Kelebihan dan Kekurangan USB Type C di Macbook

Kelebihan dan Kekurangan USB Type C di Macbook
Picture by : #
27 September 2020 » Post by : Admin@Wibloog

USB (Universal Serial Bus) merupakan penghubung standar pengiriman data yang banyak di pakai di berbagai perangkat elektronik baik itu komputer, laptop, TV, Speaker,  dan perangkat lainnya. Teknologi USB ini sudah lama digunakan, dan berkembang terus menerus mulai dari USB 1.0, 2.0, 3.0 dan saat ini sudah ada yang terbaru yaitu USB Type-C.

Kecepatan USB Type-C konon katanya memiliki kecepatan transfer data hingga 10 Gbps, artinya 10 Giga byte / detik, nah ini artinya apabila pembaca menggunakan tipe ini, kemudian melakukan copy data bakal semakin cepat, dan hanya membutuhkan beberapa detik untuk memindai data yang berukuran besar.

Saat ini penggunaan USB yang beredar masih banyak menggunakan teknologi 2.0, yang artinya masih menggunakan teknologi lawas, dimana hanya memilki kecepatan 480 Mbps.

Teknologi USB Type-C telah di sematkan diberbagai keluaran produk Apple, khusunya di line up laptop, mereka sudah sejak tahun 2015 menerapkan teknologi ini, dan akhirnya mereka hanya memberikan port USB Type-C dan port jack audio.

Berikut dibawah ini ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan USB Type-C di Macbook.

Kekurangan USB Type C di Macbook


Setiap produk pasti memiliki beberapa kekurangan, dan tidak membuat macbook Anda menjadi menurun performanya, tetapi kebanyakan harus menambah perangkat untuk dapat menghubungkan ke media lain.

Untuk melakukan konektivitas ke perangkat lain, seperti LAN, VGA, HDD Eksternal  dan sebagainya, Anda harus membeli perangkat adafter multiple tersebut di atas, dan harga yang di jual sangat bervariasi.

Perangkat tambahan yang di jual, Anda bisa membelinya, biasanya tersedia di autorize reseller resmi Apple, harga perangkat resmi Apple biasanya sedikit lebih mahal.

Ada juga perangkat pihak ketiga yang menjual adafter multiple tersebut, yang memiliki kualitas hampir sama yang di jual resmi Apple.

Kekurangan selajutnya adalah tidak semua perangkat USB Type C yang di jual di pasaran sudah menggunakan teknologi 3.1, 3.2, karena teknologi ini terbilang masih baru, sehingga kecepatan transfer data sama seperti teknologi 2.0 atau 3.0.

Rumitnya lagi adalah, apabila port USB Type C yang ada di macbook mengalami masalah, maka akan pengaruh terhadap konektivitas lainnya, yang membuat tidak bisa terkoneksi.

Selanjutnya apabila Anda bepergian membawa laptop, maka Anda harus membawa adafter tersebut kemana mana, dan sedikit agak ribet.

Kelebihan USB Type C di Macbook

Ngomongin teknologi baru pasti ada kelebihanya, kita tahu bahwa USB Type C memeliki kelebihan, yaitu transfer data hingga 10 Gbps, kecepatannya 2 kali lebih cepat dari versi 3.0.

Kelebihan selanjutnya adalah dalam 1 port, bisa dipakai beberapa konektivitas secara bersamaan, mulai dari LAN, VGA, HDD Eksternal, HDMI dan lain sebagainya.

Perubahan port di macbook membuat ukuran perangkat laptop menjadi slim, karena beberapa port seperti LAN, USB, HDMI dan port lainnya telah di hilangkan.

USB Type C merupakan teknologi masa depan, yang memiliki desain ramping dan kecil, port tersebut memiliki 24 pin, yang memiliki daya tahan yang lebih baik, sehingga minim aus saat cabut dan pasang berkalli kali.

Selain itu teknologi USB Type C mampu menampilkan gambar yang lebih baik, yaitu beresolusi 4K, selain itu untuk pengisian daya baterai bisa lebih cepat, karena mampu mengirim daya hingga 20 volt.


Demikian ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan teknologi USB Type C khususnya yang ada di perangkat laptop macbook, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat.




Artikel Terkait
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website
Pilih Mana CMS Blogspot atau Web HTML Bootstrap Untuk Blog
Penerapan Bisnis Proses Dalam Informasi Teknologi dan Aplikasi
5 Alasan Kenapa Trafik Blog Turun saat Hari Libur
Waspada! Ini 5 Ancaman Cyber Attack yang Berbahaya

Ada 0 Komentar di "Kelebihan dan Kekurangan USB Type C di Macbook"


Tinggalkan Komentar Disini