Apa Itu Rekber dan Fungsinya

Apa Itu Rekber dan Fungsinya
Picture by : #
22 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Apakah anda tahu apa itu Rekber?
Mendengar istilah rekber sepertinya agak asing di telinga anda. Rekber (Rekening Bersama) merupakan suatu jasa perantara yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang tidak dapat melakukan transaksi dengan cara bertemu langsung. Rekber sering digunakan dalam sistem jual beli online. Ketika seseorang membeli suatu produk, maka pembayaran yang dilakukan melalui rekber.
Rekber sangat penting dalam melakukan jual beli transaksi online. Salah satu tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya penipuan antara si penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Seringkali terjadi penipuan seperti pembelian suatu produk namun tidak dikirimkan kepada pembeli yang sudah membayarnya, begitu juga sebaliknya. Apabila hal ini terjadi, pastinya yang kena tipu akan sangat dirugikan.


Fungsi Rekber

Fungsi rekber yang paling utama adalah untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli secara online hingga terjadi kesepakatan harga. Rekber telah dipercaya sebagai rekening bersama antara penjual dan pembeli. Dengan rekber akan lebih aman guna mencegah terjadinya penipuan antara penjual dan pembeli.
Biasanya transaksi yang dilakukan antara keduanya melalui email, obrolan, media sosial, dan lain sebagainya secara online. Kedua belah pihak akan melakukan kesepakatan mengena harga yang sudah ditentukan. Pembeli nantinya akan membayarkan produk yang dibeli melalui rekber, hal ini tidak akan merugikan pembeli ataupun penjual.
 

Mengapa bisa aman? 
Ketika pembeli melakukan pembayaran, uang tidak akan masuk ke rekening penjual sebelum produk yang dibeli bisa anda cek secara langsung. Uang tersebut akan disimpan di rekening bersama terlebih dahulu sampai barang sudah diterima sesuai dengan apa yang dibeli. Apabila terjadi kerusakan produk, anda bisa mengembalikannya kepada penjual untuk menukarnya. 
Penjual baru bisa mencairkan uang yang diterima dari pembeli ketika barang sudah sampai. Hal ini menjadikan penipuan tidak akan terjadi, kedua belah pihak akan saling menguntungkan bila menggunakan tips yang satu ini. 


Keuntungan Rekber Bagi Penjual

Keuntungan yang bisa didapatkan oleh penjual bilamana menerapkan sistem rekber adalah reputasi penjual menjadi lebih efisien di mata konsumen. Pembeli pastinya akan mempercayai penjualnya dalam melakukan transaksi jual beli online. Selain itu, kepercayaan pelanggan juga menjadikan keuntungan para penjual. Sehingga, penjual akan lebih mudah dalam memperluas pemasaran produknya.

Keuntungan Rekber Bagi Pembeli

Bagi pembeli juga akan diuntungkan bila melakukan transaksi melalui rekber. Pembeli tidak langsung mengirimkan uang ke penjual sampai menerima produk. Hal ini tentu akan memberikan jaminan bahwa barang akan dikirimkan dan tidak akan ada penipuan yang terjadi.
Pembeli juga dapat mempermudah untuk terhubung dengan item yang diinginkan bila membeli secara online. Tidak perlu mengkhawatirkan masalah penipuan yang terjadi bagi pembeli. Sebagai konsumen yang baik, anda juga harus memberikan pesan bilamana barang sudah sampai di tangan. Hal ini dikarenakan penjual sedang menunggu uang yang masih berada di dalam rekening bersama.


Cara Kerja Rekber

Sistem kerja rekber tidak begitu sulit, bilamana pembeli menginginkan barang yang akan dijual dan dibeli oleh seseorang melalui toko online. Pembeli dapat memberitahu penjual mengenai layanan yang diberikan. Apakah penjual menyediakan sistem rekber atau tidak. Jika menggunakannya, anda bisa menggunakan sistem transaksi yang satu ini dalam membeli suatu produk.
Apabila kedua belah pihak sudah melakukan persetujuan antara satu sama lain. Pembeli harus mengirimkan uang berdasarkan harga barang yang sudah ditentukan. Biasanya nominal yang diminta harus pas dengan apa yang dikirimkan penjual. Setelah barang sudah diterima konsumen, maka pembeli harus memberitahukan kepada penjual bahwa barang sudah sampai.
Anda juga dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap produk yang dibeli untuk memastikan ada cacat atau tidak. Setelah itu, rekber baru mengirimkan uang yang anda transfer ke penjual.
Sangat mudah sistem kerja yang dilakukan bila anda menggunakan rekber dalam melakukan transaksi jual beli. Banyak manfaat yang bisa didapatkan, khususnya keamanan yang lebih terjamin. Tak heran jika banyak orang menggunakan sistem rekber dalam melakukan pembayaran suatu produk.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami.


Artikel Terkait
Sulitnya Konsisten jadi Blogger
Cara Transfer Antar Bank Lain di BSI Mobile
Fakta Menarik tentang Google AdSense dan Manfaatnya
Error BSI Mobile Muncul Pop Up Permintaan Gagal di iPhone
5 Alasan Kenapa Blog Anda di Tolak Google AdSense
Kenapa Produk Buatan China bisa Murah Meriah? Ini Alasannya 
Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Kirim Lamaran Kerja via Online
7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan SEO
Tren Blogger Beralih ke Youtube
Cara Top Up Saldo Halodoc Menggunakan Mandiri Mobile

Ada 0 Komentar di "Apa Itu Rekber dan Fungsinya"


Tinggalkan Komentar Disini