Sayang mau dibuang? Ini 5 tips memanfaatkan komputer jadul.

Sayang mau dibuang? Ini 5 tips memanfaatkan komputer jadul.
Picture by : #
24 Juli 2019 » Post by : Admin@Wibloog

Kamu memiliki komputer tua, tetapi kamu masih bingung mau dimanfaatkan untuk apa? Daripada teronggok di gudang, apalagi sampai dibuang lebih baik dimanfaatkan bukan?


Saya ada beberapa komputer tua, bisakah digunakan untuk server?

Komputer dengan spesifikasi yang minimal seperti prosesor Pentium 4 yang kamu punya mungkin saat ini sedang teronggok di gudang, tapi tahu nggak? Kalau komputer-komputer tersebut sebenarnya masih bisa loh difungsikan. Ini dia tips-tips memanfaatkan komputer tua. Cekidot!

1. Bisa digunakan sebagai server proxy untuk cache HTTP website.

Dengan menggunakan komputer tersebut sebagai tempat penyimpanan data sementara pada website, sehingga konten website statis yang sudah pernah diakses akan dibuka dengan lebih cepat karena tersimpan di server tersebut. Juga dapat melakukan pemblokiran website yang diinginkan.

Penerapannya adalah dengan menginstall softwarenya dengan OS Linux atau Windows. Contoh softwarenya yang umum dipakai adalah Squid Proxy

2. Bisa digunakan sebagai server routing.

Contoh penerapannya, kamu ada 2 koneksi internet dari ISP yang berbeda. Kamu ingin 20 komputer mengakses internet via ISP A dan 20 komputer via ISP B.

Atau ingin membuat koneksi yang dinamis, dinamakan dengan load balancing. Misalnya jalur internet akan dirouting secara otomatis apabila ISP A kapasitasnya penuh, maka gunakan ISP B.

Kamu bisa menggunakan komputer berspesifikasi rendah untuk melakukan hal ini. Caranya dengan menginstall software Mikrotik versi x86 disini: MikroTik

3. Bisa digunakan sebagai server NAS

Punya koleksi film yang banyak? Atau data-data penting yang ingin diakses melalui sistem jaringan? Gunakan Server NAS untuk berbagi berkas. Tidak diperlukan komputer berspesifikasi tinggi untuk ini. Hanya saja kapasitas penyimpanannya saja yang perlu di gedein. Contoh sistemnya namanya FreeNAS. Bisa di download di tautan ini : Download FreeNAS - FreeNAS - Open Source Storage Operating System

4. Bisa digunakan sebagai server website.

Ingin membuat project website sendiri? Ingin di-online kan tapi tidak menyewa hostingan? Cukup install saja server Apache (XAMPP/LAMPP) dan phpMyAdmin di komputer ini. Tidak diperlukan spesifikasi tinggi. Hanya saja perlu disambungkan ke internet 24/7 tinggal sewa nama domain dan IP Publik yang statis. Download softwarenya disini : XAMPP Installers and Downloads for Apache Friends

5. Bisa digunakan sebagai server E-Mail.

Kepingin punya server e-mail sendiri yang penyimpanannya serta pengelolaannya (outgoing dan incoming) dikelola sendiri? Cukup install software MDaemon Email Server. Bisa diunduh di : Downloads. Tidak perlu komputer dengan spesifikasi tinggi. Bisa berjalan di WindowsXP. Tinggal konfigurasikan saja dengan IP Publik yang kamu punya.

Jadi komputer jadul yang kamu punya tersebut jangan sampai dibuang ya? Sayang kan kalo masih bisa difungsikan.


 

Artikel ini pernah ditayangkan penulis di tautan berikut



Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Sayang mau dibuang? Ini 5 tips memanfaatkan komputer jadul."


Tinggalkan Komentar Disini