Panduan Bacaan Sholat

Panduan Bacaan Sholat
Picture by : #
17 Juli 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Panduan sholat di buat agar dapat dipelajari dengan mudah dan di implementasikan sehari hari bagi umat Islam, dengan adanya panduan ini kita dapat mempelajari bacaan bacaan dalam sholat, atau mengulang kembali bacaan sholat yang masih kurang fasih dalam membacanya, agar kualitas bacaan sholat semakin baik.

Sholat fardhu lima waktu adalah salah satu yang di perintahkan oleh Allah SWT yang diwajibkan bagi umat Islam, mulai dari sholat subuh, dzuhur, ashar,magrib dan isya, dengan ditandai masuk waktu sholat yaitu suara panggilan adzan. Alhamdulillah Indonesia adalah salah satu negara terbesar penduduknya yang beragama Islam, dan tidak heran bila sudah masuk waktu sholat dimana mana terdengar suara adzan di kumandangkan.

Berikut dibawah ini cara dan panduan bacaan sholat, yang dapat dipelajari dengan mudah.


Lafadz Niat Sholat Fardhu

Lafadz Niat Sholat Subuh

Artinya : Aku sengaja shalat fardhu subuh dua raka'at menghadap kiblat (menjadi makmum / imam) karena Allah

Lafadz Sholat Djuhur

Artinya : Aku sengaja shalat fardhu dzuhur empat raka'at menghadap kiblat (menjadi makmum / imam) karena Allah

Lapadz Sholat Ashar

Artinya : Aku sengaja shalat fardhu ashar empat raka'at menghadap kiblat (menjadi makmum / imam) karena Allah

Lafadz Sholat Magrib

Artinya : Aku sengaja shalat fardhu maghrib tiga raka'at menghadap kiblat (menjadi makmum / imam) karena Allah

Lafadz Sholat Isya

Artinya : Aku sengaja shalat fardhu 'Isya empat raka'at menghadap kiblat (menjadi makmum / imam) karena Allah


Bacaan dan Doa dalam Sholat

DOA IFTITAH

Setelah melakukan salah satu lafadz diatas, maka selanjutnya melakukan takbir Allahu Akbar, seperti gambar dibawah ini, dilanjutkan dengan membaca do'a Iftitah

Takbir dalam Sholat

bacaan doa iftitah

Artinya : 

"Allah Maha Besar lagi Sempurna Kebesaran-Nya, segala puji bagi-Nya dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Ku hadapkan muka hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan yang lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku semata hanya untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyukutukan-Nya. Dan aku dari golongan orang muslimin".

Setelah membaca doa iftitah, dilanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah dan dilanjutkan membaca surah pendek.

membaca sural Al-Fatihah

Artinya : 

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam. Yang Pengasih dan Penyayang.Yang menguasai hari kemudian. Hanya pada-Mu lah aku mengabdi dan kepada-Mu lah aku meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yaitu jalannya orang-orang yang telah Engkau beri nikmat. Bukan jalan mereka yang pernah Engkau murkai, atau jalannya orang-orang yang sesat".

surah pendek Al-Ikhlas

Artinya

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah (hai Muhammad): Allah itu Esa. Allah tempat meminta. Tiada Ia beranak dan tiada pula Ia dilahirkan. Dan tak ada bagi-Nya seorangpun yang menyerupaiNya kepada Tuhan yang menguasai subuh".


DOA RUKU'

ruku'

Setelah langkah pertama, kemudian melakukan rukuk', dengan mengucapkan takbir Allahu Akbar, dan membaca tasbih sebanyak 3 kali.

Doa Ruku

Artinya: "Maha suci Robb ku yang Maha Agung dan aku memujiNya".

I'TIDAL (BANGUN DARI RUKU')

Setelah membaca tasbih pada saat ruku, kemudian i'tidal (bangun dari ruku) dan membaca

gerakan i'tidal

lafadz bangun dari ruku

Artinya : (semoga Allah mendengar (memperhatikan) orang yang memuji-Nya).

dilanjutkan dengan membaca doa i'tidal

doa setalah itidal

DO'A SUJUD

Setalah i'tidal maka selanjutnya takbir Allahu Akbar sambil turun sujud seperti gambar dibawah ini. Pada saat sujud membaca tasbih sebanyak 3 kali.

Gerakan sujud

tasbih sujud

Artinya : "Maha Suci Robb ku Yang Maha Luhur dan aku memuji-Nya".

 

DO'A DIANTARA DUA SUJUD (IFTIROS)

Setalah sujud dan membaca tasbih, selanjutnya takbir Allahu Akbar dan bangun melakukan duduk diantara dua sujud dan membaca doa seperti dibawah ini.

duduk di antara dua sujud (iftiros)

doa iftiros

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, dan cukupkanlah segala kekuranganku, dan angkatlah derajatku, dan berilah rizki kepada ku, dan berilah aku petunjuk, dan berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku".

 


DO'A TASYAHUD AWAL

Duduk tasyahud awal

Artinya: "Segala kehormatan, keberkahan, kebahagian dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam (keselamatan) semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad".

DO'A TASYAHUD AKHIR

duduk tasyahud akhir

doa tasyahud akhir

Artinya : "Segala kehormatan, keberkahan, kebahagian dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam (keselamatan) semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad. Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Diseluruh alam semesta Engkaulah yang Terpuji, dan Maha Mulia".

DO'A SALAM

duduk tasyahud akhir

doa salam

Artinya : "Ya Allah sesungguhnya aku mohon perlindungan kepadamu dari siksa kubur, siksa api neraka, fitnah hidup dan mati dan fitnah dajjal. Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap pada kamu sekalian".


Artikel Terkait
5 Fasilitas Kursus Bahasa Jerman yang Harus Kamu Dapatkan
Sekolah SD, SMP, SMA Muhammadiyah Tanjung Sari Medan
Apakah Kuliah Jurusan Ilmu Komputer Masih Banyak Diminati
SITI HAJAR Tempat Sekolah Islamic Full Day di Medan
Bacaan Doa Sholat Tarawih 11 Rakaat
Apa Itu KRS, SKS, KHS dan Transkrip Nilai
Doa-Doa Pilihan Sehari Hari
Makna dan Arti dari Lambang Garuda Pancasila
Hukum Menyembelih Hewan Kurban (Udhhiyah) dan Aqiqah
Rukun Haji, Kewajiban dan Sunah dalam Melaksankan Ibadah Haji

Ada 0 Komentar di "Panduan Bacaan Sholat"


Tinggalkan Komentar Disini