidak akan terkesan mewah namun terkesan sederhana dan nyaman dipandang.

Anda dituntut untuk lebih sederhana dengan kondisi rumah yang mungil, dimana anda tidak perlu membeli barang-barang yang tidak penting. Apalagi barang yang membuat kondisi rumah menjadi penuh, tentu hal ini akan kurang nyaman untuk siapa saja yang menggunakannya.

Mengasah Kreativitas

Kreativitas seseorang akan semakin terasah bilamana menerapkan konsep rumah seperti yang satu ini. Merancang rumah mungil merupakan suatu hal yang menyenangkan dan juga menantang. Anda bisa membangunnya sesuai dengan model yang anda inginkan sampai benar-benar rumah tersebut jadi. Akan tetapi, anda bisa menggunakan jasa arsitek jika tidak mampu merancangnya sendiri.




Artikel Terkait
Antara Blog dan Google AdSense
Cara Cek Status Program Vaksinasi Covid-19 Anda
Cara Daftar Antrian Vaksin Covid-19 di Aplikasi Halodoc
Review Air Cooling X5 Australia Penyejuk Ruangan Bebas Kuman
Pengertian Sistem Imun Untuk Tubuh
Tips Mengatur Uang Bagi Wirausahawan Baru
Cara Top Up DANA Lewat Mandiri Livin Terbaru
Cara Beli Voucher Google Play di Aplikasi DANA
Apakah Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Dikenakan Biaya? Berikut ini Ulasanya
Cara Bayar Tagihan Stroomnet di Mandiri Mobile

Ada 0 Komentar di "Apa itu Tiny House?"


Tinggalkan Komentar Disini