Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket

Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Picture by : #
09 September 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Rutinitas ganti oli mesin motor merupakan hal yang wajar dilakukan setiap orang yang memiliki kendaraan motor roda dua, apalagi Anda seorang seniman motor, yang pastinya memiliki passion lebih terhadap keadaan motor.

Apakah sering melakukan ganti oli akan membuat mesin motor manjadi awet ? Ya benar, karena fungsi oli menjaga mesin agar dapat dilumasi dengan baik dan oli tetap terjaga kualitasnya.

Setiap pabrikan motor memiliki regulasi dan aturan penggunaan oli motor, sebut saja motor Yamaha menggunakan Oli Yamalube, pabrikan motor Honda mengguna Oli AHM, kedua oli tersebut adalah salah satu merek oli standar yang direkomendasikan oleh pabrikan motor.

Setiap pabrikan motor memberikan layanan servis pergantian oli setiap 1 sampai 2 bulan sekali, atau dengan beberapa kilo meter diawal awal perawatan motor baru.


Apakah menggunakan oli selain yang direkomendasikan pabrikan motor diperbolehkan ? Boleh saja, akan tetapi harus diperhatikan kualitas oli aftermarket yang digunakan.
Oli motor aftermarket biasanya memiliki harga jauh lebih mahal dibanding oli pabrikan motor, karena memilili kualitas standar yang baik.

Lain halnya dengan oli aftermarket yang dijual murah di pasaran, yang tidak memiliki kriteria standar oli pabrikan, karena banyak dari kita menggunakan merek oli tersebut. 

Apa dampak dan akibat penggunaan oli aftermarket yang murah terhadap mesin motor ?Pertama sekali mesin motor akan mengalami panas yang berlebih, kinerja mesin motor tidak maksimal, tarikan suara motor sedikit kasar, umur oli lebih pendek dan keawetan mesin berkurang.

Bagian mesin motor merupakan pusat jantung, yang menggerakan motor dapat berjalan, maka gunakanlah komponen dari pabrikan motor yang sudah distandarkan.

Apabila Anda ingin menggunakan produk oli aftermarket, jangan melihat merek, yang paling terpenting adalah speaifikasi dari oli tersebut. Jika Anda ingin melihat dari merek, maka cari merek yang sudah beredar lama dipasaran, karena pasti sudah teruji dengan baik.

Selanjutnya yang paling terpenting yang harus diperhatikan saat mengganti oli, yaitu dilakukan secara rutin dan tepat waktu, sesuai dengan jarak tempuh motor yang digunakan.



Artikel Terkait

Ada 0 Komentar di "Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket"


Tinggalkan Komentar Disini