Apakah SEO (Search Engine Optimization) Itu Perlu

Apakah SEO (Search Engine Optimization) Itu Perlu
Picture by : #
30 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Dunia Internet dan Blog pasti tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini yaitu SEO ( Search Engine Optimization ), istilah ini menjadi salah satu paling banyak di perbincangkan di dunia perblogeran, kita tau bahwa optimasi dimesin pencarian Google menjadi alasan yang mendasar mengapa perlu adanya SEO di setiap kerangka website maupun blog.

Banyak diantara teman teman blogger maupun website yang memiliki konten blog menanyakan hal ini, mulai bertanya tentang bagaimana bisa artikel dapat tayang di halaman pertama Google, bagaimana halaman blog / website kita mudah di kenali di pencarian google, bagaimana website kita bisa selalu sering dikunjungi, bagaimana caranya search engine suka dengan blog / website kita dan masih banyak lagi.

SEO ( Search Engine Optimization ) menjadi salah satu jembatan bagi platform mesin pencarian di dunia mulai dari Google, Bing, Yahoo, Ask dan masih banyak lagi, perlu diketahui bahwa fungsi SEO sendiri itu adalah cara agar bagaimana website / blog dapat dikenali dengan mudah oleh mesin pencari, contohnya mulai dari judul sering di sebut title, struktur halaman seperti heading penggunaan h1, h2, h3, paragraph dan seterusnya, kemudian ada kualitas halaman ini merupakan isi dari konten dan masih banyak lagi, itu lah yang dimaksud dengan fungsi SEO.


Apakah setalah Optimasi SEO Artikel akan bisa tampil di halaman pertama Google?  Jawaban : Ya Sangat Bisa, tetapi harus ada syaratnya yaitu faktor kualitas konten berkaitan dengan keyword ( kata kunci ) yang di cari sesuai dengan isi konten artikel. Pasti pembaca sudah tau mengenai konten yang di sukai oleh mesin pencarian, dimana isi konten tersebut sangat relevan dengan apa yang dicari dan memiliki data pengindekkan tayangan setiap harinya di beranda Google.


Apakah Desain Tampilan Website / Blog mepengaruhi pengunjung ? Kita tahu di era saat ini berbagai platform media mulai dari komputer, laptop, tablet dan smartphone membutuhkan ukuran serta material desain yang menarik dan responsif, apa jadinya bila website yang kita kunjungi memiliki tampilan apa adanya, hanya judul dan isi artikel saja tanpa ada unsur desain seperti gambar, posisi judul, posisi isi konten, header dan layout tatak letak maka akan sulit untuk menarik pengunjung lebih banyak.

Berikut dibawah ini beberapa poin penting yang harus dipahami tentang SEO (Search Engine Optimization), agar website / blog dapat dikenali dengan mudah oleh mesin pencarian.

Informasi Meta

Meta Informasi ini mencakup tentang judul, deskripsi, pavicon (icon), page URL, Canonical URL dan bahasa yang digunakan, sebagian platform blogger dan wordpress sudah di siapkan berdasarkan template yang digunakan, seperti pengisian judul, deskripsi dan link bahasa yang digunakan bisanya menggunakan hreflang='id'.


Kualitas Konten

Konten adalah Raja, ini adalah salah satu poin penting dari bagian SEO (Search Engine Optimization) website / blog, karena konten yang memiliki ide kreatif dan SEO friendly memiliki beberapa kriteria seperti gambar, link internal, link eksternal, pembukaan isi konten, pembahasan konten, penutup konten atau konsklusi dan penggunaan style huruf tebal, miring dan garis bawah. Beberapa konten dibagi menjadi beberapa kategori seperti preview (300 - 500 kata), ulasan ( 500 - 700 kata), full konten SEO (700 - 1000 kata). Isi konten yang original dan berkualitas akan berpengaruh di mesin pencarian, dan menjadi pembeda antara artikel di halaman pertama, kedua, ketiga di beranda Google.

Struktur Halaman

Struktur halaman pada konten harus memiliki heading struktur di setiap sub judul yang berkaitan dengan isi konten dari halaman atas sampai bawah, seperti h1, h2, h3, h4 dimana setiap masing masing heading mewakili kategori, sub kategori, judul, dan sub judul.


Konten artikel yang memiliki link struktur seperti internal link yang dijadikan sebagai sumber referensi artikel yang sama pada website / blog tersebut, external link dapat dijadikan sebagai sumber link website luar untuk di jadikan sebagai referensi atau sumber artikel.

Server

Server juga menjadi poin penting juga dalam optimasi SEO seperti http redirect, penggunaan GZip compressed dan penggunaan link yang berkaitan dengan CSS, Javascript dan Besar file html yang digunakan, karena sangat berpengaruh pada kecepatan halaman tersebut, untuk optimasinya silakan gunakan link CDN.

Faktor Eksternal

Poin yang terakhir adalah Faktor Ekternal, salah satu untuk meningkatkan SEO seperti Backlinks yaitu membuat link / tautan yang mengarah ke webiste kita, backlink ini memberikan infomasi ke mesin pencari bahwa konten yang dituju sangat bagus dan relevan untuk di kunjungi.

Demikian ulasan ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat


Artikel Terkait
Cara Buka Touch ID Finger Tanpa Tekan Home Button di iPhone 5S, 6, 6S, SE
Cara Bersihkan Cache Browser di iPhone
Pilih Mana, AMD atau Intel Buat PC Gaming? Berikut Penjelasannya
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda

Ada 0 Komentar di "Apakah SEO (Search Engine Optimization) Itu Perlu"


Tinggalkan Komentar Disini