Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan

Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Picture by : #
15 Agustus 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Berkendara dengan sepeda motor memiliki resiko crash yang sangat berbahaya, apabila tidak menggunakan perlengkapan perlindungan diri atau sering di sebut APD (Alat Pelindung Diri) seperti helm, sarung tangan, sepatu, jaket dan lain lain, berbeda dengan kendaraan roda empat yang memiliki rangka mobil yang dapat melindungi bagian pengemudi dan mesin dari crash maupun benturan.

Menaiki motor saat kondisi hujan dijalanan merupakan hal yang sangat beresiko, karena kondisi jalan yang licin membuat pengendara harus lebih berhati hati dan harus memperhatikan marka jalan.

Berikut dibawah ini, beberpa tips pengalaman dari penulis agar aman bagi Anda yang berpergian jauh dengan motor dalam kondisi hujan.


1. Pakai Jas Hujan

Gunakan jas hujan saat kondisi hujan, agar tidak merasakan basah, apabila Anda terkena hujan maka akan menggigil terkena angin, dan posisi berkendara Anda menjadi kurang nyaman, apabila tidak ada jas hujan, disarankan untuk berhenti dahulu mencari tempat berteduh dan menunggu hujan redah. Menggunakan jas hujan saat kondisi hujan akan lebih nyaman saat berkendara.


2. Gunakan Helm Full Face

Gunakan helm yang full face untuk menghindari benturan air hujan, jika tidak menggunakan helm full face maka air hujan akan mengenai bagian wajah dan mengakibatkan sulit untuk berakselerasi. Tips penggunaan helm full face saat kondisi hujan, agar tidak mengalami berembun silakan buka sedikit kira kira kurang dari 1cm, sehingga angin dapat masuk untuk meredam embum visor helm, agar pandangan kedepan tidak terganggu.

3. Nyalakan Lampu Utama

Nyalakan lampu saat berkendara di kondisi hujan, agar dapat diketahui pengendara lain, karena bila hujan jarak pandang kita sangat terbatas,  menghidupkan lampu utama menjadi hal yang penting saat hujan, agar kita terhindar dari bahaya dijalanan.


4. Kurangi Kecepatan

Mengurangi kecepatan dalam berkendara saat hujan adalah hal yang tepat, kita tahu bahwa dijalanan aspal di daerah kita tidak selalu bagus, apalagi di jalan yang menikung, usahakan tidak melakukan kecepatan tinggi agar traksi ban terjaga. Jika akan melakukan akselerasi kecepatan tinggi pastikan kondisi jalan bagus dan keadaan sepi dijalan serta memiliki trek lurus yang panjang.

5. Cek Fungsi Rem

Teknologi rem tidak selalu konsisten  saat kondisi hujan, bisa saja mengalami aus khususnya yang menggunakan disk brake, pasti sebagian dari Anda pernah merasakan, saat malakukan pengereman tidak pakem, dan harus di tarik tuas rem perlahan lahan. Hindari pengereman yang mendadak, karena berkendara saat hujan sangat mudah slip dan tergelincir.


6. Perhatikan Rambu - Rambu di Jalan

Saat berkendara dijalanan baik kondisi hujan maupun kering, perhatikan rambu rambu lalu lintas dijalan, agar kita terhindar dari resiko yang berbahaya, rambu jalan merupakan tanda yang harus di patuhi, seperti di larang mendahului, dilarang berkecepatan tinggi, jalan bergelombang, jalan menikung dan mengurangi kecepatan di jalur jalur rawan kecelakaan lalu lintas.

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga tips ini membantu dan bermanfaat


Artikel Terkait
Setelah Ganti Baterai Yamaha Vixion Lampu Indikator Tidak Hidup
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS

Ada 0 Komentar di "Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan"


Tinggalkan Komentar Disini