5 Tips Dasar Bersepeda di Bike Park Bagi Pemula

5 Tips Dasar Bersepeda di Bike Park Bagi Pemula
Picture by : #
28 Juli 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Bersepeda di jalan aspal berbeda dengan di trek pergunungan maupun jalan jalan curam, trabas dan berbukit serta obstacle yang beragam, sepeda yang digunakanpun juga memiliki perbedaan segmen, biasanya menggunakan jenis sepeda trail, jenis sepeda trail memang di peruntukan untuk bersepeda di segala medan, ciri ciri sepeda trail adalah memiliki suspensi pada bagian tengah dan depan, biasanya disebut sepeda full suspensi.

Baca juga Sepeda Gunung Trail Polygon SISKIU D5 Entry Level Paling Top

Sobat goweser pasti sudah tahu tentang sepeda trail atau sepeda downhill yang memiliki karakter yang sangat tangguh di banding dengan jenis sepeda yang lainnya, karena memang di desain tahan bantingan. Teknik bersepeda di daerah pegunungan dan berbukit atau di tempat bike park memiliki style dan gaya tersendiri, mulai dari jumping, bumping, cornering dan posisi riding tidak dapat dilakukan semua orang tanpa berlatih.
Tentu saja kita semua bisa naik sepeda, bahkan dari kecil akan tetapi sangat berbeda bila sudah berada di trek yang memiliki lompatan, jalan curam, menanjak, licin dan berlumpur membutuhkan skil dan teknik yang harus di pelajari.

Berikut di bawah ini 5 Tips Dasar Bersepeda di Bike Park Bagi Pemula yang ingin memulai hobi bersepeda ala trail dan downhill.

Safety


Tips yang pertama adalah safety dahulu, karena bersepeda didaerah bike park dan pegunungan memiliki daerah yang sedikit ekstrem, maka dari itu harus menggunakan perlengkapan bersepeda mulai dari penggunaan helm half face dan full face, knee pad protektor dan goggle.

Penggunaan helm half face dan full face tergantung dari daerah yang akan di lalui, bila daerah rute yang akan di jalani memiliki daerah curam dan elevasi yang lumayan silakan gunakan helm full face agar terasa nyaman dan safety.

Alat Safety

Kneepad berfungsi untuk melindungi pada bagian lutut kita dari berbagai benturan atau terjatuh, selanjutnya ada goggle yaitu melindungi pada bagian wajah tepat pada bagian mata.

Hindari Obstacle Sulit

Tips yang kedua adalah hindari obstacle sulit, sebagai seorang pemula yang baru saja ikut trek di bike park agar menghindari rintangan yang belum pernah kita lakukan, seperti jumping dengan teknik lompatan, jika merasa ragu usahakan menghindar, apabila terjatuh sangat berbahaya karena sangat fatal dan bisa kelempar, belajar posisi riding dan cornering dahulu itu lebih baik.

Mencontoh Pasing atau Gaya Teman


Jika seorang pemula yang baru ikut downhil atau trail, silakan amati teman teman Anda yang sudah berpengalaman  mulai dari teknik droping dan gaya bersepedanya, jika tidak bisa di ikuti atau masih ragu usahakan jangan di lakukan. Silakan belajar dahulu pelan pelan sebelum ikut trek di bike park, agar tidak terjadi hal yang di inginkan saat melakukan trail.

Posisi Drop Seatpost

Tips yang ke empat ada posisi drop seatpost, posisi yang ideal untuk trek downhill maupun bike park, silakan mentokin posisi sampai kebawah agar saat droping maupung lompat tidak langsung ke sadel, usahakan berdiri saat melakukan droping dan lompatan agar tidak nyangkut dan kepentok.

Cek Tekanan Angin Ban

Tips yang terakhir adalah memeriksa tekanan angin ban, karena sangat berpengaruh di keadaan kondisi licin sehabis hujan dan kondisi kering, silakan gunakan tekanan angin 18 psi bagian depan dan 22 psi bagian belakang untuk rute jalan licin dan berlumpur dengan menyesuaikan berat badan. Kondisi trek rute jalanan kering silakan gunakan tenakan angin 22 psi bagian depan dan 25 psi bagian belakang, jangan terlalu gembos atau kempes karena tidak bisa diajak kencang dan bisa terjadi bocor.

 

Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Outlet Rodalink Kini Hadir di Tokopedia
Sepeda Wimcycle kini Ada di Outlet Rodalink
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Perbedaan Performa Hub Bearing dengan Hub Pelor pada Sepeda
Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas
Tren Sepeda Listrik
Jadwal Balapan Motor WSSP300, Supersport, WSBK Tahun 2021

Ada 0 Komentar di "5 Tips Dasar Bersepeda di Bike Park Bagi Pemula"


Tinggalkan Komentar Disini