Cara Mengamankan Password Anda dari Serangan Hacker

Cara Mengamankan Password Anda dari Serangan Hacker
Picture by : #
02 Oktober 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Saat ini hampir semua pengguna aplikasi memiliki akses login, mulai dari email, sosial media, fintech dan aplikasi lainnya, setiap aplikasi memiliki cara dan teknik keamanannya dalam menentukan model passwordnya, mulai dari penambahan karakter angka, hurup kapital, simbol dan masksimal berapa karakter.

Mungkin terlihat ribet, akan tetapi itu adalah salah satu trik, agar password kita tidak di curigia oleh hacker, apalagi mudah ketebak, ini akan menjadi masalah bagi Anda.

Baca juga Kenali Ciri Ciri Password Lemah

Teknologi dan sistem yang canggih, tidak akan menjamin bahwa itu aman 100%, semua itu ada kekuranganya, akan tetapi dengan teknologi yang ter-update maka hacker akan kesulitan bisa masuk.

Mungkin Anda bertanya, Kenapa password mudah di ketahui, padahal karakter password yang digunakan sudah di enkripsi oleh sistem, nah ini menjadi hal yang seru di kalangan para hacker, dalam memecahkan enkripsi.

Tidak semua para hacker melakukan hal ini, tetapi mereka memiliki 1000 cara untuk mencari celah, agar mereka bisa masuk ke sistem lewat akun yang mereka anggap menguntungkan.

Berikut dibawah ini, Tips dan Cara Mengamankan Password Anda dari Serangan Hacker.


Gunakan Password Gabungan antara Huruf dan Angka

Sudah kita singgung sebelumnya diatas, tentang kata sandi gabungan antara huruf dan angka, ini salah satu trik dan memang sangat di anjurkan, beberapa aplikasi sudah menerapkan ini, apalagi ditambah dengan penggunaan huruf kapital, maka akan menambah lebih baik.

Password yang tidak menggunakan gabungan antara huruf dan angka, biasanya mudah di tebak, dan para hacker selalu menggunakan trik ini, yaitu menerka nerka tentang informasi profile kita terkait dengan password yang digunakan.


Akses Login Website Secure

Setiap mengakses halaman website, pastikan url yang Anda kunjungi memiliki https, karena ini merupakan salah satu standar komunikasi secara aman lewat jaringan internet.

Fungsi https ini dapat melindungi kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs, nah biasanya apabile website yang secure ada tanda gembok, seperti gambar dibawah ini.

secure https

Biasakan Logout

Selanjutnya biasakan logout, apabila Anda menggunakan komputer dan jaringan orang lain, biasanya di tempat co-working space, warung internet, atau tempat lainnya, agar aplikasi yang dibuka tidak keadaan login.

Tips selanjutnya silakan clear history, apabila Anda menggunakan web browser, agar tidak meninggalkan jejak url yang di gunakan, dan jangan lupa apabila melakukan login, jangan di simpan user dan password di browser.


Gunakan Perangkat yang Aman

Perangkat yang aman tidak harus canggih, tetapi harus memiliki kemanan yang canggih juga, misalkan saja laptop atau komputer yang kita gunakan menggunakan password, sehingga orang lain tidak sembarangan menggunakan.

Apabila smartphone Anda menggunakan beberapa aplikasi fintech, atau mobile banking, pastikan memproteksinya menggunakan pascode atau finger, agar Anda tidak was was, apabila dipakai orang lain.

Jangan Beri Tahu Password ke Orang Lain

Password merupakan kode yang bersifat rahasia, nah maka dari itu jangan beri tahu ke orang lain, takutnya disalah gunakan, tanpa sepengetahuan kita, bisa saja password yang di beri tahu, itu di ketahui oleh orang lain lagi.

Disini kita sepakat, bahwa memberi tahu password kita ke orang lain, itu tidak di benarkan, dan apabila sudah terlanjur, silakan forget password atau reset password.


Tips yang terakhir adalah hindari tautan atau link, yang mengarahkan kita untuk diminta memasukan akun dan password, ini bisa jadi jebakan yang di buat oleh sang hacker, untuk mengelabui usernya untuk mengambil data akun seseorang.

Teknik ini paling banyak dilakukan oleh hacker, seperti link memenangkan hadiah, link undian berhadiah dan lain sebagainya, nah ini biasanya mengarah ke penipuan.

Demikian uasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Cara Mengamankan Password Anda dari Serangan Hacker"


Tinggalkan Komentar Disini