Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya

Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya

Kota kota besar di Indonesia seperti jakarta, surabaya, medan, bandung dan kota besar lainnya, masih minimnya fasilitas jalur khusus pengguna sepeda di jalan raya, belum lagi kena jalur macet yang bersamaan dengan pengendara lain seperti mobil, motor dan bus. Sebagian besar pengguna sepeda ditanah air bersama sama menggunakan jalur yang sama dengan transportasi lain, hanya saja sepeda menggunakan jalur lambat yaitu jalur kiri. Berikut dibawah ini ada beberapa tips aman saat bersepeda di jalan raya khususnya di jalan kota kota besar di Indonesia.

1. Perlengkapan Keselamatan


Bersepeda di jalan raya berbeda saat bersepeda santai disaat car free day, dimana car free day tidak banyak lalu lalang kendaraan umum di jalanan, sebelum berangkat bersepeda, jangan lupa bawa perlengkapan sepeda seperti helm dan tools sepeda. Helm sepeda untuk melindungi kita dari benturan keras jika terjadi jatuh. Tools sepeda berisikan kunci kunci utama untuk membuka bagian as roda depan dan belakang. Kalau saya pribadi kebetulan pengguna sepeda setiap hari, isi tools yang saya bawa biasanya seperti kunci kunci utama, ban dalam cadangan dan cungkil ban, jika terjadi ban bocor bisa langsung ganti di tempat karena untuk menambal ban harus mencari tukang tambal ban.

2. Jalur Aman

Setelah semua perlengkapan keselamatan sudah terpenuhi, saat di jalan gunakanlah jalur aman, kita gunakan jalur kiri atau jalur lambat, karena dijalan raya banyak pengguna jalan seperti mobil, bus, motor dan angkot jangan sampai mengganggu pengendara yang lain. Gunakan simbol simbol tertentu saat melakukan belok kanan dan kiri dengan tangan, agar pengguna pengendara lain mengetahui saat berbelok.

3. Taati Aturan Lalu Lintas


Sebenarnya naik sepeda dengan pengendara motor, mobil bus dan angkutan umum yang lainnya mempunyai hak yang sama dalam hal aturan berkendara di jalan umum. Berhentilah saat di persimpangan yang ada marka lalu lintasnya seperti lampu merah, jangan sesekali memanuver menerobos lampu merah walaupun pengendara sepeda tidak terkena sanksi dari pihak polisi dan dalam keadaan sepi, usahakan berhenti pada jalur yang sudah disediakan.

4. Selalu Waspada di Jalan

Selalu waspada pada jalur aman dengan memprediksi jalur jalur yang bisa di lewati sepeda saat dijalan macet, jika anda mempunyai porsi tenaga untuk bisa memanuver untuk mendahului kendaraan lain usahakan melihat jalur depan dan belakang. Jika jalur macet gunakan lajur jalan yang diprediksi bisa dilalui sepeda.

Demikian tips aman bersepda dijalan, Semoga bermanfaat

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya"


Tinggalkan Komentar Disini