Perlengkapan Sepeda Yang Harus Dibawa Saat Gowes di Jalan

Perlengkapan Sepeda Yang Harus Dibawa Saat Gowes di Jalan
Picture by : #
17 Juni 2020 » Post by : Admin@Wibloog

Halo sobat goweser, di tahun 2020 ini semakin banyak pengguna sepeda dijalanan, terutama untuk kegiatan gowes bareng dengan teman atau lagi mengikuti tren gaya hidup sehat, yang kali ini cukup banyak menyita perhatian pengendara lain di jalan. Teman teman di kantor juga pada nanya harga sepeda merek ini berapaan?, cocoknya sepeda apa? dan  yang lagi ngetren sepeda apaan?. Terlepas dari pertanyaan pertanyaan tersebut, tren ini menjadi hal yang positif, yaitu bertambahnya pengguna sepeda di jalanan yang pastinya dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Selanjutnya, Apakah perlu membawa perlengkapan sepeda saat gowes dijalan? Jawabanya adalah Perlu, salah satu perlengkapan utama yang melekat pada bagian kepala, yaitu helm sepeda, karena helm sepeda dapat melindungi bagian kepala dari benturan apapun seperti jatuh, kesenggol, kepentok dan lain lain. Perlu diketahui bahwa pada bagian fisik kita terutama kepala, merupakan bagian yang sangat sensitif sekali terhadap benturan, maka dari itu pakai helm saat bersepeda dijalan.

Selain perlengkapan seperti helm, membawa peralatan dan sparepart adalah hal yang penting, agar diperjalanan terasa aman, berikut dibawah ini daftar  Perlengkapan Sepeda Yang Harus Dibawa Saat Gowes di Jalan bagi pengguna transportasi harian.

Tools Kunci


Tools Kunci

Tools kunci sepeda digunakan untuk membuka dan mengencangkan baut baut tertentu apabila ada mengalami kendor, tools ini berfungsi juga untuk melakukan pengaturan pengereman apabila tarikan tuas rem sepeda terlalu dalam, tools ini juga berfungsi untuk mengganti part part tertentu, apabila terjadi pergantian komponen sepeda di jalan, tools kunci sepeda pada umumnya yang digunakan seperti kunci L (1 set berbagai ukuran), kunci pas dan kunci ring.

Cungkil Ban

Cungkil Ban

Alat tools selanjutnya ada cungkil ban, berfungsi untuk membuka ban dalam apabila terjadi bocor, alat cungkil ban sepeda dengan motor sangat berbeda, benda ini terbuat dari material plastik agar velg tidak lecet saat membuka ban dalam. Penulis juga pernah mengalami hal ini dijalanan saat pulang kerja dari kantor, kita tidak tahu apa yang terjadi dijalanan umum, karena dijalanan umum banyak sekali benda benda yang tidak kita ketahui bisa terkena ban menjadi bocor.

Ban Dalam Cadangan


Ban Dalam Cadangan

Membawa ban dalam cadangan adalah hal yang tepat, dimana kita dapat mengganti ban saat mengalami bocor, tanpa harus menempel terlebih dahulu, tambal ban saat kita sudah di rumah saja dengan membawa ke tukang tempel ban. Saat terjadi ban bocor kita tidak tahu posisi di mana ada tukang tempel ban dijalan, ada baiknya siapkan ban dalam cadangan.

Pompa Sepeda

Pompa Sepeda

Selanjutnya ada pumpa sepeda, berfungsi untuk menambah angin ban, apabila terjadi kempes atau kurang angin sehingga kurang nyaman saat bersepeda dijalan, pompa juga berguna apabila ban terjadi bocor, saat pergantian ban dalam maka membutuhkan pompa untuk mengisi angin ban. Ukuran pompa yang digunakan berbeda dengan pompa pada umumnya, lebih kecil dari biasanya, dan bisa masuk kedalam tas ransel.

Kunci Pengaman


Kunci Pengaman

Perlengakapan yang terakhir adalah kunci pengaman sepeda, fungsinya apabila kita berhenti di tempat umum, atau di tempat perbelanjaan tertentu, kemudian pembaca merasa ragu meninggalkan sepeda di parkiran tanpa pengaman, silakan kunci sepeda, paling tidak dapat mengunci bagian roda atau frame ke tiang maupun pagar. Pelaku pencurian bisa saja dilakukan tanpa disengaja, melainkan ada kesempatan, Waspadalah...

Perlengkapan dan peralatan diatas sudah cukup untuk mewakili, beberapa part sepeda agar terasa aman di jalan, perlengkapan tersebut diperuntukan bagi orang orang yang sehari harinya menggunakan transportasi sepeda ke kantor. Penulis sendiri sudah mengelami beberapa masalah seperti ban bocor, as kendor, ban pecah, mimis pelor pecah dan kurang angin.

Penulis sendiri saat akan berangkat kerja dengan sepeda selalu membawa perlengkapan sepeda mulai dari kunci pas, kunci ring, kuncil L (1 set berbagai ukuran), sepatu rem, ban dalam, mimis pelor, pumpa dan cungkil ban, baru bisa berangkat dengan aman di jalan.

 

Demikian ulasan ini penulis bagikan, Terima kasih telah berkunjung di website kami, Semoga bermanfaat




Artikel Terkait
5 Tips Bersepeda Bagi Pemula agar Tidak Kelelahan
Tips Aman Bersepeda di Malam Hari
Outlet Rodalink Kini Hadir di Tokopedia
Sepeda Wimcycle kini Ada di Outlet Rodalink
10 Perlengkapan Wajib yang Harus Anda Gunakan saat Bersepeda
Perbedaan Performa Hub Bearing dengan Hub Pelor pada Sepeda
Tips Bersepeda Lagi Setelah Lama Libur Panjang
Hati-Hati Saat Bersepeda di Jalan Raya, Ikuti Aturan Berlalu Lintas
Tren Sepeda Listrik
Jadwal Balapan Motor WSSP300, Supersport, WSBK Tahun 2021

Ada 0 Komentar di "Perlengkapan Sepeda Yang Harus Dibawa Saat Gowes di Jalan"


Tinggalkan Komentar Disini