Daftar Istilah Komponen Sepeda yang Perlu Anda Ketahui

Daftar Istilah Komponen Sepeda yang Perlu Anda Ketahui
Picture by : #
26 September 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Tidak banyak yang tahu, dengan istilah part dan komponen  disepeda, apalagi memang Anda hobi, tidak salahnya Anda mengetahui beberapa komponen penting dari sepeda, karena komponen tersebut berfungsi untuk menjadi sebuah sepeda yang full bike.

Dibalik sepeda pastinya ada cerita dan guyonan, yang membuat kita semangat untuk beraktivitas, dan pastinya Anda telah mengenal sepeda sejak dari kecil, maka dari itu tidak asing lagi dengan istilah komponen dan part sepeda, mungkin istilah disepeda itu terkadang ada banyak yang memiliki kesamaan.

Part atau komponen utama itu kebanyakan sama, tidak ada perbedaan istilah, hanya penyebutannya saja yang berbeda, komponen yang menempel di sepeda saat ini sudah banyak macamnya.

Berikut dibawah ini Daftar Istilah Komponen Sepeda yang sering kita jumpai di berbagai jenis sepeda.

1. Frame


Istilah pertama ada Frame, komponen ini merupakan bagian utama dari sepeda, nah biasanya ini orang menyebutnya batang sepeda, komponen ini berfungsi untuk menyambungkan berbagai part sepeda, seperti fork, seatpost, BB (Bottom Bracket), rim atau lingkar dan lain sebagainya.

Frame Sepeda

Mungkin Anda pernah mendengar istilah, beli frame atau full bike, nah jika Anda menginginkan sepeda custom biasanya beli frame atau batangan saja, komponen dan part lainnya menyusul.

Material frame yang digunakan juga bermacam macam, seperti berbahan besi, karbon, chromoly dan alloy, dimana bahan tersebut memiliki keunggulan masing masing.

2. Fork

Selanjutnya ada komponen Fork, mungkina Anda mengatakan ini adalah garpu, komponen ini termasuk bagian terpenting dari sepeda, karena dipakai untuk menyambungkan antara frame dengan bagian rim / lingkar depan.

fork sepeda

Material yang digunakan pada komponen ini biasanya berbahan besi, alloy dan karbon. Fork juga memiliki dua jenis ada yang menggunakan suspensi dan non suspensi, yang suspensi biasanya di pakai di sepeda gunung.

3. Crankset


Selanjutnya ada komponen Crankset, ini merupakan salah satu bagian dari sepeda yang penting, fungsi crankset untuk menggayuh agar bagian ban belakang dapat berputar.

Crankset

Crankset memiliki memiliki ukuran mulai dari 58T hingga yang terkecil 34T tergantung dengan jenisnya. Jenis Crankset dibagi beberapa model yaitu compact chainring, triple chainring dan single chainring.

4. Handlebar

Handlebar atau sering di sebut stang, pasti pembaca sudah paham tentang komponen ini, akan tetapi jenis handlebar memiliki berbagai jenis dan ukuran.

Stang

Jenis handlebar yang banyak dipakai di sepeda adalah jenis flabar, risebar, dropbar, bulhorn dan tentunya jenis tersebut diapakai jenis sepeda yang berbeda pula.

5. Sadel

Sadel atau tempat duduk yang ada di sepeda, komponen ini termasuk bagian yang penting, karena untuk memilih sadel harus benar benar sesuai dengan ukuran kita, apabila salah memilih ukuran dan model sadel maka akan terasa panas dan tidak nyaman saat bersepeda.

sadel sepeda

 

6. Seatpost

Selanjutnya ada Seatpost, merupakan komponen penting sepeda, untuk menyambungkan antara frame ke sadel, material yang digunakan sama seperti frame, ada yang menggunakan berbahan besi, alloy dan karbon.

Seatpost

 

7. Stem

Stem adalah bagian part yang digunakan untuk meletakan handlebar atau stang, biasanya dipasang menyatu antara fork dengan stem, material yang digunakan juga bermacam macam, ada yang menggunakan bahan besi, alloy dan karbon.

stem

Stem juga memiliki ukuran, tidak semua handlebar bisa masuk, stem model klasik biasanya ukuran untuk handlebar yang lebih kecil dan stem oversize yang memiliki ukuran lebih besar.

 

8. HUB

Selanjutnya ada komponen HUB, part ini digunakan untuk pasang wheel set, dengan menggunakan jari jari, hub yang beredar dipasaran biasanya menggunakan sprocket dan drat.

Hub Sepeda

Sistem hub pada as tengah biasanya menggunakan bearing, model ini yang sekaran banyak di gunakan, dan ada juga yang menggunakan cups (mangko'an) bearing menggunakan cones, biasanya ini masih di pakai di sepeda klasik.

 

9. Wheelset

Wheelshet bagian dari komponen sepeda, bisa di sebut dengan lingkar sepeda, mungkin pembaca sudah tahu fungsinnya, yaitu untuk menempatkan roda ban, material yang digunakan biasanya berbahan besi, alloy, karbon dan aluminium.

Wheelset

10. Pedal

Selanjutnya ada komponen pedal, bagian ini merupakan bagian utama sepedan juga, karena pedal digunakan untuk meletakan pijakan kaki saat menggayuh sepeda, part sepeda ini sangat mudah kita jumpai di toko toko sepeda.

Pedal Sepeda

Material yang dipakai biasanya berbahan besi, alloy dan karbon, bagian pedal ini dipasang di bagian crankset.

 

11. U-Brake

Selanjutnya ada komponen pengereman, U-Brake biasanya di pakai disepeda balap atau sepeda fixie, sistem pengeremannya masih memanfaatkan pada wheelset, nah pada bagian wheelset yang support U-Brake biasanya ada line brake-nya. Material U-Brake yang beredar dipasaran berbahan besi, alloy dan bahan karbon.

U-Brake 

12. BB - Bottom Bracket

Daftar istalah selanjutnya ada BB - Bottom Bracket, part ini di pasang pada bagian bawah frame, komponen ini berfungsi untuk menyambungkan ke crankset.

Bottom Bracket

 

13. Brake Lever

Komponen terakhir ada di bagian pengereman, komponen ini dipakai di sepeda yang memiliki handlbar flatbar dan risebar, banyak di pakai sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda fixie dan city bike.

Brake Lever

Brake lever memilki dua ukuran, model klasik biasanya menggunakan ukuran lebih kecil, kemudian ada brake lever oversize, nah ini biasanya di pakai pada posisi dekat stem.

14. Bartape

Selanjutnya ada Bartape, ini termasuk bagian komponen yang di pakai di sepeda, tidak semua menggunakan komponen ini, kebanyakan di pakai di sepeda balap atau fixie.

Bartape

Bartape dipasang dibeberapa jenis handlebar, seperti jenis dropbar atau stang balap, kemudian jenis handlebar bulhorn, dan jenis flatbar akan tetapi sangat jarang.

Pasang Bartape di Sepeda Balap

 

 

Demikian ulasan tentang istilah komponen utama dalam sepeda, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Outlet Rodalink Kini Hadir di Tokopedia
Sepeda Wimcycle kini Ada di Outlet Rodalink
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Perbedaan Performa Hub Bearing dengan Hub Pelor pada Sepeda
Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas
Tren Sepeda Listrik
Jadwal Balapan Motor WSSP300, Supersport, WSBK Tahun 2021

Ada 0 Komentar di "Daftar Istilah Komponen Sepeda yang Perlu Anda Ketahui"


Tinggalkan Komentar Disini