Perbedaan Upah dan Premi Karyawan Harian di Perkebunan Kelapa Sawit

Perbedaan Upah dan Premi Karyawan Harian di Perkebunan Kelapa Sawit
Picture by : #
28 Agustus 2020 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Penggajian di perusahaan perkebunan kelapa sawit memiliki beberapa komponen, dimana setiap komponen tersebut memiliki perbedaan dan realisasi ke bagian administrasi, setiap karyawan di berbagai perusahaan memiliki komponen gaji ini, secara nilai itu mungkin sama karena memiliki jumlah rupiah yang diberikan kepada karyawan setiap bulannya.

Secara umum upah merupakan gaji yang diberikan kepada karyawan berdasarkan golongan, baik itu karyawan bulanan maupun harian secara tetap.

Setiap karyawan memiliki upah yang telah ditetapkan oleh pemilik perusahaan berdasarkan golongan, yang di hitung berdasarkan Hari Kerja (HK) baik di hitung berdasar akumulasi perbulan maupun harian. Nilai upah memiliki ketentuan dan aturan yang di keluarkan pemerintah daerah yaitu Upah Minimum Provinsi maupun Kabupatan yang sering di singkat UMP atau UMK.

Berikut dibawah ini perbedaan mengenai umumnya upah dan premi yang di terapkan di perusahaan perkebunan kelapa sawit.

 

Upah


Berkaitan dengan upah, sudah kita bahas sedikit diatas, perlakuan upah di sebuah perushaan kelapa sawit hampir sama dengan perushaan lainnya, akan tetapi memiliki perbedaan saat penerapanya, selain itu upah bisa di artikan gaji pokok atau sering di singkat dengan gapok.

Menghitungg upah pokok biasanya bedasarkan HK (Hari Kerja), umumnya menggunakan 25 Hari Kerja dalam satu bulan, misalkan saja upah harian karyawan A = 110.000,- / hari, maka nilai upah yang di terima selama 1 bulan adalah 110.000 x 25 = 2.750.000,-

Nilai upah dapat bertambah apabila, ada kenaikan upah minimum, selain itu diperkebunan juga ada menerapkan mengenai cuti kerja yang dibayar berdasarkan upah, kemudian ada juga serep kerja, dimana nilai upah tersebut di kali HK.

Setiap upah karyawan harian baik itu bagian pemanen, pemeliharaan krani kantor kebun, akan di alokasikan berdasarkan jabatan, upah pemanen dan alat berat.

Baca juga Cara Menghitung Biaya Upah Pemanen

Premi

Premi merupakan bagian dari nilai tambahan uang yang di berikan terhadap karyawan, yang di tentukan oleh perusahaan yang memiliki kualitas dan kuantitas kerja karyawan, premi di bagi menjadi dua yaitu premi tetap dan tidak tetap.

Premi tetap di perusahaan perkebunan kelapa sawit biasanya seperti premi tanggung jawab atau tunjangan jabatan yang bersipat tetap yang di bayarkan setiap bulannya.

Selain itu ada juga premi tetap yang di berikan oleh perusahaan, seperti tunjangan kesejahteraan karyawan, baik itu rumah, pulsa, transportasi, beras dan lain lain.

Selanjutnya ada premi tidak tetap, pasti sebagian dari pembaca sudah tau tentang premi tidak tetap, premi ini berkaitan dengan produksi, aktivitas lembur dan overtime.

Baca juga Cara Menghitung Premi Pemanen

Jika di perkebunan kelapa sawit, pasti akan kita temui tentang premi pemanen, premi pengawas baik itu mandor dan krani buah, biasanya ini berkaitan dengan produksi panen, premi premi tersebut di tentukan berdasarkan basis borong dan ketentuan pembagian premi pemanen terhadap mandor.

Perhitungan lembur atau overtime biasanya menggunakan HK maupun perkalian berdasarkan jam kerja yang di dapat oleh karyawan, dan dibayarkan setiap akhir bulan gajian.


Demikianlah ulasan mengenai perbedaan Upah dan Premi, Terima kasih telah berkunjug di artikel kami, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Cara Menghitung Premi Pemanen Sistem Borongan di Perkebunan Kelapa Sawit
Daftar Denda Panen Kelapa Sawit
Tren Harga Sawit Kampung di Tahun 2021
Peran IT dan Fungsinya di Perkebunan Kelapa Sawit
Selain Minyak Goreng, Pohon Sawit Bisa Menghasilkan Nira Menjadi Gula Merah
Pilih Mana Sistem DFT atau NFT dalam Berkebun Secara Hidroponik
Apakah Bertani Sawit masih Menjanjikan, Mari Simak Ulasannya
Cara Menghitung Beban Alat Berat dan Kendaraan Lainnya pada Traksi Perkebunan Sawit
Cara Menghitung Premi Pemanen Berdasarkan Komidel Panen
Peralatan dan Perlengkapan Pemanen Kelapa Sawit yang Perlu Anda Ketahui

Ada 0 Komentar di "Perbedaan Upah dan Premi Karyawan Harian di Perkebunan Kelapa Sawit"


Tinggalkan Komentar Disini