Tips Memilih Jurusan Sesuai Dengan Minat dan Hobi di Perguruan Tinggi

Tips Memilih Jurusan Sesuai Dengan Minat dan Hobi di Perguruan Tinggi
Picture by : #
22 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Apakah anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi? Masa kuliah sudah menjadi hal serius yang harus ditentukan oleh orang-orang. Pasalnya umur sudah semakin dewasa dan akan memikirkan bagaimana kedepannya. Ketika anda akan memasuki perguruan tinggi, anda harus menentukan satu jurusan yang ada di dalamnya. Jurusan tersebut harus dipilih secara matang karena akan menentukan masa depan. 
Memilih jurusan menjadi kesulitan yang dialami oleh orang-orang, banyak dari mereka yang salah mengambil jurusan dan tidak ada hasil yang efektif akibat salah jurusan yang dipilih.

Ada beberapa tips memilih jurusan sesuai dengan minat dan hobi seperti berikut!


Memahami Potensi Diri Sendiri

Tips yang pertama harus anda lakukan adalah memahami potensi diri sendiri. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan jurusan kuliah yang akan dipilih. Pahami potensi diri sendiri mengenai hobi yang anda sukai. 
Seperti halnya anda memiliki potensi terbaik di mata pelajaran Bahasa Indonesia, anda bisa memilih jurusan yang sesuai dengan mapel tersebut, seperti halnya jurusan sastra. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih oleh orang-orang. Biasanya seseorang memilih jurusan sesuai dengan hobinya. Dari sekian banyaknya mata pelajaran, nilai yang terbaik bagi anda berarti itu potensi yang anda miliki.


Mengenal Passion

Selain potensi diri sendiri, hal lainnya yang harus anda kuasai adalah mengenal passion yang anda miliki. Setiap orang memiliki hasrat terhadap suatu hal yang menjadi tujuannya. Hasrat lebih besar dibandingkan dengan potensi. Disini anda bisa menentukan jurusan kuliah sesuai dengan hasrat.
Seperti halnya anda memiliki potensi di bidang matematika, namun anda memiliki hasrat lain ingin terjun di bidang kedokteran. Jika anda memiliki minat di bidang kedokteran, itu tidak menjadi masalah sebagai jurusan yang anda pilih. Passion yang anda miliki harus benar-benar kuat karena berseberangan dengan potensi yang ada pada diri anda. Semakin kuat akan semakin tegas dalam menentukan jurusan yang dipilih.
Apabila passion sudah mengalahkan segalanya, anda akan lebih giat dalam belajar jurusan yang sudah dipilih. Anda juga tidak akan menyesal karena sudah memilih jurusan yang tepat, dalam hal ini berarti anda akan enjoy dalam mengambil jurusan yang sudah dipilih.

Menyesuaikan Biaya

Setiap jurusan kuliah juga memiliki nilai yang berbeda. Anda bisa memilih jurusan menyesuaikan dengan budget yang anda punya. Seperti halnya anda memiliki uang yang pas-pasan, maka anda bisa memilih jurusan yang tidak membutuhkan biaya tinggi. Apabila anda salah memutuskannya, maka anda akan terhalang masalah biaya di tengah jalan.
Apabila anda ingin mengambil jurusan terbaik dengan biaya yang murah, anda bisa mengikuti bidik misi atau program beasiswa dari sekolah. Biasanya siswa yang mendapatkan beasiswa merupakan siswa yang berprestasi. Apabila anda mampu menggapainya, kuliah anda akan dibiayai oleh pemerintah. Anda bisa memilih jurusan sesuai dengan minat atau hobi anda sendiri tanpa mempermasalakan biaya.


Melihat Peluang Kerja

Peluang Kerja

Menentukan jurusan sesuai hobi juga akan kurang efektif bilamana peluang kerja dari jurusan yang dipilih kurang diminati perusahaan. Hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam memilih jurusan yang efektif. Anda bisa melihat peluang kerja bilamana anda mengambil suatu jurusan.
Seperti halnya anda akan mengambil jurusan akuntansi, maka anda melihat peluang kerja dari jurusan akuntansi akan mengarah kemana. Apakah benar-benar memiliki potensi besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah atau tidak. Dengan melihat peluang kerja, jurusan yang anda pilih nantinya tidak akan sia-sia, anda akan lebih semangat dalam belajar sesuai dengan jurusan yang sudah ditentukan.

Melakukan Riset

Melakukan Riset

Tips yang selanjutnya adalah melakukan riset terhadap jurusan yang akan anda ambil. Riset yang dilakukan ada banyak hal seperti lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya kuliah, dan berbagai hal lainnya.
Seperti halnya anda akan mengambil jurusan informatika, maka hal yang harus anda lakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu mengenai jurusan tersebut. Berapa biaya yang harus dikeluarkan bila mengambil jurusan informatika, mata kuliah apa saja yang ada di dalamnya, dan lain sebagainya.
Dengan melakukan riset akan lebih meyakinkan anda untuk mengambil jurusan sesuai yang dipilih. Anda juga dapat melakukannya dengan cara memilih 3 daftar jurusan yang diminati, dari ketiga jurusan tersebut kemudian pilih mana yang paling efektif dan menjadi minat anda. Bandingkan antara satu sama lain mengenai jurusan yang akan dipilih, hal ini tentu akan membuat anda lebih yakin terhadap jurusan yang dipilih.

Itulah beberapa tips memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat. Anda bisa menggunakan beberapa tips di atas jika bingung dalam mengambil jurusan. Pastikan anda memilihnya dengan tepat agar tidak menyesal. Apabila sudah terlanjur salah memilih, mulailah untuk mencintai jurusan yang sudah dipilih supaya kedepannya menjadi lebih baik.


Demikian tips ini kami bagikan, Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, Semoga bermanfaat


Artikel Terkait
5 Fasilitas Kursus Bahasa Jerman yang Harus Kamu Dapatkan
Sekolah SD, SMP, SMA Muhammadiyah Tanjung Sari Medan
Apakah Kuliah Jurusan Ilmu Komputer Masih Banyak Diminati
SITI HAJAR Tempat Sekolah Islamic Full Day di Medan
Bacaan Doa Sholat Tarawih 11 Rakaat
Apa Itu KRS, SKS, KHS dan Transkrip Nilai
Doa-Doa Pilihan Sehari Hari
Makna dan Arti dari Lambang Garuda Pancasila
Hukum Menyembelih Hewan Kurban (Udhhiyah) dan Aqiqah
Panduan Bacaan Sholat

Ada 0 Komentar di "Tips Memilih Jurusan Sesuai Dengan Minat dan Hobi di Perguruan Tinggi"


Tinggalkan Komentar Disini