Tutorial Cara Membuat Login Menggunakan Ajax Javascript

Tutorial Cara Membuat Login Menggunakan Ajax Javascript
Picture by : #
25 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog
Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah

Jual Komputer & Aksesoris, Harga Murah
Dapatkan Perangkat Komputer, Laptop, PC Lengkap dengan Aksesoris Bergaransi

Login menggunakan Ajax adalah teknologi yang sudah banyak dipakai dibeberapa sistem berbasis web, dimana proses loginnya tanpa melakukan proses semua halaman, melainkan diproses di balakang layar menggunakan bahasa javascript. Kali ini penulis akan membuat bagaimana cara login menggunakan ajax, tanpa melakukan load halaman, teknik ini merupakan teknik pemrograman dasar javascript.

Tutorial ini melanjutkan dari apa yang sudah di share pada artikel sebelumnya yaitu Cara Membuat Login Hash Menggunakan Password Verify di PHP

Pada tutorial tersebut menggunakan sistem post single page dengan bahasa PHP, dari tutorial tersebut penulis akan mengembangkan dengan menggunakan ajax javascript.

Form Login


Silakan buat tutorial sebelumnya, saya cantumkan linknya di atas sampai tahap pedaftaran saja, karena pada form login kita akan modifikasi mejadi dua file terpisah, file yang pertama adalah form login, file yang kedua adalah PHP proses untuk loginnya.

Silakan buat file login.html atau login.php tergantung dengan kebutuhan, kali ini penulis menggunakan login.html, halaman ini digunakan untuk input email dan password, pada file ini disertakan file javascript untuk melakukan login dan menerima feedback dari proses login.

Proses Login

Step selanjutnya adalah membuat file proses login menggunakan PHP, silakan buat file dengan nama proses_login.php, filie ini digunakan untuk menerima inputan yang ada di form login, yang di kirim melalui fungsi kirim_login dengan menggunakan javascript, selanjutnya file ini akan memeriksa inputan yang dikirim, setelah diproses kemudian akan diarahkan diberikan feedbacknya ke halaman login.

Halaman Beranda


Step selanjutnya adalah membuat halaman beranda, fungsi file ini adalah untuk menampilkan redirect atau link yang diarahkan oleh javascript tersebut, silakan buat nama filenya beranda.php, pada file tersebut penulis tambahkan session untuk mengambil data nilai ID yang login.

Demikian tutorial ini dibuat, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Selamat mencoba




Artikel Terkait
Pengaruh Tampilan Website Terhadap Bisnis Online Anda
Membangun Blog Lebih Dari Satu, Efektifkah?
Tips Cara Menaikkan Trafik Blog bagi Pemula
Masalah Sitemap.xml Forbidden Access Error 403
Distro Linux yang Mirip Mac OS
Google Chrome : Update Keamanan Penggunaan Password Login di Browser
Pentingnya Password dan Touch ID untuk Keamanan di Ponsel Anda
Pilih Mana Server Linux atau Windows Untuk Usaha UMKM Retail Anda
Cara Cek Performa dan SEO Blog Anda
Pengaruh Perubahan Algoritma Google terhadap Blog dan Website

Ada 1 Komentar di "Tutorial Cara Membuat Login Menggunakan Ajax Javascript"

Pengunjung Wibloog
Producer 09 Maret 2021 | 09:07:10
Incredible

Tinggalkan Komentar Disini