Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari

Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Picture by : #
14 Agustus 2020 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Halo sobat otomotif, Memanaskan motor adalah sebagian teknik untuk pengecekan semua kondisi apakah berjalan normal, mulai dari mesin, elektronik, lampu dan komponen lainnya, bukan soal mesin saja yang perlu dipanaskan akan tetapi bagian bagian tertentu selain mesin apakah berjalan dengan normal, kali ini penulis akan berbagi pengalaman tentang memanaskan motor, saat akan berpergian baik itu ke kantor maupun saat touring atau hanya sekedar jalan jalan.

Kita logikakan dengan pengandaian manusia, saat seorang begitu bangun pagi langsung melakukan aktifitas seperti lari atau hal yang lain, pasti rasanya tidak enak dan terkesan tubuh bekerja secara memaksa, berbeda dengan setalah bangun menyiapkan diri dan pemanasan terlebih dahulu, maka tubuh akan lebih rileks dan siap untuk melakukan aktivitas.

Apakah motor saat ini sudah canggih dan tidak perlu membutuhkan memanaskan motor ? Teknologi canggih bukan jaminan motor tidak perlu di panasi saat akan bepergian pertama sekali, sekelas motor MotoGP yang sering Anda perhatikan, bila saat akan melakukan latihan bebas, warm up, race mereka tetap melakukan tahapan memanaskan motor, selain melumasi mesin dengan oli, pada saat di panaskan juga memastikan apakah komponen dan elektronik berjalan dengan baik.


Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari ? Tidak juga, memanaskan motor di pagi hari secara rutin tidak menyebabkan motor menjadi rusak, secara ideal motor yang di panaskan akan memberikan efek motor lebih respon, dan tarikan tenaga yang di keluarkan lebih ringan, mungkin sebagian ada orang yang belum bisa merasakan atau feeling berkendara saat gas di betot terasa ringan dan tarikan suara mesin tidak memaksa.

Pengalaman ini saya bagikan, saat menggunakan motor Yamaha Vixion 2011, pada saat motor akan dipakai perjalanan jauh, pertama sekali saya panaskan motor itu kira kira antara 3 - 4 menit saja, dan buang gas secara pelan dan melakukan gas instan secara limit 1 kali atau 2 kali saja dalam rentang 1 - 2 detik saja, kemudian saat dibawa berkendara feeling motor terasa ringan dan motor lebih responsif.

Berbeda dengan motor yang akan di pakai harian, seperti motor motor matik atau manual, dimana saat memanaskan motor tidak perlu melakukan buang gas, hanya dengan memanaskan motor 3 - 4 menit itu sudah sangat cukup, agar fungsi oli pada mesin bekerja dengan baik untuk melumasi bagian bagian mesin.

Apakah dengan memanasi motor akan lebih awet ? Awet itu relatif tergantung dengan penggunaan, perawatan, servis berkala dan sparepart suku cadang yang digunakan, memanasi motor adalah bagian dari perawatan secara rutin, agar mesin motor tetap awet dan tidak terjadi gesekan gesekan kasar saat di gunakan.

Apakah memanasi motor dengan berlebihan akan menggangu komponen lain ? Motor yang dipanasi akan memberikan efek feedback kepada perangkat / komponen yang lain, akan tetapi teknologi saat ini sudah sangat canggih, seperti motor motor sport, yang memiliki pendinginan water coolant dengan kipas, dimana fungsi ini untuk meredam panasnya mesin motor.

Selain itu berpendingin water coolant, motor motor saat ini sudah dibekali beberapa teknologi seperti alert (warning) temparatur / suhu, apabila terjadi panas mesin yang berlebihan akan muncul informasi warning, bahwa motor sedang mengalami overheat (panas yang berlebih), nah agar motor tidak terjadi overheat, maka silakan perhatikan saat melakukan memanasi motor Anda, agar tidak terjadi kerusakan pada komoponen motor.

 

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS
Fakta Menarik Tentang Yamaha NMAX Motor Matik Terbaik Dikelasnya

Ada 0 Komentar di "Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari"


Tinggalkan Komentar Disini