Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor

Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor
Picture by : #
24 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Kendaraan bermotor sepertinya hampir dimiliki oleh semua orang saat ini. Setiap rumah pastinya setidaknya memiliki satu buah kendaraan guna melakukan aktivitas bepergian kemanapun tujuannya. Sebagai penguna motor tentu tidak hanya menggunakannya saja, anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat motor supaya kondisinya tetap efektif digunakan sehari-hari.
Salah satu hal yang bisa anda pelajari adalah pada bagian mesin motor. Di dalamnya juga terdapat komponen-komponen penting yang sering menjadi masalah ketika motor dijalankan. 
Salah satu komponen penting yang ada di motor yaitu busi. Komponone yang satu ini memiliki peran penting untuk kinerja mesin. Berbagai kendala juga sering ditimbulkan bila busi mengalami masalah. 

Apa Itu Busi?


Busi merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam mesin. Busi adalah suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dengan ujung electrode pada ruang bakar. Tujuan dipasangnya busi yaitu untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston yang menghasilkan percikan elektrik.
Komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat penting bagi kendaraan supaya memberikan hasil yang maksimal. Ukuran dari busi sendiri kecil namun memiliki manfaat yang sangat besar bagi kendaraan motor. Tanpa adanya busi, kinerja dari motor akan kurang maksimal.

Fungsi Busi

Busi memiliki fungsi utama untuk membakar bahan bakar berupa bensin yang dikompres atau ditekan oleh piston. Busi akan memberikan percikan listrik yang nantinya akan memberikan efek untuk membakar bahan bakar.
Komponen yang satu ini dihubungkan oleh kabel koil pengapian oleh kabel busi. Dengan adanya busi, kendaraan bermotor akan melaju dengan sangat baik. Busi menjadikan bahan bakar terbakar untuk memberikan efek pada mesin supaya bisa melaju dengan cepat. 

Bagian Busi dan Fungsinya


Terdapat beberapa bagian busi yang memiliki fungsi masing-masing terhadap kinerja busi pada mesin. Berikut ini adalah beberapa bagian busi dan fungsinya yang harus anda ketahui!


1.Terminal
Bagian busi yang satu ini berada di bagian atas busi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan kabel busi dengan busi. 

2.Insulator 
Komponen busi yang satu ini terbuat dari bahan keramik yang membungkus inti elektroda di dalam busi. Insulator memiliki fungsi sebagai isolator terhadap lajunya arus listrik yang mengalir di inti elektroda.

3.Ribs 
Jika anda melihat lekak lekuk yang ada di dalam busi seperti sirip dalam balok, ini yang dinamakan ribs. Komponen yang satu ini memiliki fungsi utama sebagai penambah kemampuan insulator dari keramik. 

Bilamana terdapat ribs di dalam busi, jarak antara inti elektroda dengan ground akan semakin jauh dari hambatan inti besi. Ground juga akan semakin besar sehingga tegangan tidak akan melompat dari inti busi ke ground di sekitar busi yang berada di dalamnya.

4.Insulator Tip
Bagian yang selanjutnya adalah insulator tip. Bagian busi yang satu ini merupakan ujung dari insulator, dimana bagian tersebut harus tahan terhadap temperature yang tinggi.

Untuk insulator yang tinggi kurang lebih tahan hingga 650 derajat celcius. Selain itu, tegangannya juga harus tahan hingga 60.000 volt. Untuk insulator tip ini tergantung dari panjang pendeknya busi apakah busi panas atau busi dingin.

5.Seal
Bagian busi yang satu ini juga memiliki fungsi yang sangat penting, seal memiliki fungsi utama agar hasil pembakaran yang dilakukan di ruang bakar tidak bocor dan keluar dari ulir busi. Dengan begitu, komponen lainnya tidak akan terganggu akibat percikan yang ditimbulkan oleh busi.

6.Metal Case
Metal case berfungsi untuk mengunci busi ke kepala silinder. Selain itu, metal case juga dapat dijadikan sebagai penghantar panas yang baik agar panas dari busi dapat dipindahkan ke tempat lainnya. 

7.Center Electrode
Bagian yang satu ini juga cukup penting bagi komponen busi. Center electrode berfungsi untuk menghubungkan ke terminal kepala busi melalui konektor internal yang terbungkus oleh keramik insulator. 

Ujung electrode terbuat dari tembaga besi, nikel, chromium dan lain-lain. Bagian busi yang satu ini benar-benar sangat penting.

8.Side Electrode
Side electrode atau electrode samping merupakan suatu ground ang terhubung dengan body atau bagian ground kendaraan bermotor. Bagian yang satu ini juga memiliki fungsi yang sangat penting agar busi mampu menghasilkan kinerja yang efektif.

Itulah beberapa fungsi dari busi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih.




Artikel Terkait
Masalah Swing Arm Yamaha Vixion Goyang
Masalah Baterai Yamaha Vixion Ngedrop Setelah Beberapa Lama di Ganti
Jangan Panik! Lampu Indikator Injeksi Yamaha Vixion Berkedip, Kenali Masalahnya
Bagus Mana Oli Pabrikan Motor Atau Aftermarket
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Kondisi Hujan
Apakah Perlu Memanaskan Motor secara Rutin di Pagi Hari
Perhatikan Beli Helm Berstandar SNI Yang Asli Agar Aman dari Razia Motor
Honda CBR 250 dari Generasi ke Generasi
Sudah Saatnya Standar Motor Beralih Menggunakan Pengereman Sistem ABS
Fakta Menarik Tentang Yamaha NMAX Motor Matik Terbaik Dikelasnya

Ada 0 Komentar di "Mengenal Tentang Busi dan Fungsinya Pada Motor"


Tinggalkan Komentar Disini