Cara Buat Nutrisi Hidroponik Sederhana Secara Mandiri

Cara Buat Nutrisi Hidroponik Sederhana Secara Mandiri

Nutrisi atau pupuk adalah salah satu komponen penting, dalam menjalankan pertanian, karena salah satu untuk menyuplai bahan makanan daun dan buah di setiap tanaman, baik itu pertanian secara konvensional maupun secara hidroponik.

Dalam penerepan nutrisi pertanian konvensional dengan hidroponik sangat berbeda, karena penggunaan nutrisi hidroponik menggunakan larutan air pekatan, pasalnya berkebun secara hidroponik menggunakan air untuk menyalurkan nutrisinya lewat media tanam rockwool maupun arang sekam.

Baca juga Daftar Tabel Nutrisi A/B PPM Tanaman Sayuran

Salah satu cara untuk menekan biaya pemakaian nutrisi hidroponik adalah membuat larutan pekatan nutrisi sendiri, selain itu kita bisa melakukan beberapa percobaan berbagai jenis tanaman sayuran, berapa ppm yang di butuhkan, karena tidak semua tanaman sayuran dan buah itu memiliki ppm yang sama.

Berikut di bawah ini Cara Buat Nutrisi Hidroponik Sederhana Secara Mandiri menggunakan pupuk Meroke Calnit, MAG-S, Flex-G, dan Meroke MAP.

Larutan Pekatan Nutirisi Hidroponik untuk Konsumsi 500 Ltr


pupuk merek meroke

Daftar Tabel Kebutuhan

Jenis Nama Pupuk Jumlah
Nutrisi A Meroke Calnit 500 Gram
Nutrisi B Meroke MAG-S 220 Gram
Meroke FLEX-G 625 Gram
Meroke MAP 30 Gram

 

Cara Pembuatan

  1. Langkah pertama adalah siapkan jenis ke empat pupuk diatas, pada kali ini menggunakan merek Meroke yaitu Meroke Calnit, Meroke MAG-S, Meroke Flex-G dan Meroke MAP, jenis pupuk ini bisa Anda dapatkan di ditributor atau agen Meroke di kota Anda, atau juga bisa beli secara online di Shoope, Bukalapak dan Tokopedia
  2. Langkah kedua silakan siapkan 2 embar, yang dapat menampung larutan pekatan nutrisi A dan B, kali ini kita membuat larutan nutrisi 5 liter untuk konsumsi 500 liter.
  3. Isi air kedua ember A dan B tersebut sebanyak 3 liter terlebih dahulu, untuk melarutkan pupuk tersebut.
  4. Larutan A : Masukan Meroke Calnit sebannyak 500 Gram kedalam ember A kemudian silakan aduk hingga benar benar larut.
  5. Larutan B : Masukan Meroke MAG-S sebanyak 220 Gram kedalam ember B aduk hingga larut, kemudian masukan juga Meroke Flex-G sebanyak 625 Gram kedalam ember B aduk hingga larut, kemudian yang terakhir masukan juga Meroke MAP sebayak 30 Gram kedalam ember B aduk hingga larut.
  6. Langkah terakhir adalah tambahkan air pada ember A dan B masing-masing hingga mencapai 5 Liter.

Dari hasil larutan nutrisi diatas mendapakan Nutrisi A 5 Liter dan Nutrisi B 5 Liter, Larutan pekatan nutrisi diatas bisa digunakan untuk konsumsi 500 liter air,  dengan ppm 1200.

Penggunaan larutan nutrisi ini bisa disimpan, dan digunakan sewaktu waktu, agar Anda memiliki stok nutrisi kedepannya.

Selain itu Anda bisa menggunakan  larutan nutrisi AB Mix dalam 1 liter air dengan takaran Nutrisi A 6 ml dan Nutrisi B 6 ml dengan hasil ppm diatas 1000.

Untuk mengetahui jumlah ppm dan ph hasil dari AB Mix tersebut, Anda bisa menggunakan alat untuk mengukur kepekatan dengan PH Meter dan TDS Meter Digital, agar lebih akurat.

Demikian tutorial ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "Cara Buat Nutrisi Hidroponik Sederhana Secara Mandiri"


Tinggalkan Komentar Disini