Pilih Rumah Bersubsidi Atau Non Subsidi

Pilih Rumah Bersubsidi Atau Non Subsidi

Rumah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang yang kelak nantinya akan berumah tangga dan harus memiliki tempat tinggal untuk anak-anak dan keluarganya. Tidak akan selamanya anda terus tinggal bersama orang tua. Bila anda sudah memiliki keuangan yang sudah mapan, maka tidak salah anda membangun rumah sesuai dengan yang diharapkan. 

Berbicara soal rumah subsidi atau non subsidi pastinya Anda sudah serlng mendengar istilah tersebut. Setiap pemilik rumah ada yang menggunakan bangunan subsidi dan ada juga yang non subsidi. Semua tergantung dari keinglnan pemilik rumah masing-masing. Namun bagi anda yang belum memahami betul mengenai rumah yang bersubsidi dan rumah yang non subsidi. Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu supaya tidak ada kesalahan dalam berpendapat hal apapun nantinya.

Rumah Bersubsidi


Rumah Bersubsidi

Rumah bersubsidi merupakan suatu hunian atau tempat tinggal, dimana tidak ada pajak atau tambahan bunga rendah dan ditujukan untuk masyarakat yang memiliki penghasilan rendah supaya bisa memiliki tempat tinggal yang layak dihuni. Namun ada juga yang berpendapat bahwasanya rumah bersubsidi merupakan rumah yang dijual dengan harga yang terjangkau, dimana para pembelinya dapat mengajukan KPR dengan bunga yang flat.

Untuk bunga KPR yang flat tersebut dikarenakan telah disubsidi oleh pemerintah dan kementrian PUPR yang bekerjasama dengan beberapa developer properti. Hal ini menjadikannya dikenai suku bunga yang lebih rendah. Selain itu, pemerintah juga tidak hanya melakukan subsidi pada bahan bakar dan kebutuhan pokok saja, tetapi juga terhadap perumahan rakyat juga.

Membeli rumah subsidi menjadi solusi yang sangat tepat untuk siapa saja, khususnya untuk kalangan milenial di jaman sekarang ini yang pastinya membutuhkan tempat tinggal barunya. Rumah subsidi akan sangat layak untuk orang-orang yang berpenghasilan berkecukupan dan DP serta biaya cicilannya juga ringan bila tertarik untuk membelinya. Daripada anda mengontrak atau sewa kost, akan lebih efektif jika anda membelinya langsung.

Untuk harga rumah bersubsidi nilainya cukup terjangkau, pada umumnya kurang lebih harganya berkisar antara Rp. 140 juta – Rp. 170 juta. Namun itu semua tergantung dari developer yang menjualnya, ada juga yang lebih tinggi nilai harganya ada juga yang lebih rendah. Harganya yang murah tersebut dikarenakan bantuan pemerintah yang tidak mengenakan pajak pertambangan seperti halnya rumah komersial. 

Sementara untuk ukuran rumah subsidi tergolong sederhana, tentu hal tersebut cukup normal untuk diketahui. Menurut peraturan PUPR bahwasanya rumah bersubsidi berada di antara 21 meter persegi hingga 36 meter persegi dengan luas tanah kurang lebih 60 – 200 meter persegi. Namun itu semua tidak bisa menjadi patokan, anda bisa membuatnya sesuai yang diinginkan. 

Baca juga Bangun Rumah 4x6 yang Hemat Maksimalkan Ruang

Dalam memilih rumah subsidi, ada banyak hal yang harus anda perhatikan sebelum membelinya. Seperti halnya kualitas bangunan apakah benar-benar layak untuk dihuni atau tidak. Yang paling penting semestinya anda mengunjungi lokasi hunian atau rumah yang akan anda beli supaya hasil yang didapatkan memuaskan. Jangan sampai anda kecewa ketika sudah melakukan transaksi pembayaran namun kualitas rumah kurang efektif.

Rumah Non Subsidi

Rumah Non Subsidi

Rumah non subsidi memiliki makna yang berkebalikan dengan rumah subsidi. Anda harus memahami secara jelas mengenai rumah non subsidi secara detail. Rumah non subsidi merupakan suatu produk kredit perumahan yang dilakukan oleh bank umum konvensional kepada seseorang. Dimana rumah non subsidi ini tidak ada campur tangan dari pihak pemerintah.

Rumah non subsidi bisa dibilang dimiliki oleh orang-orang yang mampu dan berkecukupan. Dimana tidak ada beban apapun untuk membuat rumah tanpa perlu berhutang ke bank ataupun ke pihak lainnya. Rumah non subsidi ini tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah karena sudah mampu dan layak untuk membangun sebuah rumah sesuai yang diinginkannya.

Seperti halnya kondisi yang terjadi seperti sekarang ini, disaat pandemi masyarakat diberikan bantuan berupa listrik gratis. Namun itu semua hanya ditujukan untuk rumah yang bersubsidi atau dari pemerintah. Berbeda dengan rumah non subsidi yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah karena dinilai masih mampu untuk mendapatkan semua itu. 
Dari segi fasilitas bangunan rumah non subsidi tentu lebih lengkap dan juga mewah dibandingkan dengan rumah subsidi. Biasanya rumah non subsidi menerapkan sistem one gate dengan berbagai macam fasilitas bangunan yang ada di dalamnya seperti dapur, kamar mandi, kebun, dan lain sebagainya. Hampir semua fasilitas yang dibutuhkan itu bisa didapatkan semuanya.

Sementara untuk harga rumah non subsidi terbilang lebih tinggih. Biasanya harganya mencapai miliaran rupiah untuk satu unit saja. Semuanya tergantung dari jenis rumah yang dibuatnya. Biasanya kebanyakan orang-orang membuat rumah non subsidi dengan desain dan ukuran yang luas. Sehingga menjadikan nilai harganya semakin mahal untuk kedepannya. Untuk harga jual rumah non subsidi juga semakin meningkat, apalagi jika sudah direnovasi.


Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan mengenai rumah bersubsidi ataupun non subsidi. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "Pilih Rumah Bersubsidi Atau Non Subsidi"


Tinggalkan Komentar Disini