Perbedaan Web Mobile dengan Web Responsive Version

Perbedaan Web Mobile dengan Web Responsive Version
Picture by : #
06 Oktober 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Web Mobile version dan web responsive memiliki persamaan yang dapat berjalan di perangkat mobile web browser, teknologi web html memiliki perkembangan yang cepat cepat, dan kini menjadi platform yang banyak digunakan di berbagai pengembangan aplikasi.

Desain awal awal perkembangan web, belum ada istilah web responsive, hanya menggunakan tag html dasar dan link untuk membangun sebuah halaman, dan tampilannya sangat klasik.

Akhir akhir ini memang desain web responsive banyak sekali peminatnya bagi kalangan developer web, apalagi tersedia framework untuk membangun halaman web yang dinamis di berbagai tampilan layar seperti bootstrap.

Website wibloog.com sendiri memiliki web mobile version khusus, mungkin sebagian pembaca belum mengetahui perbedaan detailnya, yuk simak ulasan dibawah ini tentang web mobile version dengan web responsive.


Web Mobile

Web mobile version dibangun khusus untuk digunakan pada perangkat mobile, framework yang digunakan juga sama dengan web responsive dan ada sebagian para developer dibangun web tersebut secara native.

Mungkin Anda pernah mengunjungi sebuah website, contohnya kaskus atau bukalapak, apabila kita mengakses halaman tersebut di browser mobile, maka kita akan diarahkan kehalaman khusus web mobile, nah url tersebut akan berubah menjadi m.bukalapak.com

Secara tidak sadar kita diarahkan ke versi mobile, dimana web yang dibuka mendeteksi bahwa device yang digunakan adalah smartphone atau sejenisnya.

Web mobile memang memiliki kelebihan, yaitu di desain khusus untuk perangkat mobile phone, baik secara ukuran, tampilan, icon, navigasi dan menu, sehingga terlihat seperti apps yang ada di Android maupun iOS.

Apakah web mobile version bisa di akses lewat desktop ? Jawabannya bisa, akan tetapi tampilannya tidak sesuai dengan ukuran layar, karena web mobile bukan web responsive yang dapat menyesuaikan scale layar.

Setiap versi web mobile pasti memiliki versi web desktop, sehingga ada dua platform yang harus di handel untuk mentukan mana sumber dari mobile dan desktop.


Web Responsive

Web responsive adalah sebuah halaman website yang dapat di akses disemua media mulai dari desktop, mobile phone, tablet dan lain sebagainya.

Tautan atau url web responsive tidak ada perbedaan sama sekali dengan versi desktop maupun mobile, karena desain dan tampilan menyesuaikan dengan scale layar yang digunakan.

Jadi web responsive memiliki kelebihan, yaitu satu web desain bisa di akses berbagai platform media, sehingga tidak membutuhkan resource lebih dalam membangun sebuah website.

Web responsive tidak membutuhkan handling redirect untuk mengarahkan ke halaman mobile atau desktop, seperti versi  web mobile. Model ini banyak diminati para developer web, dan kita tahu bahwa framework yang dipakai juga tersedia banyak.

Web mobile dan web responsive secara tampilan itu sama, hanya saja di web mobile membutuhkan handling untuk mengarahkan ke mobile atau desktop dengan url yang berbeda, ini disebut web klasik, sedangkan web responsive dapat mampu mengatur tampilan web ke berbagai scale layar media yang digunakan.

Secara SEO dan Index di Google Webmaster pada web mobile yang perlu di perhatikan adalah pengindexan sitemap xml yang digunakan, cukup hanya versi desktop yang digunakan.

Agar tidak terjadi dobel konten yang di akibatkan url berbeda tetapi konten sama, karena google menseleksi akses url tersebut berdasarkan media platform yang digunakan.


Demikian ulsan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Perbedaan Web Mobile dengan Web Responsive Version"


Tinggalkan Komentar Disini