Kenali Motor Nyendat atau Mogok Setelah di Cuci

Kenali Motor Nyendat atau Mogok Setelah di Cuci
Picture by : #
28 Juli 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Mencuci motor adalah kegiatan yang biasa di lakukan orang saat waktu luang atau saat libur dirumah, setelah selesai mencuci, motor dipakai terkadang tiba tiba mogok dan membuat bingung saat dijalan, sehingga menyebabkan masuk bengkel untuk mencari tau penyebabnya, mari cari tau penyebabnya.


1. Busi Basah

Faktor pertama adalah terlalu bersemangat mencuci motor, sehingga menyebabkan air masuk pada bagian busi motor yang tidak tertutup secara sempurna, sehingga meninggalkan air pada bagian dalam penutup busi.  Gejala ini bisa di ketahui pada ditekanan rpm rendah masih normal, pada rpm tinggi motor akan kehilangan pembakaran sehingga menyebabkan kosong atau brebet pada rpm tinggi. Untuk mengatasinya silakan buka penutup busi, kemudian silakan bersihkan dengan kain yang kering pada bagian dalam penutup busi, dengan menuipkan angin kebagain penutup busi.


2. Kelistrikan

Pengguna motor injeksi, bisa memeriksa bagian kelistrikan pada indikator dashboard motor, apakah ada kelainan indikator, misal indikator injeksi dan kellistrikan yang diakibatkan ada beberapa kabel pada bagian slot penutupnya tidak rapat, sehingga air masuk dan menyebabkan shot. Jika hal ini terjadi biasanya ada bau bau terbakar pada kabel sehingga motor terasa nyendat saat dibawa berkendara.

3. Karburator Masuk Air

Pada saat mencuci khususnya pada pengguna motor non injeksi, masih menggunakan sistem karburator, biasanya pada bagian ini sangat rentan kena air, karena motor motor lama masih banyak menggunakan karburator dengan sistem pembakaran yang bercampur dengan udara / saringan udara. Cara mengatasinya biasanya ada disediakan pembuangan bbm secara manual seperti baut, dengan membuang sebagian bbmnya dengan menutup kran pada tangki motor.

 

Demikian ulasan mengapa motor mogok setelah di cuci, semoga bermanfaat.



Artikel Terkait
Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi

Ada 0 Komentar di "Kenali Motor Nyendat atau Mogok Setelah di Cuci"


Tinggalkan Komentar Disini