9 Istilah Kejadian di MotoGP Saat Balapan Berlangsung

9 Istilah Kejadian di MotoGP Saat Balapan Berlangsung

Balapan MotoGP merupakan ajang balap bergengsi, dan di tonton secara langsung baik lewat TV maupun langsung menyaksikan di sirkuit, setiap seri balapan pasti menyisakan drama kejadian kejadian seru saat race berlangsung. Setiap pembalap MotoGP berambisi untuk bisa mejadi pemenang, dan pastinya kejadian menegangkan saat balapan menjadi ciri khas olahraga ini.

Pro dan kontra sering terjadi di lintasan balapan, berbagai sorotan media maupun kritikan terhadap hasil MotoGP yang terkadang masih menimbulkan banyak pertanyaan, kita sebagai penonton juga harus mengerti apa yang terjadi di lintasan balap, seperti berikut ini istilah kejadian kejadian MotoGP saat race berlangsung.

Jump Start


Jump start dilakukan pada rider atau pembalap motogp saat melakukan start awal, ini kerap sering terjadi, karena lebih dulu melakukan lepas kopling saat lampu start belum mati, siapa yang melakukan kesalahan ini akan di kenakan finalty oleh race direction karena sudah di anggap curi start duluan, selain kesalahan dari rider biasanya juga karena kesalahan teknis seperti lampu start terlalu lama, lampu tidak menyala dan lain sebagainya.

Endo Start

Jika Anda perhatikan saat akan memasuki posisi start setelah warming up lap, para pembalap melakukan aksi yaitu ban belakang di angkat dengan mengerem pada bagian depan, tujuannya menguji fungsi rem depan dan feeling rasa berkendara saat pengereman.

Through Penalty


Saat balapan berlangsung, ada saja pembalap yang melakukan kesalahan atau melanggar dari pada aturan balap motogp yang di tentukan oleh pihak Dorna dan FIM, pasalnya apabila melakukan kesalahan atau manuver yang membahayakan pembalap lain, akan di kenakan sanksi seperti turun satu posisi, long lap, pengurangan poin, start melalui pit line dan yang paling fatal adalah tidak di perbolehkan ikut balapan motogp selama beberapa seri.

Hole Shot

Hole shot merupakan satu titik dimana kamera menyorot pembalap saat pertama sekali memasuki tikungan pertama saat start, para pembalap motogp yang berada di posisi terdapan akan disorot oleh kamera agar terlihat lebih seru dan menegangkan, seperti halnya balapan moto cross.

Lean Angle


Selanjutnya ada lean angle, saat jalannya balapan motogp, selalu menunjukan informasi aksi aksi saat di tikungan maupun melaju kencang, seperti seberapa top speed motor, lain halnya dengan laen angle yaitu informasi kemiringan motor saat melahap tikungan, disana akan di tampilkan kemiringan motor dalam bentuk derajat.

Slipstream

Saat berjalannya balapan berlangsung, para pembalap melakukan strategi balapnya, salah satunya adalah slipstream, ini salah satu teknik trik untuk meredam tendangan angin dari depan, yaitu dengan membuntuti pembalap lain dari belakang, sehingga tendangan angin sudah di pecah oleh pembalap didepannya, jadi beban mesin saat akselerasi semakin ringan, akan tetapi trik ini akan berpengaruh pada performa mesin apabila dilakukan terus menerus akan mengalami panas yang berlebih akibat kurangnya angin yang masuk ke bagian mesin.

Low Side

Low Side merupakan kejadian crash atau jatuh tergelincir saat memasuki tikungan, kejadian ini diakibatkan karena grip ban tidak mampu mencengkram dengan baik saat melibas tikungan, sehingga motor yang di gunakan bisa gloyor atau tergelincir, sebagian pembalap ada yang mengalami hal ini saat di awal awal balapan karena terlalu ngepush.

High Side

Selanjutnya High Side kejadian ini termasuk sangat sering di alami pembalap motogp, dimana pembalapnya bisa terlempar dari motor dan sangat fatal akibatnya, saat balapan berlangsung bisa saja mengalami kehilangan grip akibat over akselerasi pada bagian belakang, over akselerasi bisa terjadi dengan kondisi trek yang menikung.

Whellie

Yang terakhir ada Whellie, mungkin sebagian belum tau istilah ini, walau kita sebenarnya tau jika sudah dipraktikan, Whellie yaitu mengangkat ban depan dengan menarik gas lebih dalam, ini sering dilakukan oleh pembalap motogp saat setelah finish, dimana mereka sangat terpacu dengan hasil yang diraihnya, dengan melakukan selebrasi tersebut.

Demikian informasi ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat

Apakah artikel ini membantu Anda?

Silakan klik tombol dibawah ini untuk melakukan vote!

Ya   Tidak

Ada 0 Komentar di "9 Istilah Kejadian di MotoGP Saat Balapan Berlangsung"


Tinggalkan Komentar Disini