Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?

Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?
Picture by : #
24 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Apakah anda memiliki mobil lawas? Pemilihan bahan bakar mobil lawas seringkali menjadi masalah bagi orang yang menggunakannya. Seperti yang anda ketahui, ada banyak sekali jenis bahan bakar yang bisa digunakan untuk mobil. Beberapa jenis bahan bakar yang ada seperti premium, pertalite, pertamax, solar, dan lain sebagainya.
Pemilihan bahan bakar juga akan mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri.

Apalagi jika anda menggunakan mobil lawas, dengan memilih bahan bakar yang tepat tentu akan sangat bermanfaat bagi kinerja yang dilakukan mobil. Banyak dari mereka yang membandingkan antara premium atau pertalite yang cocok untuk mobil lawas. Manakah yang lebih efektif bahan bakar yang digunakan untuk mobil lawas? 


Premium

Premum merupakan salah satu bahan bakar yang sering digunakan untuk kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Bahan bakar yang satu ini merupakan minyak jenis distilat yang bewarna kekuningan. Premium menghasilkan warna kuning yang lebih jernih dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.
Penggunaan premium seringkali diterapkan untuk bahan bakar bermotor, namun ada juga yang menggunakan untuk mobil. Hal ini dikarenakan premium memiliki nilai harga yang murah dibandingkan dengan bahan bakar lainnya seperti pertamax, solar, dan bahan bakar lainnya.

Penggunaan bahan bakar premium seringkali diaplikasikan pada mobil lawas. Mobil yang sudah tua memiliki kinerja yang kurang efektif, khususnya dalam hal kecepatan. Selain itu, penggunaan bahan bakar juga lebih boros dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru saat ini. Borosnya bahan bakar membuat banyak orang mengalami kendala masalah biaya dalam pengisian bahan bakar. Sehingga mereka lebih memilih menggunakan premium karena harganya yang lebih murah.
Premium sendiri merupakan bahan bakar dengan oktan yang paling rendah dibandingkan dengan bahan bakar lainnya, yaitu hanya 88 oktan saja. Bahan bakar yang satu ini seringkali disebut sebagai gasoline.


Pertalite

Pertalite merupakan bahan bakar yang memiliki tingkat oktan terendah setelah premium. Bahan bakar yang satu ini dikhsusukan untuk kendaraan bermotor, namun mobil juga dapat menggunakan bahan bakar yang satu ini. Biasanya masalah budget membuat para pengendara mobil mengisikan bahan bakar pertalite dibandingkan dengan bahan bakar lainnya yang memiliki nilai oktan lebih besar seperti pertamax, solar dan lain-lain. 

Bahan bakar yang satu ini diluncurkan sejak tahun 2015 silam di Indonesia. Warna pertalite yaitu hijau cerah dan juga jernih. Bahan bakar yang satu ini sangat tepat digunakan untuk kompres 9:1dan 10:1. 
Keunggulan lainnya dari bahan bakar yang satu ini yaitu pada additive yang menjadikan pertalite memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan dengan premium. Harganya pun tidak terlalu jauh dengan premium yang sama-sama memiliki nilai oktan rendah. 

Pertalite juga sangat cocok digunakan untuk mobil lawas. Bila dibandingkan dengan premium, bahan bakar yang satu ini mampu memberikan kinerja mesin lebih efektif ketika digunakan. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mengisikan bahan bakar premium dan pertalite, bandingkan keduanya untuk mengetahui manakah yang lebih efektif. Dengan menggunakan pertalite tentu akan lebih unggul bila digunakan untuk mobil lawas.

Manakah Yang Paling Cocok Antara Premium dan Pertalite untuk Mobil Lawas?

Jika anda memiliki mobil lawas yang mengharuskan menggunakan bahan bakar premium atau pertalite. Keduanya sama-sama dapat digunakan secara efektif untuk mobil lawas milik anda ketika digunakan.
Bila dilihat dari segi harga, menggunakan premium lebih efektif digunakan untuk mobil lawas dibandingkan dengan pertalite. Harga premium dijual lebih murah dibandingkan pertalite, tentu keuangan anda akan lebih hemat bila memilih premium sebagai bahan bakar untuk kendaraan mobil lawas milik anda.

Namun bila dilihat dari segi kinerja yang dihasilkan, menggunakan pertalite akan lebih efektif untuk anda pilih. Anda bisa melihat dari nilai oktan yang dihasilkan antara premium dan pertalite. Bahan bakar pertalite memiliki nilai oktan 90 sementara premium 88. Kinerja mesin mobil lawas akan lebih efektif digunakan untuk mobil lawas.
Untuk pemilihan tergantung dari diri anda sendiri apakah lebih cocok menggunakan premium atau pertalite. Jadi pilih mana, pertalite atau premium yang akan anda gunakan untuk mobil lawas anda?



Artikel Terkait
Fakta Mobil Toyota Menguasai Pasar Penjualan di Indonesia
Fitur Unggulan Suzuki APV yang Jadi Incaran Keluarga
Suzuki XL5 Pengganti Karimun Wagon R
Syarat Perpanjangan STNK Kendaraan 5 Tahunan
ACR Rent Car Tempat Rental Mobil di Pekanbaru Riau
Daftar Harga Mobil Daihatsu OTR Pekanbaru Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Toyota OTR Riau Terbaru
Daftar Harga Mobil Suzuki Wilayah Medan Sumatera Utara Terbaru
Tips Cara Menghemat Pemakaian BBM Mobil Matic
Biodiesel Sebagai Alternatif Penggunaan BBM Kendaraan

Ada 0 Komentar di "Pilih Mana Premium Atau Pertalite Untuk Mobil Lawas?"


Tinggalkan Komentar Disini